Memilih Telur Ayam Negeri dengan Cara Baik dan Benar

Pada artikel kali ini saya akan berbagi pengetahuan mengenai bagaimana cara memilih telur ayam negeri asli. Anda mungkin bertanya-tanya mengenai telur ayam negeri asli itu bagaimana.

Cara membedakannya sangatlah mudah, kalau anda sedang di pasar dan mencari telur ayam yang ada di pasar sudah pasti tidak semuanya sama. Seperti ada yang berwarna coklat, putih, pudar, bercak, dan lain sebagainya.

Perlu saya sampaikan terlebih dahulu bahwa artikel ini memberikan penjelasan sekaligus memberikan informasi penting buat anda terkait bagaimana cara memilih telur ayam negeri dengan baik dan benar yang bertujuan supaya anda tidak salah pilih dalam mencari telur ayam negeri.

Ayam negeri disebut juga ayam petelur. Kita tahu bahwa semua ayam betina itu bisa bertelur dan akan tetapi tidak semua telur ayam itu berkualitas baik. Seperti gambar yang ada di bawah ini.

Menunjukkan bahwa ayam negeri adalah jenis ayam petelur yang berkualitas dan sudah pasti telurnya pun berbeda dari yang lain. Kita juga dapat mengetahui perbedaan tersebut mulai dari wana, bentuk, dan tekstur cangkang yang akan dibahas pada artikel kali ini.

Kita tahu bahwa hampir semua resep masakan itu memerlukan campuran beberapa telur terlebih lagi kalau anda hendak membuat bermacam jenis bolu atau kue. Hal tersebut sudah pasti membutuhkan sebuah telur.

Namun apakah anda sudah yakin kalau telur yang dibeli itu diperoleh dari ayam negeri asli?. Oleh sebab itu pada artikel ini berisi tentang cara bagaimana memilih telur ayam negeri dengan cara baik dan benar.

Cara Memilih Telur Ayam Negeri

Perhatikan baik-baik tekstur yang dimiliki telur. Telur ayam negeri memiliki tekstur rapih atau tidak memiliki benjolan sehingga terlihat tidak rata. Jika anda perhatikan berikut ini contoh gambar telur ayam negeri yang memiliki kualitas baik dan memiliki tekstur rapih. Maka dari itu, pilihlah telur ayam yang memiliki tekstur rapih

Selanjutnya adalah melakukan peninjauan dari segi warna. Ayam petelur memiliki telur yang berwarna kecoklatan. Jika anda belanja ke pasar kemudian mejumpai telur yang tidak terlalu berwarna kecoklatan, maka itu bukanlah telur yang diproduksi oleh ayam negeri melainkan ayam broiler, yaitu jenis ayam pedaging.

Jika anda belum mengenali antara ayam negeri dan ayam broiler. Berikut ini Blog Suarna memberikan sebuah contoh gambar dari kedua ayam tersebut.

Selanjutnya yaitu sesuai dengan judul artikel ini bahwa bertujuan untuk mengarahkan anda agar dapat memilih telur sendiri. Karena tidak sedikit para penjual mencampurkan telur ayam dari kedua jenis ayam di atas.

Oleh karena itu, mintalah pada penjual agar anda memilih telur sendiri dengan tanpa meminta penjual untuk memilihkannya. Hal tersebut bisa dilakukan jika anda belanja di pasar terbuka dan berbeda jika anda mencari telur ayam di supermarket. Karena anda dapat leluasa memilih sendiri telur ayam yang diharapkan.

Demikianlah artikel mengenai bagaimana cara memilih telur ayam negeri yang baik dan benar. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang tentunya dapat berguna bagi para pembaca. Terima kasih