Skip to main content
Mom Baby

follow us

Pentingnya Menjaga Kesehatan Psikis Bagi Ibu Hamil

Pada postingan artikel kali ini berhubungan dengan Promil (Program Hamil) dengan bahasan pokok tentang pentingnya menjaga kesehatan psikis bagi seorang ibu pada masa kehamilan. Karena memang benar hal ini mesti disampaikan kepada bunda yang sedang menjalani promil terutama ibu yang sedang mengandung.

Munkin sebagian besar orang belum mengetahui pentingnya menjaga kesehatan psikis/ kejiwaan pada masa kehamilan. Saya katakan bahwa sangat beruntung bagi bunda yang membaca artikel ini. Karena artikel ini menurut saya dapat memberikan pendidikan yang belum tentu diluar sana tahu akan hal ini.

Jika moms sedang berada dalam masa kehamilan, maka diharapkan untuk menjaga diri agar tidak melakukan dan mengalami kesehatan psikis yang buruk. Seperti mudah panik, stres, shock, merasa ketakutan, banyak pikiran, dan lain sebagainya.

Jika hal tersebut (di atas) sampai terjadi atau dialami oleh bunda, maka perkembangan janin pun bisa-bisa akan terhambat terutama gangguan mental pada anak setelah dilahirkan. Maka seharusnya tindakan yang harus dilakukan pada saat ibu hamil adalah selalu bersikap tenang, santai, dan tidak bayak pikiran serta tegang.

Saya tidak bermaksud untuk menakut-nakuti ya moms, memang sudah jelas para ilmuwan kedokteran telah mengungkapkan bahwa Betapa berpengaruhnya ketegangan yang dialami seorang ibu terhadap janin yang masih didalam kandungan. Aktivitas janin pun menjadi bertambah akibat pengaruh psikis/ kejiwaan yang dialami oleh ibunya dan alhasil ketika janin tersebut dilahirkan berat badannya cenderung lebih ringan.

Jadi, jangan tegang ya moms ketika sedang hamil. Kemudian jangan marah-marah, jangan mudah emosi, jangan mudah kesal, jangan sampai mengalami kepanikan yang berlebihan, jangan takut serta shock yang hebat dan lain sejenisnya yang dapat mempengaruhi kondisi psikis ibu hamil.

Kemudian faktor makanan pun sangat berpengaruh pada janin. Oleh karena itu, kita sebagai ibu yang sedang hamil harus dapat memilih makanan yang sehat yang sudah pasti bergizi. Jadi, kita tidak boleh memakan makanan tanpa memikirkan nilai gizi yang terdapat pada makanan tersebut.

Karena tidak ada pengerahuan akan manfaat dari mengkonsumsi makanan yang bergizi, maka kebanyakan sebagian kawum ibu hamil yang memakan makanan yang tidak bergizi atau istilah lainnya adalah zonkfood. Sebab apa yang kita makan itu pasti akan diserap oleh bayi melalui plasenta.

Setiap orang tahu bahwa yang namanya musibah atau ujian bisa terjadi kapan saja dan kita tidak pernah tahu kecuali Allah subhanahu wa ta'ala.

Ingat moms, perasaan kita boleh galau, ujian boleh datang, jiwa terluka, akan tetapi segeralah atasi semua itu dengan tawakal atau berserah diri kepada Allah subhanahu wa ta'ala. Insya Allah berbagai macam ujian dapat teratasi.

Kesimpulan dari akhir atikel ini, yaitu sebagai tindakan preventif atau dengan istilah siapkan payung sebelum tujun hujan. Maka perbanyaklah ibadah dikala masa kehamilan kemudian perbanyak dzikir, sering solat malam, dan membaca al-Qur'an sehingga hati kita menjadi tenang serta merasa dekat dengan-Nya.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar