Kiat-kiat Menjadi Seorang Blogger Sukses

Kiat Menjadi Blogger Sukses
Kiat Menjadi Blogger Sukses

Kedua profesi yang memiliki tugas sama adalah penulis dan blogger, bisa kita kenal dengan sebutan publisher. Untuk menjadi seorang publisher itu tidak mudah, perlu usaha yang sungguh-sungguh dan terus konsisten.

Jika kamu ingin menjadi blogger, tentu kamu harus membawa diri agar tetap konsisten dalam menulis hingga benar-benar kamu mahir dalam menulis. Nantinya tulisan kamu akan dipublish di blog atau situs web pribadi.

Terkadang banyak hal yang ditiggalkan bagi para blogger, terutama blogger pemula. Ia beranggapan bahwa dengan membuat sebuah artikel dapat menjadikannya menjadi kaya. Padahal tanpa adanya usaha keras dari kita, semuanya tidak akan tercapai.

Pada postingan kali ini, saya akan berbagi mengenai bagaimana kiat-kiat menjadi seorang blogger sukses. Baik silakan simak baik-baik artikel ini.

Kiat Menjadi Blogger Sukses

Berikut adalah kiat-kiat menjadi seorang blogger sukses yang bisa kamu ikuti sebelum memutuskan menjadi seorang publisher,

1. Luruskan niat

Jika niat kamu dari awal bahwa menjadi blogger untuk mencari uang dan meraup keuntungan banyak, ini jelas niat yang salah dan perlu dihindari.

Perlu diketahui, diluar sana yang menjadi publisher sangatlah banyak. Saya tidak yakin kamu bakalan bisa menjadi seorang blogger sukses jika niatnya demikian.

Lalu apa dan bagaimana niat kita sebelum membuat blog? yaitu cukup dengan membuat artikel dengan tujuan berbagi hal-hal yang sekiranya bermanfaat untuk dibaca.

Jadi, untuk menjadi seorang blogger sukses itu langkah awal yang harus ada di kamu adalah luruskan niat bahwa kamu ingin berbagi dan terus menjadi seorang penulis handal. Ingat sobat, semakin lama kamu menulis maka semakin mahir kamu dalam menyusun sebuah kalimat.

Pastinya yang jelas, jangan mengambil hak cipta orang lain dengan menggunakan cara seperti tools pembuatan artikel instans. Saya kira ini bukanlah cara atau bagian dari kiat menjadi seorang blogger dan menurut saya hanya membuang-buang waktu saja.

2. Konsisten dalam membuat konten

Semua tahu untuk menjadi seorang sukses itu memerlukan kekonsistenan dalam berusaha. Apapun itu jenis usaha atau pekerjaannya, jika kamu konsisten dan disiplin tentu akan menjumpai hasil yang memuaskan.

Tiada hari tanpa menulis ditambah dalam proses penulisan itu memerlukan inspirasi dan imajinasi yang kuat yang harus ada dalam diri seorang penulis. Bukan hal yang sulit sebenarnya, asalkan ada kemauan untuk menulis semua orang juga pasti bisa.

Ya benar, termasuk kamu yang ingin menjadi seorang blogger sukses. Jangan ragu, minimal posting atau membuat sebuah artikel yang ada hubungannya dengan hobi kamu saat ini.

Apakah harus menggunakan bahasa yang mudah dipahami pembaca? Ya idealnya seperti itu, tapi jika tidak memungkinkan maka tulislah sesuai kemampuan teman. Artinya kamu bisa membuat sebuah artikel dengan gaya bahasa yang dimiliki, gak mesti harus baik dan memilih bahasa baku lainnya.

Tulislah artikel mengalir seperti kamu melihat air yang mengalir dengan sendirinya, memang ia jika google saat ini mencari artikel yang berkuaitas baik. tapikan masalahnya kamu tidak akan menemukan bagaimana cara membuat artikel dengan gaya bahasa yang dimiliki.

Perlu diingat sobat, menulis artikel dalam blog bukanlah seperti orang yang menulis karya ilmiah. Ada kebebasan dalam pembuatan sebuah artikel di blog atau website yang jelas tidak menyalahi aturan yang ada di google.

3. Menentukan tema blog

Jangan terlalu royal dalam menentukan tema blog atau website yang akan dibangun. Pastikan dulu potensi atau kelebihan yang dimiliki sobat, hal ini tidak mungkin donk kamu yang tidak menyukai matematika kemudian menentukan tema blog yang membahas matematika.

Jika kamu suka menggambar, maka buatlah topik blog yang membahas seputar gambar dan berikut cara-caranya. Bukankah lebih efektik jika kamu membuat blog dimana sesuai dengan hobi sendiri? Nah, inilah yang dimaksud dengan menentukan tema blog sebelum membuat atau berselancar di dunia blogging atau publisher.

Dimana kamu sudah menentukan tema blog yang sesuai dengan keahlian kamu, barulah memulai untuk membuat postingan yang mana sudah dibahas pada poin kedua yaitu tidak usah pusing dalam menyusun kalimat yang baik. Gunakan gaya bahasa sendiri, maka semakin sering kamu menulis dengan gaya bahasa sendiri maka dapat dipastikan kamu akan menjadi seorang penulis handal.

4. Menentukan tampilan blog

Menentukan tampilan blog juga tidak perlu kamu pikirkan, memang ia bahwa google memperhatikan blog yang responsive. Namun kamu perlu memperhatikan hal lainnya seperti membuat konten yang menjadi sorotan utama para pembaca.

Artinya gak usah sibuk memikirkan tampilan blog sehingga kamu tidak fokus pada konten yang akan dibuat. Kenapa saya katakan hal tersebut? Karena kebanyakan para blogger itu sibuk dengan tampilan tema blognya. Yang seharusnya dia sibuk membuat artikel, ini malahan menyibukkan diri dalam mempercantik tampilan blog.

Saya tanya kalau kamu sibuk terus-terusan seperti itu, kapan mau membuat artikelnya? Jadi hal yang perlu kamu fokus adalah buat konten sesuai dengan kamu mampu. Jika perlu cukup membeli template blogger premium dari depelover langsung.

Template yang responsive tentunya akan membuat performa blog menjadi lebih baik dimata google daripada menggunakan template default blogger. Jangan khawatir kami menyediakan template-template blog premium yang bisa kamu gunakan sebelum memulai menulis di blog kesayangan.

5. Jangan jual blog kamu

Kiat yang kelima ini adlah jangan jual blog kamu ketika kamu jenuh saat memiliki pekerjaan baru atau memutuskan untuk berhenti menjadi blogger sukses. Karena biasanya banyak ujian setelah situs kamu keterima dan memiliki akun Adsense, saat keterima adsense mungkin kamu akan melihat penghasilan yang beggitu minim dan kecil sekali.

Saat melihat hasil yang tidak diharapkan itu lalu mungkin kamu akan menjualnya ke orang lain, hal ini bukan tidak mungkin terjadi tapi memang kebanyakan para blogger seperti itu. Memang menjual blog yang sudah dimonetisasi oleh google adsense dengan harga murah akan membuat kamu berpenghasilan. Namun apakah kamu lupa bahwa menjadi seorang blogger sukses itu tidak semudah membalikan telapak tangan?

Maka dari itu, pertahankan blog kamu jangan sampai jatuh di tangan orang lain walaupun ditawar dengan harga tinggi. Saya sebagai pengamat mengetahui, bahwa jual beli akun adsense selalu terjadi terutama di media sosial yang ada di masa abad 21 ini.

Termasuk blog ini, menurut data tidak terlalu besar penghasilan yang didapat dan banyak orang yang menanyakan perihal mau dijual atau tidak. Maka untuk menjawabnya saya cukup mengatakan, ini adlah aset berharga saya walaupun visitor atau pengunjung tidak ramai tetap saya akan menjadi adminnya sampai kapanpun. Maka jika saya sudah tidak ada, maka yang akan meneruskan adlah keturunan-keturunanku.

6. Jangan suka pamer

Para blogger pemula sekarang bukan tidak sedikit tapi banyak suka pamer, baik pamer penghasilan maupun pamer visitor. Ya, berbentuk foto screenshoot yang dikirimkan di sosmed-sosmed dengan harapan berjualan mau berbagi dan mencari tambahan seperti private, membuka jasa web serta lain sebagainya.

Saya kira hal ini tidak perlu dilakukan bagi seorang blogger pemula, para mastah dan suhu-suhu juga tidak seperti itu dan jika ada membuat kami para mastah ingin ketawa dengan tikah laku atau sikap yang dilakukan oleh para blogger.

Ya kalupun mau dengan niat baik, saling berbagi atau shareing tanpa harus melampirkan foto penghasilan dari blog kita. Apalagi jika gambar yang dibagikan tidak sesuai dengan keyataan yang ada. Pertama kenapa poin keenam ini masuk dalam postingan ini, yaitu membuat orang lain kepanasan, kamu tidak akan mendapatkan pujian saja melainkan mendapat cercaan dari orang yang ada didalam sosmed karena tidak semua orang menyukai hal itu.

Jadi intinya sobat, jangan suka pamer dengan apa yang diperoleh dari situs yang sedang dibangun. Kita fokus saja dengan artikel yang kita buat dengan penuh kasih sayang. Kalaupun sobat melihat orang lain yang suka pamer, biarkan saja gak usah komen apalagi sampai berdebat.