Skip to main content
Mom Baby

follow us

Kenali Sekarang !! Gejala Emosional pada Seorang Anak

Pada artikel ini saya akan menuliskan sedikit pengetahuan yang saya peroleh dari kegiatan seminar ilmu kejiwaan bersama dr. Hasrini Rowawi ., dr. SpKJ(K) MHA. Kegiatan seminar itu sendiri dilaksanakan di SMP Plus Ar-Rahmat Cileunyi-Bandung.

Tujuan seminar itu untuk mengetahui masalah-masalah yang sering dijumpai pada anak-anak sehingga masalah tersebut dapat teratasi. Maka dari itu sangat penting sekali untuk diketahui oleh setiap orangtua yang berperan sebagai pembimbing.

Sesuai dengan judul artikel ini, yaitu membahas tentang gejala emosional pada anak. Gejala merupakan bentuk peristiwa yang benar-benar terjadi dan yang menjadi sasarannya adalah sikap emosional pada seorang anak. Nah, gejala-gejala emosional itu sendiri adalah sebagai berikut.

Gejala Emosional Anak

Sering mengeluh sakit pada badan (sakit kepala, perut dll)

Gejala yang ditimbulkan sering sakit. Seperti sakit kepala dan lain sebagainya. Untuk mengatasi hal tersebut yatu dengan cara melakukan olah raga secara rutin. Silakan ajak anak untuk melakukan berbagai macam jenis olah raga. Seperti lari pagi, joging, jalan santai, dan lain-lain.

Banyak kekhawatiran

Cemas dan banyak yang dikhawatirkan dalam kehidupan sehari-hari merupakan bentuk dari salah satu gejala emosional pada seorang anak.

Sering tidak bahagia, menangis

Jalin hubungan dengan anak dengan cara baik, sehat, dan harmonis sehingga anak tidak mengalami gangguan jiwa. Sesekali anak harus diberikan sanjungan dan motivasi agar anak merasa bahagia dan ceria.

Gugup atau mudah hilang percaya diri

Berikan semangat pada anak berupa motivasi dalam menghadapi semua persoalan dan bimbing oleh orangtua sampai anak benar-benar memiliki rasa percaya diri. Banyak cara agar anak menjadi percaya diri, yaitu bisa dengan cara mengungkapkan sebuah pendapat pada kita.

Mudah takut

Mudah takut pada sesuatu yang tidak wajar. Seperti halnya anak takut kalau berjumpa dengan dokter atau seorang polisi. Hal ini tidak lain karena anak pada masa kecil suka ditakut-takuti oleh orangtua dengan kata-kata awas nanti disuntik sama bu dokter atau awas nanti dipukul sama pak polisi.

Demikianlah artikel mengenai gejala emosional pada seorang anak. Jika bunda menjumpai ciri-ciri gejala tersebut, maka segera konsultasikan pada dokter ahli. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi penting dan pastinya dapat bermanfaat bagi para pembaca. Terima kasih

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar