Kehamilan 36 Minggu: Posisi Bayi Turun ke Bagian Bawah Perut Ibu

Selama kehamilan 36 minggu, Anda akan melihat bahwa bayi Anda mulai turun ke bagian bawah perut ibu

Selama kehamilan 36 minggu, Anda akan melihat bahwa bayi Anda mulai turun ke bagian bawah perut ibu. Anda harus mengunjungi dokter Anda setiap minggu mulai dari titik ini dan melakukan pemeriksaan untuk melihat apakah Anda sedang mengencangkan (effacing), yaitu proses di mana leher rahim mulai menipis untuk persiapan melahirkan bayi. Banyak wanita melaporkan bahwa setelah kepala bayi turun, mereka bisa bernapas lebih lega dan nafsu makan meningkat. Ini normal, karena tekanan dari bayi telah berubah. Wanita lain mengalami sensasi kesemutan atau mati rasa di daerah panggul mereka.

Anda juga akan melihat bahwa bayi terasa jauh lebih berat. Ini adalah saat bayi mulai menambah banyak berat badan, dan umumnya memiliki berat sekitar 6 pon pada titik ini. Pastikan untuk terus makan dengan baik, karena ini adalah waktu di mana bayi Anda tumbuh paling cepat. Anda juga harus siap untuk persalinan kapan saja selama periode ini. Pastikan tas tidur Anda sudah siap. Perbanyaklah persiapkan diri, mungkin dengan potong rambut rapi karena mungkin nantinya Anda tidak memiliki waktu.

Jika Anda belum memiliki rencana persalinan, ini adalah waktu yang baik untuk membuatnya. Pastikan rencana persalinan Anda mencakup semua detail kecil tentang jenis persalinan yang Anda inginkan, mulai dari jenis obat, orang-orang yang Anda inginkan di sekitar Anda selama persalinan, dan lokasi persalinan. Jika Anda melihat kondisi tidak normal seperti flu, demam, sakit kepala, wasir, atau nyeri di perut Anda, segera hubungi dokter Anda untuk memeriksanya.

Jangan terlalu memaksakan diri dengan membungkuk untuk mengambil barang. Minta pasangan Anda untuk melakukannya. Anda juga harus menghindari bergerak terlalu banyak, dan jika memang perlu, pastikan ada seseorang di sekitar untuk menjaga Anda. Dapatkan beberapa bantal tambahan dan letakkan salah satu di bawah perut Anda dan yang lain di antara kaki Anda pada bagian lutut. Ini membantu mengurangi tekanan dan berat badan pada bayi dan perut Anda.

Baca juga: Kehamilan Minggu ke-37: Mungkin saja Persalinan Anda akan Segera Tiba

Demikian postingan tentang Kehamilan 36 Minggu: Posisi Bayi Turun yang bisa kami bagikan disini, semoga postingan yang satu ini memberikan manfaat. Untuk informasi lebih lanjut mengenai topik bahasan kehamilan silakan kunjungi halaman blogmomandbaby.com

Posting Komentar untuk "Kehamilan 36 Minggu: Posisi Bayi Turun ke Bagian Bawah Perut Ibu"