Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Aktivitas yang Harus Dihindari Ibu Selama Hamil

8 Aktivitas yang Harus Dihindari Ibu Selama Hamil

Sesuai dengan judul artikel ini, saya akan sedikit berbagi pengetahuan mengenai aktivitas yang harus dihindari oleh ibu hamil. Ini berdasarkan hasil literasi saya yang mungkin sangat baik jika bunda menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Jika bunda saat ini kondisinya sedang hamil, maka sangat tepat sekali karena bunda bisa membaca artikel ini.

Selain sebagai catatan pribadi dari beberapa pengalaman yang saya peroleh baik melalui literasi maupun pengalaman dalam kehidupan sehari-hari pengalaman ini juga memberikan pelajaran yang berharga bagi saya.

Oleh karena itu, saya berharap semoga artikel ini dapat bermanfaat khususnya bagi ibu yang sedang hamil, baik yang sedang hamil muda maupun hamil tua.

Aktivitas yang Harus Dihindari Ibu Selama Hamil

Berikut ini beberapa aktivitas yang mesti dihindari oleh ibu yang sedang hamil.

1. Kerja Berat

8 Aktivitas yang Harus Dihindari Ibu Selama Hamil

Melakukan aktivitas fisik seperti kerja berat sangat tidak diperbolehkan bagi ibu yang sedang hamil. Seperti mengangkat ember yang berisi air, beras, mengangkat kursi, buku, mencuci baju, mencuci piring, dan lain sebagainya. Semua aktivitas tersebut harus dihindari ibu yang sedang hail.

Oleh karena itu, sumi harus siap siaga dalam meringankan tugas rumah tangga yang biasa dilakukan oleh kaum ibu. Cobalah untuk memposisikan diri dalam mengurus rumah tangga, yaitu mulai dari masak, cuci peralatan masak, mencuci baju dan lain-lain. Saya kira sumai juga tidak akan merasa keberatan jika kita meminta tolong kepada suami sementara waktu untuk menggantikan posisi bunda dalam mengurus rumah tangga beberapa bulan ke depan.

2. Tidur Telentang lebih dari 10 menit

8 Aktivitas yang Harus Dihindari Ibu Selama Hamil

Selain melakukan kerja berat, tidur telentang lebih dari sepuluh menit juga harus dihindari ibu selama hamil. Terutama bagi ibu yang sedang hamil tua sangat tidak disarankan bahkan harus lebih berhati-hati. Kalau ada pria yang tidur telentang itu tidak apa-apa dan sekali-kali kita mengikuti cara tidur seperti pria pada umumnya. Jika kondisi bunda sedang hamil, saya sarankan untuk tidak tidur telentang tapi harus tidur posisi miring kesamping.

Maka saya memberikan saran kepada ibu hamil agar tidak tidur telentang tapi tidur dengan posisi miring. Nah apalagi sekarang itu terdapat bantal guling yang khusus buat ibu hamil sehingga akan merasakan nyaman dan rileks ketika sedang tidur.

3. Merokok atau Terpapar Asap Rokok

8 Aktivitas yang Harus Dihindari Ibu Selama Hamil

Merokok atau terpapar asap rokok juga harus dihindari oleh ibu hamil. Ya, memang rata-rata wanita itu tidak merokok tapi yang namanya lingkungan kita memang tidak pernah tahu. Kapan dan dimana pun bunda berada dilingkungan orang yang suka merokok, maka semampu mungkin untuk menghindarinya.

Sepenting apapun orang tersebut jika sudah merokok, maka silakan bunda untuk menghindarinya. Karena sikap tersebut dapat membantu proses perkembangan janin yang masih berada di kandungan bunda.

Jadi, salah satu usaha yang dapat dilakukan bunda adalah menghindarinya bukan melarang semua orang untuk merokok. Ya, kalau suami bunda sendiri yang merokok sih bunda berhak untuk melarangnya dalam kata lain boleh saja bunda memohon kepada suaminya untuk berhenti merokok dengan cara baik-baik.

4. Ibu Hamil Minum Obat tanpa Resep dari Dokter

8 Aktivitas yang Harus Dihindari Ibu Selama Hamil

Ibu hamil juga harus dapat menghindari meminum obat tanpa resep dari dokter. Terkadang yang namanya sakit itu tidak ada yang tahu. Misalnya saja ketika kita sakit kepala pasti yang ada dipikiran kita membeli obat sakit kepala ke warung. Nah, untuk ibu yang sedang hamil sangat tidak dianjurkan membeli obat di warung. Karena sikap tersebut sama juga meminum obat tanpa resep dari dokter.

Jadi, yang harus dilakukan oleh ibu hamil adalah periksa kesehatan langsung ke dokter setempat baik ke puskesmas maupun ke klinik terdekat. Hal tersebut bertujuan agar ibu hamil yang mengalami sakit langsung diberikan berupa resep dari dokter maupun dari bidan.

5. Meminum Minuman Bersoda

8 Aktivitas yang Harus Dihindari Ibu Selama Hamil

Selain ibu hamil harus menghindari meminum obat tanpa resep dari dokter, meminum minuman yang bersodapun harus dapat dihindari. Apalagi kalau sekarang itu banyak minuman kemasan yang mengandung soda. Jadi, bunda harus waspada dengan cara selalu memperhatikan komposisipada setiap minuman kemasan yang akan dibeli.

Jika bunda memiliki kebiasaan meminum minuman yang mengandung soda, maka untuk sekarang jika bunda sedang hamil lebih baik jangan dulu meminum minuman yang bersoda untu beberapa bulan ke depan sampai dengan masa persalinan selesai.

6. Meminum Minuman yang Beralkohol

8 Aktivitas yang Harus Dihindari Ibu Selama Hamil

Meminum minuman yang bersoda saja harus dihindari apalagi minuman yang mengandung alkohol wajib harus dihindari. Karena sangat berpengaruh sekali terhadap kesehatan tubuh terutama bagiibu hamil, ini sangat membahayakan dan dapat mempengaruhi pertumbuhan janin yang masih ada didalam kandungan.

Jumlah sedikit maupun dalam jumlah banyak (mengkonsumsinya) itu sama saja dampaknya sangat tidak baik bagi kesehatan. Oleh karena itu, ibu hamil harus dapat menghindari minuman yang beralkohol.

7. Meminum Jamu

8 Aktivitas yang Harus Dihindari Ibu Selama Hamil

Biasanya ibu hamil suka mengalami kembung atau masuk angin. Pengalaman saya pribadi ketika mengalami hal tersebut, saya minta ke bidan kampung/ paraji. Dan saya diberikan obat/ jamu yang harganya setara dengan obat resep dari dokter. Karena saya tahu bahwa meminum jamu itu tidak baik bagi ibu hamil, maka saya tidak meminumnya.

Walaupun jamu tersebut bahan dasarnya dari rempah-rempah alam kalu tidak ada resep dari dokter saya tidak berani untuk meminumnya. Nah, jadi kembali lagi pada poin sebelumnya. Jika ibu hamil mengalami sakit, maka disarankan datang ke puskesmas maupun klinik sehingga nanti diberikan resep langsung dari dokter dan jangan lupa untuk selalu berdoa meminta keselamatan dan kesehatan kepada sang Maha Kuasa.

Kalau untuk minum susu sih, sangat dianjurkan sekali ya mams. Karena susu itu memiliki banyak kandungan kalsium yang mana diperlukan oleh tubuh khususnya bagi ibu yang sedang hamil. Oleh karena itu, silakan moms boleh meminum susu. Saya sarankan susu murni yang dalam kondisi masih segar.

8. Stress Berlebihan

8 Aktivitas yang Harus Dihindari Ibu Selama Hamil

Ibu hamil juga tidak boleh stress berlebihan. Penyebab stress itu banyak masalah yang dipikirkan secara berlebhihan. Dampak dari stress itu sendiri dapat mempengaruhi janin yang ada didalam kandungan.

Menurut dokter, ketika usia janin sudah sampai 4 bulan, apa yang dirasakan oleh ibunya baik bahagia, sengang, nmenangis, dan sebagainya itu semua dirasakan oleh janin. Nah, jika ibu hamil mengalami stress berat, maka janin pun akan mengalami hal yang sama seperti yang dialami oleh ibnya.

Oleh karena itu, ibu hamil diharapkan harus banyak tenang dan tidak banyak pikiran. Karena banyak pikiran itu memicu pada stress berat. Hal tersebut harud dihindari oleh semua ibu yang sedang hamil.

Demikianlah artikel mengenai aktivitas yang harus dihindari ibu selama hamil. Selain sebagai catatan pengalaman pribadi, semoga artikel ini dapat bermanfaat buat moms.

Post a Comment for "8 Aktivitas yang Harus Dihindari Ibu Selama Hamil"