Skip to main content
Mom Baby

follow us

Tips Jika ASI Mengalami Penggumpalan yang Menyebabkan Payudara menjadi Bengkak dan Sakit hingga Panas Dingin

ASI (Air Susu Ibu) - Tersumbat atau terasa menggumpal sehingga ASI keluar sedikit dan menyebabkan payudara terasa bengkak bahkan sakit sampai merasa panas dingin. Pernahkan bunda mengalami hal tersebut?

Banyak sekali lika-liku yang dialami ibu menyusui, tentu itu merupakan bagian dari perjuangan seorang ibu untuk memberikan yang terbaik bagi buah hatinya.

Asalkan moms menjalaninya dengan ikhlas, semua itu tidak akan terasa memberatkan. Yang moms perlukan adalah ilmu untuk mengatasi setiap problematika agar dapat segera diatasi.

Ciri-Ciri ASI Mengalami Penggumpalan

Nah moms, salah satu hal yang seringkali dialami oleh ibu saat masa menyusui yaitu ASI tersumbat mengalami penggumpalan. Ciri-ciri ASI mengalami penggumpalan, yaitu sebagai berikut.

  • Payudara terasa nyeri apalagi jika tersenggol.
  • Payudara bengkak, bahkan jika dibandingkan dengan payudara satunya lagi akan terlihat perbedaan ukurannya.
  • Terdapat benjolan-benjolan pada saluran ASI. Moms bisa meraba payudara dan akan terasa saluran ASI yang mengeras akibat penumpukan ASI yang tersumbat.
  • Pada kasus tertentu dapat disertai dengan panas dingn.
  • Ketika dipompa atau disusukan kepada bayi hasilnya lebih sedikit dari biasanya.
  • Payudara tak kunjung kosong meskipun disusukan atau dipompa dalam satu waktu.

Tips Jika ASI Menglamapi Penggumpalan

Dari beberapa tanda di atas, moms bisa merasakan sebagian atau seluruh tanda tersebut tergantung separah apa kondisi yang moms alami. Berikut ini tips yang akan saya bagikan ketika moms mengalami kondisi tersebut:

  1. Terus berikan ASI kepada baby, meskipun tentunya sakit namun hal tersebut efektif untuk merangsang ASI yang tersumbat agar terus keluar.
  2. Bantu dengan alat pompa ASI jika dirasa perlu. Misal, baby sedang tidak mau untuk menyusu. Hal ini karena ASI yang tersumbat harus tetap dikeluarkan.
  3. Jika moms sampai mengalami panas dingin sebaiknya periksakan kepada dokter. Dokter akan memberikan obat nyeri/demam dan antibiotik untuk peradangan yang terjadi.
  4. Makan, minum dan istirahat yang cukup untuk mengembalikan kondisi tubuh yang fit seperti semula. Setelah mengetahui ciri dan cara mengatasi ASI tersumbat/menggumpal, moms juga sebaiknya menghindari penyebabnya agar hal tersebut tidak terjadi lagi, berikut diantaranya: 1. Menggunakan bra yang terlalu kecil hingga menekan payudara; 2. Menyusui dalam waktu lama (misal: sepanjang malam) hanya dengan satu posisi; 3. Tidak menyusui/ memompa payudara dalam waktu lama.
  5. Kompres dengan air hangat. Nah cara ini saya rasa sangat efektif karena payudara yang awalnya terasa tegang lama-lama menjadi rileks karena ASI didalamnya terasa mencair.

Cara Mengompres Payudara yang Efektif

Untuk lebih jelasnya mengenai cara mengompres payudara yang efektif tanpa ribet, yaitu sebagai berikut.

  1. Gunakan air hangat lalu masukan kedalam botol namun jangan terlalu penuh karena resiko air dapat menyembur keluar. Jangan lupa untuk menutup rapat tutup botol.
  2. Angkat tangan dibagian payudara yang bengkak. Misalnya, jika payudara kiri yang sakit maka tangan kiri yang di angkat ke atas. Jika payudara kanan yang sakit maka tangan kanan yang diangkat.
  3. Sambil mengangkat tangan, geleng-gelengkan botol air hangat pada payu dara mulai dari lingkaran paling luar menuju ke arah puting.
  4. Moms bisa mengompres lebih lama pada bagian payudara yang sakit, namun usahakan seluruh bagian payudara agar terkompres seluruhnya.
  5. Lakukan kurang lebih 1 jam, biasanya kurang dari satu jam pun payudara sudah terasa membaik.
  6. Susukan kembali pada baby atau pompa dengan alat pompa ASI agar ASI yang tadi tersumbat dapat segera dikeluarkan.
  7. ASI yang dikeluarkan dapat tetap diminum baby ya moms, karena meskipun tersumbat tidak akan mengurangi kualitas ASI. ASI tetap bagus diminum baby.
  8. Jika ASI masih tersumbat, moms bisa mengulangi kembali proses kompres tersebut secara berkala.

Demikian pengalaman saya saat mengalami ASI tersumbat beserta cara mengatasinya. Semoga dapat bermanfaat juga untuk moms semuanya.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tulis komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum Blog Mom and Baby
Buka Komentar