Tips Aman Ibu Hamil Konsumsi Buah Durian

Mitos mengenai larangan mengonsumsi durian bagi ibu hamil masih menjadi keyakinan yang melekat dalam masyarakat.

Mitos mengenai larangan mengonsumsi durian bagi ibu hamil masih menjadi keyakinan yang melekat dalam masyarakat. Namun, perlu kita sadari bahwa faktanya, larangan tersebut belum terbukti kebenarannya secara ilmiah. Artikel ini akan membahas mitos dan fakta seputar konsumsi durian bagi ibu hamil, disertai dengan tips aman dari seorang ahli gizi, Zidna Akmala Dewi, dari RSUD Kraton Pekalongan.

Mitos dan Fakta seputar Durian bagi Ibu Hamil

Banyak orang yang masih meyakini bahwa ibu hamil sebaiknya menghindari durian karena dianggap dapat membahayakan kesehatan ibu dan janin. Namun, Zidna Akmala Dewi, seorang ahli gizi, menegaskan bahwa mitos ini tidak memiliki dasar ilmiah yang kuat. Menurutnya, tidak ada alasan bagi ibu hamil tanpa gangguan kesehatan khusus untuk dihindari dari mengkonsumsi durian.

Dalam wawancara dengan NU Online pada Rabu, 18 Januari 2023, Zidna Akmala Dewi menjelaskan bahwa durian sebenarnya dapat menjadi bagian dari pola makan ibu hamil jika dikonsumsi dengan bijak. Bahkan, ia memberikan tips aman bagi ibu hamil yang ingin menikmati buah beraroma kuat ini.

Tips Aman Mengonsumsi Durian bagi Ibu Hamil

Minum Banyak Air Putih: Zidna menyarankan ibu hamil untuk meminum banyak air putih setelah mengonsumsi durian. Ini dapat membantu menghilangkan rasa tidak nyaman di dalam perut dan menjaga kecukupan cairan tubuh.

Hindari Konsumsi Berlebihan: Bagi ibu hamil, kuncinya adalah mengonsumsi durian dalam jumlah yang wajar. Zidna menekankan bahwa durian memiliki kalori, karbohidrat, dan lemak tinggi. Konsumsi berlebihan dan terlalu sering dapat meningkatkan risiko obesitas pada bayi atau ibunya.

Perhatikan Riwayat Kesehatan: Ibu hamil dengan riwayat penyakit tertentu, seperti diabetes atau obesitas, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi durian secara signifikan. Durian yang tinggi gula dan karbohidrat dapat memengaruhi kadar gula darah ibu hamil.

Manfaat Durian bagi Ibu Hamil

Zidna juga memberikan pemahaman mengenai manfaat durian bagi ibu hamil. Dia menjelaskan bahwa durian mengandung asam folat yang dapat membantu dalam pembentukan hemoglobin, mengurangi risiko anemia selama kehamilan. Asam folat juga berperan dalam pertumbuhan otak janin, menjadikannya nutrisi penting untuk ibu hamil.

"Selain itu, durian juga mengandung asam folat yang baik untuk ibu hamil. Asam folat ini berperan penting dalam mengatasi anemia, untuk pertumbuhan dan perkembangan janin," ungkap Zidna. Meskipun durian memiliki manfaat, ia tetap menekankan bahwa kuantitasnya tidak boleh berlebihan karena tingginya kalori dan gula.

Pentingnya Memahami Kebutuhan Nutrisi selama Kehamilan

Dalam menyikapi mitos dan fakta seputar konsumsi durian bagi ibu hamil, penting untuk memahami bahwa kebutuhan nutrisi selama kehamilan adalah faktor krusial. Menurut Journal of Ethnic Foods, kehamilan meningkatkan kebutuhan nutrisi ibu hamil, termasuk energi tambahan, protein, vitamin A, folat, kalsium, zat besi, dan yodium.

Ketidakseimbangan dalam asupan nutrisi dapat berdampak pada kesehatan ibu dan janin. Oleh karena itu, ibu hamil perlu mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi, termasuk buah-buahan, untuk memastikan pertumbuhan dan perkembangan yang optimal.

Mengatasi Mitos dengan Edukasi

Penyebaran mitos seputar konsumsi durian bagi ibu hamil menunjukkan pentingnya edukasi dan pemahaman ilmiah. Banyaknya keyakinan yang tidak didasarkan pada fakta dapat membawa dampak negatif, seperti ketakutan berlebihan pada ibu hamil yang sebenarnya dapat menikmati durian dengan bijak.

Oleh karena itu, peran tenaga medis dan ahli gizi dalam memberikan informasi yang akurat dan terkini sangat penting. Edukasi ini dapat membantu ibu hamil membuat keputusan yang bijak terkait pola makan mereka, memastikan kesehatan ibu dan janin.

Baca juga: Benarkah Durian Tak Boleh Dikonsumsi Ibu Hamil?

Sudah Paham Tips Aman Ibu Hamil Konsumsi Buah Durian?

Dalam melihat mitos dan fakta seputar konsumsi durian bagi ibu hamil, kita dapat menyimpulkan bahwa durian sebenarnya dapat dikonsumsi dengan bijak selama ibu hamil tersebut tidak memiliki gangguan kesehatan tertentu. Tips aman dari ahli gizi, Zidna Akmala Dewi, memberikan panduan yang sangat berguna bagi ibu hamil yang ingin menikmati durian.

Penting untuk memahami manfaat dan batasan konsumsi durian, menghindari konsumsi berlebihan, dan memperhatikan riwayat kesehatan pribadi. Selain itu, memahami kebutuhan nutrisi selama kehamilan dan mengandalkan informasi dari sumber yang dapat dipercaya dapat membantu mengatasi mitos dan memberikan panduan yang lebih jelas.

Melalui pemahaman yang lebih mendalam, diharapkan masyarakat dapat mengambil keputusan yang bijak terkait konsumsi durian bagi ibu hamil. Edukasi dan penyebaran informasi yang akurat akan membantu mengatasi mitos dan memastikan bahwa ibu hamil dapat menikmati makanan dengan penuh keyakinan, tanpa kekhawatiran yang tidak perlu.