20 Tanda Bahaya Kehamilan Trimester 3 dan Penanganannya

20 Tanda Bahaya Kehamilan Trimester 3 dan Penanganannya

Moms, di usia kehamilan trimester 3 ada beberapa tanda bahaya yang perlu bunda perhatiin, nih. Kondisi-kondisi ini bisa mengindikasikan adanya komplikasi atau masalah serius dalam kehamilan nantinya. Jadi, penting banget buat bunda waspada dan nggak mengabaikan tanda-tanda ini, ya.

Bunda juga harus betul-betul waspada sama tanda-tanda bahaya kehamilan trimester 3 ini. Jangan diabaikan atau diremehin. Kalo ada tanda-tanda mencurigakan, langsung deh konsultasi sama bidan atau dokter spesialis kandungan (jangan asal dokter) buat dapet penanganan yang tepat. Apa saja sih, yang menjadi gejala kehamilan trimester 3? Sebelum mengetahuinya, yuk kita simak beberapa tanda bahaya kehamilan trimester 3 berikut ini!

Apa Itu Kehamilan Trimester 3?

Trimester 3 adalah periode penting dalam kehamilan yang membutuhkan perhatian dan perawatan khusus. Moms perlu memantau kesehatan diri sendiri, menjaga pola makan yang sehat, beristirahat yang cukup, dan mengikuti anjuran dokter untuk memastikan kelahiran bayi berjalan lancar dan Moms dan bayi tetap sehat.

Kehamilan trimester 3 ini merupakan tahap terakhir dari perjalanan kehamilan yang biasanya usia kehamilan trimester 3 berlangsung dari minggu ke-28 sampai dengan saat si kecil lahir.

Di trimester 3, Moms udah masuk ke akhir-akhir masa kehamilan dan si kecil semakin siap buat hadir ke dunia luar. Banyak perubahan yang terjadi, baik pada Moms maupun pada janin.

Trimester 3 juga menjadi waktu untuk persiapan menjelang persalinan. Moms dapat mengikuti kelas persalinan, membuat rencana persalinan, dan melakukan kunjungan rutin ke dokter kandungan untuk memantau kesehatan Moms dan perkembangan janin. Pada akhir trimester 3, Moms akan mengalami tanda-tanda persalinan seperti kontraksi yang teratur dan pembukaan serviks.

Tanda-Tanda Kehamilan Trimester 3

Pada tahap ini, gejala kehamilan trimester 3 ditandai dengan si janin udah tumbuh besar dan aktif banget di dalam rahim. Moms juga bisa merasakan gerakan si janin dengan lebih kuat. Perut Moms makin membesar, dan bisa aja timbul beberapa keluhan seperti sulit tidur, kesulitan bernapas, atau masalah dengan pencernaan.

Moms bakal sering banget ke toilet buat kencing. Si janin yang makin besar dan menekan kandung kemih bisa bikin Moms sering merasa pengen pipis.

Tanda kehamilan trimester 3 lainnya adalah perut yang membesar dan tekanan yang meningkat, Moms mungkin akan merasa kesulitan bernapas. Ruang pernapasan jadi lebih terbatas, jadi perhatiin napas dan istirahat yang cukup, ya mom!

Karena berat badan Moms yang bertambah dan perubahan postur tubuh, Moms bisa mengalamin nyeri punggung dan sakit pinggang. Hal tersebut merupakan gejala kehamilan trimester 3.

Selain itu, Moms mungkin akan merasakan kontraksi palsu yang disebut Braxton Hicks. Ini adalah kontraksi ringan yang persiapan buat persalinan. Tapi tenang aja, Braxton Hicks beda dengan kontraksi nyata saat persalinan.

Selain itu pada usia trimester 3, perut ibu hamil semakin membesar karena pertumbuhan janin yang pesat. Moms mungkin merasakan gerakan janin yang lebih kuat dan teratur. Selain itu, ada beberapa perubahan fisik yang terjadi, seperti peningkatan berat badan, peningkatan ukuran payudara, serta mungkin timbulnya keluhan seperti kesulitan bernapas, nyeri punggung, atau edema (pembengkakan) pada kaki dan tangan.

Mungkin kamu perlu: Tanda Bahaya Kehamilan Trimester 2

Tanda Bahaya atau Gejala Kehamilan Trimester 3 dan Penanganannya

Berikut ini adalah tanda bahaya kehamilan trimester 3 dan penanganannya yang perlu moms perhatikan dengan serius.

Tanda Bahaya Kehamilan Trimester 3

Mom, dengerin nih! Kalo ketuban pecah sebelum minggu ke-37, itu tanda bahaya buat kehamilan, loh. Kondisinya bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti infeksi rahim, hamil anak kembar, atau kekurangan gizi pas lagi hamil.

Nah, kalo Moms mengalamin gejala kayak nyeri perut atau detak jantung janin yang makin cepat, jangan dianggap remeh, ya mom. Langsung aja buru-buru ke dokter buat dapet penanganan yang khusus.

Tanda bahaya kehamilan trimester 3 yang perlu diwaspadai lainnya adalah kalo bunda ngerasa gerakan janin di perutnya berkurang secara signifikan. Biasanya, di trimester 3 ini, janin bakal makin aktif dan suka menendang. Kalo tiba-tiba bunda ngerasa gerakan janin berkurang, itu bisa jadi tanda bahaya kehamilan trimester 3.

Penurunan gerakan janin bisa disebabkan oleh pertumbuhan janin yang lambat atau masalah yang terjadi pada plasenta dan rahim bunda. Jadi, kalo bunda mengalamin hal ini, sebaiknya segera konsultasi ke dokter. Dokter bakal bisa ngasih penjelasan yang jelas dan mungkin minta dilakukan USG tiga dimensi buat tau penyebabnya dengan lebih pasti.

Tanda-tanda bahaya lainnya adalah pendarahan, Kontraksi di awal trimester ketiga, sakit kepala dan sakit perut, mual dan muntah parah atau berlebihan.

Penanganan Kehamilan Trimester 3

Jangan diabaikan kalo bunda merasa gerakan janin berkurang secara mencolok. Lebih baik cek langsung sama dokter buat penanganan yang tepat. Kesehatan janin dan bunda itu nomor satu, mom!

Bunda, pas masuk trimester 3, memang bisa bikin bunda gak nyaman ya. Salah satunya itu perut yang makin gede dan bisa menghambat gerakan bunda. Nah, ini dia beberapa tips biar bunda bisa hindari ketidaknyamanan di trimester 3:

  1. Kurangi waktu berdiri lama biar nggak bikin kaki bengkak. Kalo emang harus berdiri lama, usahain istirahat sejenak buat duduk dan angkat kaki selama 10 menit. Biar peredaran darahnya lancar, bro.
  2. Plilih posisi tidur yang nyaman setiap malam. Cari posisi yang bikin bunda nyaman dan bisa istirahat dengan baik. Bisa cobain pake bantal dukungan di perut atau di antara kaki buat nyamanin posisi tidur.
  3. Makan porsi kecil tapi sering, ya. Ini biar bisa hindari refluks atau gangguan pencernaan. Jadi lebih baik makan beberapa kali dalam sehari dengan porsi kecil, daripada makan banyak sekaligus.
  4. Glinti bra yang lebih besar seiring pertumbuhan payudara. Karena payudara bunda juga ikut berkembang selama kehamilan. Dengan pilih bra yang pas dan nyaman, bunda bisa merasa lebih nyaman juga.
  5. Jangan lupa minum banyak air, ya. Kekurangan cairan bisa bikin bunda pusing dan bisa memicu kontraksi. Jadi, pastikan bunda cukup minum air setiap harinya untuk hindari dehidrasi.
  6. Perhatikan posisi duduk bunda. Lebih baik duduk dengan punggung tegak lurus supaya nyaman dan menghindari rasa sakit di punggung.

Jadi, itu dia beberapa tips untuk menghindari ketidaknyamanan di trimester 3, bunda. Perhatikan tanda-tanda bahaya juga dan jangan ragu konsultasi ke dokter kandungan kalo bunda masih ragu dengan gejala yang bunda alami. Ingat, kesehatan bunda dan bayi itu yang paling penting, jadi tetap jaga diri ya, bunda!

Baca juga: Manfaat dan Cara Menghitung Usia Kehamilan Manual Mudah

Sudah Lebih Tau Tentang Kehamilan Trimester 3?

Inget bund, masa kehamilan itu penting banget buat dijaga dan diawasin, jadi jangan ragu buat minta bantuan dari dokter kandungan, ya. Mereka yang paling berpengalaman dan bisa bantu Moms biar selamat dan sehat sampai persalinan. Jaga kesehatan dan perhatiin tanda-tanda yang mencurigakan, ya Moms!

Terutama pada saat masa kehamilan trimester 3, benar-benar semua aktivitas harus dapat diatur dengan penuh kehati-hatian. Seperti halnya mengurangi kegiatan yang membuat Moms cepat kecapean.

Jadi, itu dia moms, tentang kehamilan trimester 3. Tahap akhir kehamilan yang penuh perubahan dan persiapan untuk bertemu dengan si buah hati. Di trimester 3 ini, Moms akan mengalami perubahan fisik dan emosional yang signifikan, dan si janin semakin siap untuk hadir ke dunia.

Moms perlu memperhatikan tanda-tanda yang mencurigakan seperti ketuban pecah sebelum waktunya, penurunan gerakan janin secara signifikan, atau gejala lain yang mengkhawatirkan. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan untuk mendapatkan perawatan dan penanganan yang tepat.

Ingat, kesehatan Moms dan si kecil itu yang paling penting. Jaga pola makan yang sehat, istirahat yang cukup, dan ikuti saran dokter dengan baik. Semoga Moms bisa melewati trimester 3 dengan baik dan si kecil lahir dengan selamat dan sehat.

Selamat menikmati perjalanan indah menjadi seorang ibu, Moms!

Demikianlah postingan mengenai Tanda Bahaya Kehamilan Trimester 3 dan Penanganannya yang bisa gue bagiin disini dan untuk informasi tentang topik kehamilan terbaru lainnya, Mom bisa mengunjungi halaman blogmomandbaby.com