Kehamilan Minggu ke-38: Bayi Anda Bisa Lahir Kapan Saja

Memasuki masa kehamilan minggu ke 38 bayi Anda bisa lahir kapan saja

Memasuki masa kehamilan minggu ke 38 berarti Anda hampir mencapai akhir perjalanan, dan seorang wanita sebenarnya bisa melahirkan bayi sehat dengan masa kehamilan penuh pada minggu ke-38. Pada kehamilan minggu ke-30, baik ibu maupun bayi mengalami perubahan fisik yang akan mempersiapkan keduanya untuk proses persalinan yang akan segera terjadi.

Semua organ utama bayi sudah sepenuhnya berkembang pada minggu ke-38 kehamilan, kecuali paru-paru. Bayi yang lahir pada usia kehamilan 38 minggu dapat bertahan hidup, tetapi paru-parunya masih perlu berkembang lebih lanjut dalam lingkungan yang sehat dan bebas asap rokok. Selain itu, saluran air mata berkembang selama beberapa minggu pertama kehidupan bayi, sehingga air mata kecil tidak akan keluar dari mata bayi saat pertama kali dilahirkan. Saat Anda berusia 38 minggu hamil, bayi memiliki panjang sekitar 14 inci dari mahkota hingga pangkal punggung dan hanya akan tumbuh sedikit selama dua minggu terakhir. Organ kelamin sudah sepenuhnya berkembang pada saat ini, dan orangtua mungkin bisa menebak jenis kelamin bayi hanya dari seberapa besar perut ibu. Bayi laki-laki cenderung sedikit lebih besar dari bayi perempuan, dan bayi perempuan mungkin juga kadang-kadang beristirahat lebih rendah di perut dibandingkan bayi laki-laki.

Tubuh seorang wanita akan mulai mempersiapkan diri untuk persalinan selama minggu ke-30 kehamilan, dan ibu mungkin bahkan akan merasa payudaranya mulai bocor kolostrum. Kolostrum adalah cairan kekuningan yang sangat penting bagi bayi selama beberapa minggu pertama karena mengandung antibodi dan nutrisi yang akan membantu mereka tetap sehat dan kuat. Anda juga mungkin mulai merasakan kontraksi palsu, yang merupakan cara tubuhnya untuk mempersiapkan diri menghadapi kontraksi yang lebih kuat yang akan segera terjadi. Rahim juga menjadi lebih tipis dan mulai melebar sedikit selama beberapa minggu terakhir untuk mempersiapkan kedatangan bayi yang akan segera dilahirkan. Dari puncak rahim hingga pusar, seharusnya panjangnya sekitar 6,5 hingga 7 inci, tetapi bisa lebih kecil atau lebih besar tergantung ukuran bayi.

Seorang wanita yang berusia kehamilan minggu ke 38 seharusnya sudah sepenuhnya siap untuk kedatangan bayinya yang baru, karena secara realistis, bayi bisa lahir kapan saja. Hanya sekitar 5% wanita yang benar-benar melahirkan pada tanggal perkiraan kelahiran mereka, sebagian besar karena induksi dan operasi caesar. Seorang wanita pada minggu ke-38 kehamilan seharusnya sudah memiliki tasnya siap untuk dibawa ke rumah sakit, yang harus berisi barang-barang untuk menjaga kenyamanan ibu dan bayi. Pakaian yang nyaman untuk dipakai setelah persalinan harus disiapkan untuk ibu, bersama dengan perlengkapan mandi dan barang-barang lain untuk membuatnya merasa seperti di rumah. Pakaian, selimut lembut, dan popok juga dapat disiapkan untuk bayi, tetapi sebagian besar rumah sakit akan menyediakannya bagi mereka yang membutuhkannya. Ibu sebaiknya mengunjungi tempat di mana dia berencana melahirkan untuk menjadi lebih akrab dengan lokasinya dan mengurangi stres yang mungkin terjadi pada tanggal persalinan.

Anda sebaiknya tetap makan makanan sehat selama minggu ke-38 kehamilan dan berjalan-jalan agar persalinan sedikit lebih mudah. Ibu seharusnya duduk santai, bersantai, dan menunggu tubuhnya memberi tahu kapan dia siap untuk melahirkan. Menjadi hamil 38 minggu bisa sangat mendebarkan dan membuat gugup, tetapi penting untuk tetap tenang dan rileks untuk menjaga bayi agar tidak stres juga. Gunakan dua minggu terakhir untuk menyelesaikan detail terakhir di kamar bayi, membuat daftar nomor telepon orang yang akan dihubungi setelah persalinan, dan bersantai serta biarkan waktu berjalan dengan sendirinya.

Baca juga: Kehamilan Minggu ke 39: Banyak Perubahan yang Mungkin Anda Belum Tahu

Itulah artikel singkat mengenai kehamilan minggu ke 38 yang bisa kami bagikan, semoga postingan ini dapat bermanfaat buat sahabat moms and baby. Untuk informasi kehamilan terbaru lainnya silakan kunjungi halaman web blogmomandbaby.com