Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tujuh Manfaat Daun Katuk Bagi Ibu Hamil

Tujuh Manfaat Daun Katuk Bagi Ibu Hamil

Baiklah bunda, pada artikel kali ini saya akan sedikit berbagi ilmu pengetahuan mengenai manfaat dari daun katuk dan pastinya tidak diragukan lagi khasiatnya untuk ibu hamil.

Jika bunda sekarang dalam kondisi sedang hamil, maka beruntung sekali bisa membaca artikel yang saya tulis pada blog ini. Karena ini sangat membantu bunda sebelum pasca melahirkan. Oleh karena itu silakan baca baik-baik artikelnya.

Berdasarkan dari pengalaman yang saya alami bahwa tidak sedikit para bunda mengeluh dikarenakan tidak dapat memproduksi ASI dalam jumlah banyak sehingga ASI diganti dengan sufor (susu formula). Kenapa bisa terjadi? Dikarenakan dari faktor makanan yang dimakan oleh bunda pada saat hamil sehingga produksi ASI pun kurang cukup.

Baiklah moms, kali ini saya tidak akan menulis panjang lebar yang dapat mengakibatkan bunda bosan. Karena saya akan berbagi informasi mengenai beberapa manfaat yang memang sudah terbukti khasiatnya dan tentunya pernah saya alami sendiri. Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan sedikit tips mengenai bagaimana cara membuat atau mengolah daun katuk menjadi sebuah menu makanan favorit bagi ibu hamil yang kaya akan manfaatnya.

Tujuh Manfaat Daun Katuk Bagi Ibu Hamil

Tanaman ini sangat bermanfaat bagi kesehatan apalagi kalau untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan sangat direkomendasikan sekali bagi ibu yang sedang hamil. Disisi lain daun ini dapat membantu ibu hamil dalam mempersiapkan diri untuk masa penyusuan bayi mendatang setelah proses persalinan berakhir. Manfaat dari daun katu itu sendiri adalah sebagai berikut.

1. Daun katuk untuk meningkatkan prosuksi ASI

Sudah tidak diragukan lagi, memang daun katuk ini dapat meningkatkan produksi ASI. Kita tahu bahwa daun ini harganya murah dan bagi siapa saja dapat membelinya. Daun ini juga dapat ditemukan di pasar sayuran, silakan bunda cari di warung atau pasar sayuran terdekat.

Selain harganya yang murah, tanaman ini sangat mudah untuk ditanam dengan cara sistem tanam stek batang. Jika bunda saat ini sedang hamil, maka tepat sekali untuk membuat daun katuk ini menjadi sebuah menu makan harian dengan cara membuat sayur bening. Apalagi kalau disajikannya masih dalam kondisi hangat, pokoknya woow sekali.

Kenapa kita harus memerlukan olahan daun katuk? Karena hal tersebut bertujuan untuk membantu bunda dalam memproduksi ASI lebih banyak sehingga setelah bunda selesai pasca melahirkan, ASI bunda pun siap diberikan kepada belahan buah hati bunda.

Mengenai bagaimana cara membuatnya? Saya sampaikan tidak susah justru sebaliknya, yaitu sangat gampang. Nah, khusus buat bunda yang sedang hamil saya sarankan ketika akan memasak daun katuk agar tidak mencampur dengan bahan penyedap buatan lainnya.

Gunakanlah penyedap yang alami, seperti halnya kita bisa gunakan garam dapur sebagai perasa, gula merah (gula kawung) sebagai penyedap/ perasa alami dan juga bawang merah, bawang putih untuk memberikan aroma harum pada olahan daun katuk yang bunda hendak buat.

Silakan buat menu sendiri dan saya yakin semua orang pun bisa membuat menu makanan dari bahan dasar daun katuk. Dengan memasak sendiri sudah pasti sehat dibandingkan dengan membeli makanan diluar rumah yang tidak pernah tahu bagaiana cara mengolahnya dan bahan campurannya apa saja. Intinya bunda harus menjaga diri dari makanan yang mengandung penyedap dan perasa buatan.

Tidak diragukan lagi bahwa berdasarkan pengalaman selama masa kehamilan, saya lebih mengedepankan membuat makanan olahan sediri daripada membeli makanan diluar rumah. Kata dokter ketika seorang ibu sedang hamil, maka makanan yang dimakan oleh bumil itu diserap oleh janin. Oleh karena itu jangan aneh kalau ibu hamil banyak makan dan ngemil serta cepat lapar.

Silakan bunda sampaikan kepada suami, agar tidak salah paham mengenai kondisi ibu hamil yang suka makan. Bunda jangan percaya pada ucapan orang yang mengatakan bahwa ibu hamil itu tidak boleh terlalu sering makan karena akan mengakibatkan bayi gemuk. Sekali lagi saya sampaikan itu tidaklah benar.

Selagi yang dimakan bunda adalah makanan yang sehat-sehat, maka hasil akhirnya pun akan sehat dan bayi juga akan sehat. Mana ada coba orangtua yang menginginkan banyinya tidak sehat. Pasti tidak ada kan? Oleh karena itu bunda harus pntar dalam memilih dan memilah semua jenis makanan yang akan dimakan oleh bunda.

2. Daun katuk untuk menghindari sembelit pada masa kehamilan

Selain daun ini bermanfaat untuk meningkatkan prosuksi ASI, disisi lain ternyata daun katuk ini juga dapat mengatasi rasa sembelit pada saat masa kehamilan berlangsung. Tidak sedikit teman-teman saya yang mengalami hal tersebut. Saya katakan bahwa hal tersebut bisa terjadi karena faktor makanan yang dimakan oleh ibu hamil.

Kita boleh makan tapi jangan sampai kita tidak memakan makanan yang mengandung banyak serat. Nah, salah satu sayuran yang mengandung banyak serat dan sehat adalah daun katuk. Untuk mengolahnya bagaimana? Daun katuk ini mau diolah bagaimanapun juga bisa dan tidak hanya disayur bening saja. Bunda bisa membuatnya dengan cara ditumis, dikukus, dan lain sebagainya sesuai dengan selera bunda.

3. Daun katuk dapat menyegarkan tubuh

Selain menghindari rasa sembelit pada ibu hamil daun katuk ini juga dapat bermanfaat sebagai penyegar tubuh dan pastinya bermanfaat bagi ibu hamil.

Jika bunda menyukai macam-macam jus buah-buahan atau suka membuat jus buah. Daun katuk ini juga dapat diolah menjadi sebuah jus. Bahannya hanya daun katuk dan perasa. Saya sarankan madu ya bun, bukan manis dari gula pasir atau susu kental manis. Nah, mengenai rasanya bagaimana, sudah tidak diragukan lagi rasanya memang benar-benar mantap abis selain itu membuat badan kita menjadi segar dan sehat.

4. Daun katuk dapat memperlancar proses metabolisme

Kita tahu bahwa setiap manusia mengalami metabolisme. Idealnya metabolisme itu dilakukan setiap hari ya, yaitu pada pagi hari. Namun, dibalik semua itu ternyata masih ada yang mengalami beberapa hari sampai berhari-hari. Hal ini diakibatkan karena kekurangan makanan yang mengandung banyak serat. Sudah pasti bahwa harus dipenuhi oleh kebutuhan sehari-hari.

Nah, daun katuk ini selain untuk menyegarkan tubuh, dapat juga membantu proses metabolisme pada tubuh manusia. Oleh karena itu disarankan bagi setiap ibu hamil terutama dapat memakan daun katuk. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi sembelit bahkan sampai tidak bisa buang air besar sampai berhari-hari.

5. Daun katuk sebagai sumber serat yang baik bagi ibu hamil

Disisi lain daun ini juga berperan sebagai sumber serat yang baik bagi ibu hamil. Bagaimana tidak, buktinya penjelasan-penjelasan sebelunya dibahas pada paragrap di atas. Ini sangat membantu bagi setiap ibu yang sedang hamil dalam memenuhi kebutuhan sehariannya. Yaitu dengan memasak menjadikan daun katuk ini menjadi sebuah menu keluarga yang murah tapi sehat.

6. Daun katuk dapat meningkatkan sistem imun tubuh

Daun ini juga dapat meningkatkan sistem imun tubuh. Jika bunda tidak ingin sakit, maka tidak ada salahnya untuk mengkonsumsi daun katuk ini. Karena daun ini sangat bagus dan dapat dijadikan sebagai imun tubuh agar kita tidak mudah sakit.

7. Daun katuk dapat menyembuhkan influenza/ flu pada ibu hamil

Jika bunda dalam kondisi sakit atau terkena virus flu, dengan memasak sayur daun katuk ini sangat disarankan. Apalagi disajikan pada saat masih dalam kondisi hangat. Badan kita pun akan menjadi rileks/ tenang.

Demikianlah tujuh manfaat dari daun katuk bagi ibu hamil. Semoga artikel ini dapat menjadi informasi penting dan juga bermanfaat.

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

Post a Comment for "Tujuh Manfaat Daun Katuk Bagi Ibu Hamil"