Cara Meningkatkan Traffic Website Anda: Tips dan Trik Terbaik

Ada beberapa tips dan trik terbaik dalam meningkatkan traffic website yang belum banyak diketahui publisher blogger, yaps.. terutama blogger pemula. Jika kamu ingin mengetahui lebih lanjut, silakan simak baik-baik postingan kali ini.

Meningkatkan Traffic Website
Cara Meningkatkan Traffic Website

Namun sebelumnya pernahkah mendengar apa itu traffic website? Yap, benar sekali. Traffic website merupakan salah satu perkembangan blog yang kita miliki dalam bentuk grafik biasanya berbentuk memuncak atau menurun.

Blog yang memiliki reputasi baik sepanjang masa adalah website yang memiliki traffic meningkat dan tidak menurun secara drastis atau bahasa mastahnya terjun bebas. Dalam arti tetap dalam grafik horizontal tidak anjlok terjun bebas bagaikan pesawat yang jatuh tanpa ada kelajuan sepanjang garis x.

Intinya, website yang memiliki traffic baik adalah banyak pengunjungnya dan bahkan semua artikelnya disukai oleh banyak orang.

Berikut tips dan trik yang bisa kamu coba dalam menaikan traffic website

1. Meriset keyword

Melakukan riset keword merupakan hal yang paling utama dan harus dilakukan oleh seorang publisher sebelum memulai menulis sebuah artikel. Sebab jika kita asal dalam membuat postingan tanpa memperhatikan keyword atau kata kunci yang kita bidik dalam postingan kemungkinan artikel yang sudah dibuat tidak begitu banyak pengunjung.

Perlu dipahami bahwa dalam meriset keyword tidak harus menggunakan tools Pro yang berbayar yang setiap bulannya ada tagihan. Ya, menggunakan tools yang berbayar juga tidak apa-apa sih tapi buat blogger pemula saya sarankan jangan dulu memikirkan untuk membeli tools untuk reset keyword. Bisa-bisa kamu tekor dan mengeluarkan banyak biaya besar.

Sebenarnya dengan menggunakan atau memanfaatkan search engine google juga bisa dan sudah cukup untuk mencari kata kunci atau keyword yang akan membidik postingan kita.

Seberapa penting sih meriset keyword itu? Jelas donk. Kalau kamu meriset keyword, maka kemungkinan besar artikel yang dibuat kamu akan muncul di halaman pertama google dan bisa jadi menempati posisi pertama google yang sering kita kenal dengan istilah page wan.

Jika artikel kamu sudah page wan atau menempati posisi pertama google, sudah jelas orang banyak yang akan membuka isi postingan artikel kamu. Sebelum membuaka postingan urutan pertama, kedua, ketiga, dan seterusnya.

Jadi sangat penting ya untuk melakukan riset keyword ini. Bang, lalu bagaimana caranya dalam meriset keyword di google ini? Baik, saya akan ajarkan disini tanpa harus ditutup-tutupi.

Cara riset keyword di google

  1. open atau buka google di pc kamu
  2. pada mesin pencarian ketik google.co.id
  3. google ID
  4. selanjutnya cari topik yang akan kamu buat dalam artikel. Misalnya: membuat artikel pilar setelah itu akan muncul beberapa artikel di halaman pertama google.
  5. pilih artikel yang menempati posisi pertama google.
  6. Posisi pertama google
  7. setelah artikel terbuka, pilih tanda panah back di pojok kiri atas google.
  8. tanda panah back google
  9. Nah, setelah itu tunggu sampai benar-benar muncul keyword yang sedang banyak dicari orang, seperti kamu lihat gambar di bawah ini.
  10. keyword yang dicari
  11. selesai, pilih keyword sesuai keinginan DAN bidik keyword pada postingan yang kamu buat.
Sejauh ini, kamu sudah melakukan riset keyword dengan baik. Walaupun dengan menggunakan atau memanfaatkan search engine google. Tidak menutup kemungkinan keyword bidikan kamu salah alias tepat sasaran.

2. Membuat judul

Setelah mencari keyword atau kata kunci yang sedang banyak dicari orang, tips selanjutnya adalah membuat judul yang menarik perhatian seseorang. Judul yang unik dan menarik biasanya bikin penasaran para pengunjung.

Dalam membuat judul harus dipahami, yap jangan dalam bahasa rancu yang susah untuk dipahami. Tidak juga harus panjang dan yang jelas bisa kebaca bahwa artikel yang kamu buat menyajikan beberapa rincian yang memberikan informasi penting bagi pembaca.

Jadi, sekali lagi jangan asal membuat judul ya sob. Kalau judulnya aneh dan tidak enak dibaca, bisa-bisa nanti tidak diindex oleh google. Terlebih lagi sistem google saat ini sudah bisa mendeteksi kelayakan sebuah konten berupa postingan semua jenis artikel yang akan ditampilkan di search engine.

3. Mengoptimalkan SEO on page

Pengoptilan SEO on page juga perlu diterapkan pada sebuah artikel, seperti mengisi label yang sesuai, membuat permalink, mengatur lokasi, dan mengisi deskripsi penelusuran. Terkadang poin-poin tersebut dilupakan oleh para blogger, padahal ini sangat penting untuk dioptimalkan.

Bukan hanya postingan yang dioptimalkan, tetapi website itu sendiri mesti dioptimalkan mulai dari deskripsi situs yang mengandung keyword atau bidikan kata kunci bahasan blog, roboto no index, dan hal-hal lainnya.

Selain itu, tautan link juga harus ada dalam sebuah postingan. Artinya jangan sampai dalam postingan tidak ada link yang menaut ke artikel lainnya. Idealnuya tautan itu dibuat dan ditempatkan dalam postingan pada tiga tempat, yaitu awal postingan, tengah postingan, dan pada akhir postingan. Jika tidak memungkinkan untuk menempatkan link tautan dalam postingan, minimal satu saja yang diletakan pada akhir artikel.

Dalam pembuatan link pada postingan yang paling bagus adalah mengikuti kata atau kaimat yang ada didalam postingan dengan anchor text yang dibidik dan jika tidak memungkinkan, maka buat dalam bentuk paragraf baru dengan melampirkan judul dan diawali kalimat "Baca juga: (Judul artikel)" dengan menggunakan kutipan teks.

4. Optimalkan gambar postingan

Gambar juga perlu dioptimasi agar responsive dan tidak mempengaruhi speed halaman website. Sebab kebanyakan blogger pemula yang tidak mengoptimasikan gambar dan lupa pada ukuran sehingga mengakibatkan halaman artikel web menjadi loading.

Salah satu cara adalah mengkonpress gambar menjadi ukuran lebih kecil dan idealnya gamabar yang memiliki dimensi 1280 x 720 px adalah gambar yang bagus untuk sebuah postingan. Tentunya kamu juga harus dapat mengkompressnya menjadi ukuran yang lebih kecil.

Selain daripada itu, mengubah gambar yang biasa kita kenal dengan extensi JPG atau PNG juga menurus saya masih dalam kategori cukup berat bagi sebuah postingan. Namun anda jangan khawatir karena ada banyak cara yang bisa dilakukan oleh anda dalam mengubahnya menjadi gambar WebP.

Cara mengubah gambar dari JPG atau PNG menjadi WebP bisa kamu lakukan dengan menginput gambar pada kode mode HTML postingan. Kode bisa kamu dapatkan pada panduan blog ini.

5. Meningkatkan speed website

Selain melakukan pengoptimalan SEO on page, meningkatkan speed blog atau website juga menjadi faktor traffic website sobat menjadi tinggi. Banyak cara dalam meningkatkan speed web sobat, diantaranya menggunakan DNS Cloudflare.

Ini menjadi alasan kenapa speed website perlu diperhatikan, karena pembaca atau visitor umumnya menyukai halaman yang cepat dan tidak suka loading. Bayain aja kalau sobat buka halaman web yang mana loadingnya minta ampun. Maka dari itu, inilah pentingnya pengoptimasian speed website di mata mesin pencarian google.

Dalam meningkatkan speed website, yaitu selain menggunakan DNS Cloudflare penggunaan template premium juga perlu diperhatikan. Misalnya menggunakan tema AMP blogger atau wordpress jika sobat menggunakan platform selain blogger.

6. Mempromosikan postingan

Membagikan postingan yang sudah dipublish merupakan bentuk usaha untuk meningkatkan jumlah visitor atau pengunjung blog. Kamu bisa menshare postingan pada media sosial yang dianggap bermanfaat bagi pembaca.

Hindari kegiatan spam dengan membagikan lebih dari lima pada media sosial secara terus menerus. Ini akan mengakibatkan jelek di mesin pencarian web milik kamu, jadi lakukan promosi atau share postingan sewajarnya saja sesuai dengan porsi.

Membagikan postingan sesuai dengan topik relevansi lebih diprioritaskan ketimbang postingan yang tidak memberikan informasi penting. Membagikan postingan yang tidak relevansi berarti kita sudah melakukan spamer.

Memang dampaknya bagus untuk perkembangan blog yang dimiliki, tapi bahaya juga untuk dilakukan. Bisa-bisa kamu kena pinalti dari google dikarenakan banyak nyepam dan untuk lenbih jelas pelajari baik-baik tentang aturan yang ada atau diberikan oleh google pada para publisher.

7. Memantau perkembangan website

Melihat grafik perkembangan website, terkadang kita disajikan dan salah menilai blog punya sendiri. Banyak para blogger yang belum mengetahui visitor atau perkembangan blog dilihat dari mana, karena selama ini parameternya kalau tida di dashboard blogger pasti di google search consol.

Merekomendasikan pada kamu untuk memantau perkembangan blog atau web yang dimiliki pada google analitycs, karena menurut saya lebih kerasa dan lebih akurat dibandingkan dengan lainnya. Nah kalau untuk keyword yang muncul untuk blog kita baru melihat perkembangan yang ada di console.

Oleh karena itu, jangan senang dulu jika trafik web kamu meningkat sebab bisa jadi meningkatnya karena kita melihat postingan sendiri atau karena sedang menguji speed web sendiri sehingga mempengaruhi traffic organik pada google.

Sudah Tahu Cara Meningkatkan Traffic Website?

Sebenarnya ada banyak cara untuk meningkatkan traffic sebuah web namun di postingan kali ini saya hanya memberikan tujuh poin yang paling utama untuk para blogger yang ingin meningkatkan traffic blog/web.

Bahkan kamu sendiri bisa menggunakan cara lain yang didapat dari situs atau para mastah SEO dengan banyak mempelajarinya. Ketika kamu ingin memelajari sebuah traffic web maka kamu harus mengikuti semua aturan yang diberikan oleh google.

Dan kita sebagai publisher tidak bisa apa-apa selain berusaha agar artikel atau postingan yang kita buat dapat memberikan informasi penting bagi para pembaca atau pengunjung blog.

Demikianlah artikel berjudul Cara Meningkatkan Traffic Website Anda: Tips dan Trik Terbaik yang bisa kamu praktekan atau terapkan di blog/web personal anda. Semoga bermanfaat.