Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

WARNING !!! | Terlalu Dini Memberikan Makanan Selain ASI Pada Bayi

WARNING !!! | Terlalu Dini Memberikan Makanan Selain ASI Pada Bayi
  • Pernahkah bunda anaknya diberikan makanan selain ASI?
  • Apakah kita boleh memberikan makanan selain ASI pada anak berusia dibawah 6 bulan?
  • Apakah ada solusi atau tips sebelum memberikan MP-ASI pada anak?
  • Kapan waktu yang tepat untuk memberikan MP-ASI kepada anak?

Semua poin pertanyaan di atas akan dijawab pada artikel ini. Oleh karena itu simaklah artikel ini baik-baik. Bila ada yang kuang jelas silakan untuk ditanyakan pada kolom komentar.

Peran Orangtua Sangat Penting

WARNING !!! | Terlalu Dini Memberikan Makanan Selain ASI Pada Bayi

Merupakan salah satu tugas besar untuk semua orangtua agar tidak memberikan jenis makanan lain selain Air Susu Ibu (ASI) kepada bayi sebelum mencapai waktu (usia) yang sudah ditentukan (usia 6 bulan).

Akan tetapi diluar sana masih banyak orangtua yang belum mengerti tentang tahapan pemberian makanan pendamping ASI (MP-ASI) pada bayi. Ini membuktikan perlunya bekal pengetahuan bagi setiap orang dalam memberikan makanan kepada seorang anak.

Tentu semua orangtua tidak ingin terjadi sesuatu pada anaknya sendiri karena makanan yang dimakannya, maka dari itu kita perlu memahami kapan anak mulai diberikan MP-ASI sesuai dengan prosedur atau tahapan yang benar.

Bahkan bukan hanya tahapan pemberian MP-ASI yang perlu kita pahami melainkan semua jenis makanan yang akan diberikan kepada anak kita dengan memperhatikan teksturnya.

Dampak Terlalu Dini Memberikan Makanan Selain ASI Pada Bayi

Kenapa anak saya setelah disusui beberapa menit kemudian menangis lagi?

Pasti ibu menganggap bahwa ASI yang diproduksinya tidak cukup sehingga banyinya sering menangis karena lapar atau kehausan.

Akibatnya, ibu yang menyusui langsung memberikan pisang atau jenis makanan lain (makanan kemasan siap saji) kepada bayinya yang belum genap sebulan dan hal ini bermaksud supaya anak berhenti menangis. Saya sampaikan bahwa hal tersebut sudah jelas salah, tidak benar dan juga menyalahi aturan.

Perlu kita ketahui bahwa sistem pencernaan pada bayi belum sempurna dan pastinya belum mampu untuk mencerna makanan lain (MP-ASI). Kalaupun tetap diberikan MP-ASI pada anak usia dini, justru akan berdampak buruk bagi bayi terhadap sistem pencernaannya.

Ingat, jangan sekali-kali memberikan makanan dan minuman dalam bentuk apapun selain ASI sampai bayi mencapai usia 6 bulan.

Salah besar jika ada orangtua yang mengatakan saya merasa kasihan kepada anak ketika saya makan sesuatu kemudian anak berusaha mengininkannya dan saya pun memberikannya. Saya tekankan walaupun anak terus menerus melihati kita sedang makan, maka kita harus tetap untuk jangan memberikan makanan kepadanya.

Berdasarkan Pengalaman

Sebagai pengalaman, saya pernah mendengar seorang bayi tetangga yang meninggal disebabkan oleh ketidak tahuan orangtuanya, dikarenakan orangtuanya tidak tega melihat anaknya karena selalu melihat dan berusaha memakannya apa yang sedang ibunya makan (bakso) akhirnya diberikanlah kepada anaknya.

Hal tersebut artinya sama dengan ibu yang memberikan makanan selain ASI pada anaknya yang usianya masih dibawah 6 bulan dimana hal tersebut tidak dianjurkan.

Padahal pemberian MP-ASI saat belum pada waktunya sangat tidak disarankan dari pihak kesehatan, karena selain berdampak buruk pada sistem pencernaan bayi juga anak berisiko kematian pada bayi.

Bunda, perlu kita ketahui bahwa yang namanya bayi semua apa yang dilihat dan dipegang pasti akan berusaha untuk memasukannya kedalam mulut.

Makanya kita sebagai orangtua harus waspada dan banyak mencari pengetahuan yang dapat membantu pada persoalan ini, jangan sampai anak kita memakan makanan yang belum semestinya dimakan atau kita berikan kepadanya.

Baca Artikel : Kenali makanan pada anak usia 6 bulan - 2 tahun

Tapi ada juga orangtua yang mengatakan bahwa anak saya dibawah 6 bulan makan dan minum selain ASI kenyataannya tidak terjadi apa-apa.

Ingat kembali lagi pada diri sendiri yang jelas kalaupun tidak terjadi apa-apa mungkin suatu saat akan terjadi sesuatu pada sistem pencernaan anak.

Ini sesuai dengan fakta bahwa dampak terlalu dini memberikan makanan selain ASI pada bayi itu jelas berbahaya dan tidak disarankan bagi semua orangtua yang memiliki bayi usia dibawah 6 bulan.

Upaya Menghindari Pemberian Makanan Selain ASI Pada Bayi Usia dibawah 6 Bulan

Oleh karena itu untuk menghindari pemberian makanan pendamping ASI pada usia dini salah satu usahanya adalah bila bayi menangis karena lapar, maka bayi harus segera disusui. Jangan panik pada tangisan bayi dan jangan pernah berpikir bahwa produksi ASI bunda sedikit.

Perlu kita ketahui bahwa bayi yang sedang lapar atau kehausan akan segera mengisap dengan kuat. Isapan yang kuat akan diteruskan sebagai rangsangan bagi ibu yang menyusui agar produksi ASI lebih banyak lagi.

Baca Juga : Makanan yang dapat meningkatkan produksi ASI

Kita juga harus memperhatikan dan selalu berada disamping anak. Bisa saja makanan diberikan bukan hanya oleh kita selaku orangtuanya melainkan orang lain yang sedang menggendong anak kita dan anak kita diberikan makanan yang belum semestinya diberikan.

Tidak hanya orangtua, anak kecil pun yang tidak tahu akan hal ini mungkin bisa melakukannya. dan kita orangtua harus waspada akan hal tersebut yakni pemberian makanan pendamping pada saat belum waktunya.

Dari beberapa hal tersebut membuktikan bahwa pentingnya perhatian dan pengawasan dari orangtua yang memiliki anak berusia dibawah 6 bulan. Paling tidak kita memberitahu kepada orang lain yang hendak menggendong anak agar tidak memberikan makanan selain ASI bagi anak yang masih berusia dibawah 6 bulan.

Disisi lain orangtua juga harus dapat mencari informasi dari berbagai sumber media mengenai masalah kapan waktu yang tepat dalam memberikan makanan pada bayi. Informasi yang didapat pastinya sangat berpengaruh besar terhadap suksesnya pertumbuhan anak mulai dari usia dini.

Tips dan Saran

  • Berikan anak makanan sesuai dengan usianya
  • Orangtua harus tegas dalam memberikan makanan kepada seorang anak
  • Orangtua tidak boleh membiarkan anak memakan makanan yang teksturnya keras/ padat
  • Pastika orang lain mengetahui tidak bolehnya memberikan jenis makanan padat pada usia dini
  • Perbanyak belajar tentang pemberian MP-ASI pada anak
  • Jauhkan anak-anak dari benda atau makanan yang bertekstur keras.
  • Selalu mengawasi dan membimbing anak kita agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan
  • Konsultasi kepada dokter spesialis anak atau bidan desa terkait masalah yang dihadapi oleh orangtua terhadap kebutuhan makanan pendamping ASI
  • Pastikan agar anak yang belum mencapai usia 6 bulan untuk tidak diberikan makanan selain ASI
  • Orangtua harus dapat mengenali dan mengetahui dampak dari pemberian MP-ASI pada usia dini (dibawah 6 bulan)
  • Mencari informasi sebanyak mungkin mengenai pemberian MP-ASI atau makanan pendamping ASI berdasarkan tahapan dan prosedur yang benar
  • Orangtua harus dapat memastikan apakah makanan tersebut memiliki tekstur lembek, lembut, atau bahkan keras
  • Selain pada makanan orangtua juga harus memperhatikan anaknya agar tidak memakan benda lain yang setiap dijumpainya terutama benda yang berukuran kecil sehingga dapat membahayakan anak apabila termakan olehnya.

Post a Comment for "WARNING !!! | Terlalu Dini Memberikan Makanan Selain ASI Pada Bayi"