Skip to main content
Mom Baby

follow us

16 Cara Mengatasi Anak Susah Makan Sayur dan Buah yang Wajib Anda Ketahui

Cara Mengatasi Anak Susah Makan Sayur dan Buah | Menurut Versi Blog Mom and Baby

Cara Mengatasi Anak Susah Makan Sayur dan Buah - Mengonsumsi sayuran dan buah sangat dianjurkan bagi anak-anak. Karena sayuran dan buah memiliki banyak manfaat untuk kesehatan anak. Namun tidak semua anak menyukai sayuran dan buah.

Selain itu, tidak sedikit orangtua yang mengeluh karena anaknya yang susah makan sayur dan buah. Bagaimanapun juga kita sebagai orangtuanya harus dapat memberikan asupan nutrisi yang seimbang kepada anak supaya pertumbuhannya maksimal.

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Pada postingan kali ini blog MomBaby akan berbagi pengalaman seputar bagaimana cara mengatasi anak yang susah makan sayur dan buah sehingga anak dapat menyukainya.

Berikut Ini 16 Cara Mengatasi Anak yang Susah Makan Sayur dan Buah

Supaya anak mau makan sayur dan buah, maka orangtua dituntut untuk lebih kreatif dalam menyajikan berbagai menu makanan yang bahan dasarnya dari sayur dan buah-buahan. Nah, berikut ini cara yang dapat dicoba untuk mengatasi anak yang susah makan sayur dan buah.

1. Biasakan untuk Menyiapkan Makanan Bersama Anak

Membiasakan untuk menyiapkan makanan bersama anak merupakan bentuk upaya kita agar anak mau makan sayur dan buah. Terkadang kita selalu berpikir kalau anak menyiapkan makanan takut kenapa-kenapa seperti jatuh, terluka, dan lain sebagainya.

Padahal kita sebagai orangtuanya mampu untuk membimbing dan menuntun anak agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Atau Bunda juga dapat mengajak anak untuk berbelanja memilih sayur dan buah sekeinginannya, dari sinilah anak bebas memilih sayuran dan buah yang akan dimakannya.

Jika anak sudah memilih buah atau sayuran sesuai kemauannya sendiri, maka tugas kita sebagai orangtua harus dapat membuat masakan yang akan disajikkan bersama keluarga yang ada di rumah.

2. Berikan Pujian untuk Anak

Memberikan pujian pada anak pada saat mau makan sayur dan buah merupakan salah satu cara agar anak menyukainya. Sudah pasti ia akan senang jika mendapat pujian dari orangtuanya.

Selain itu, anak juga akan merasa termotivasi untuk makan sayur dan buah. Karena semua naluri anak itu suka dipuji, maka kita tidak boleh menjatuhkan atau mempermalukan sikap anak didepan orang lain termasuk tidak membanding-bandingkan dengan anak-anak lain.

Misalkan ada orangtua yang membandingkan anaknya dengan ucapan "Ade coba lihat Andi mau makan sayur, masa kamu tidak mau makan sayur, jangan kalah sama Andi". Secara tidak sadar bahwa kalimat tersebut sebenarnya mengandung makna yang sifatnya menjatuhkan atau mempermalukan sikap anak.

Jika Bunda suka membandingkan anak dengan anak lain, maka dampaknya anak akan bertambah tidak menyukai semua makanan yang diberikan oleh orangtuanya dan akan membuat kita mencari tahu cara mengatasi anak sulit makan dan ini harus diselesaikan oleh orangtua agar masalah tidak merambat pada yang lain.

3. Jangan Terlalu Memaksa Anak untuk Makan Sayur dan Buah

Kebanyakan orangtua jika anaknya tidak mau memakan makanan yang diberikannya pasti tidak akan jauh dari unsur pemaksaan. Pemberian konsekuensi juga bentuk dari pemaksaan, misalkan orangtua memberikan ancaman jika anak tidak mau makan sayur maka dia tidak diperbolehkan untuk bermain bersama temannya.

Bahkan ada orangtua yang sampai menjual semua mainannya dikarenakan anaknya tidak mau makan sayur dan buah yang diinginkan oleh orangtuanya. Jika Bunda tetap menggunakan cara tersebut justru anak akan bertambah tidak suka dengan semua makanan yang diberikannya.

Disisi lain, terlalu memaksakan anak untuk memakan sayur dan buah bisa membuat anak menghindar dari semua jenis sayur dan buah sampai yang dia pernah makan pun tidak dimakan lagi. Sudah pasti dampaknya pada asupan gizi pada anak tidak terpenuhi.

Ingat Moms, jika anak susah makan sayur atau buah. Jangan sekali-kali untuk memaksanya supaya mau makan dan cobalah gunakan cara lain seperti membujuknya dengan cara halus dan selalu berikan motivasi berupa pujian agar anak mau makan sayur dan buah.

4. Menjadi Contoh Bagi Anak-anak

Anak adalah peniru yang baik. Oleh karena itu kita sebagai orangtuanya harus memberikan contoh yang baik dalam bersikap dan termasuk dalam kontek makanan yang selalu disantap sehari-hari.

Karena pola makan anak cenderung mengikuti pola makan orangtuanya. Maka dari itu biasakan untuk menghidangkan menu sayuran dan buahan sebagai menu sehari-hari di rumah sehingga semua anggota keluarga dapat memakannya bersama anak-anaknya.

Pada dasarnya seorang anak akan memakan makanan yang orangtua makan serta apa yang dia lihat. Untuk itu silakan berikan contoh kepada anak supaya dapat memakan sayuran dan aneka jenis buah.

5. Tunjukkan kepada Anak bahwa Makan Sayur dan Buah itu Menyenangkan

Cara ini memperlihatkan bahwa kita harus dapat mengajak anak untuk berimajinasi. Hal ini sama dengan poin sebelumnya hanya saja dalam konteks pemberiannya yang berbeda.

Bunda juga dapat memberikan sayur dan buah pada anak sambil bermain. Seperti berpura-pura untuk merebut makanan yang akan diberikan kepada anak sehingga anak akan merasa termotivasi untuk memakan sayur atau buah-buahan.

Hal ini dapat dikatakan bahwa anak bisa makan sayur dan buah karena adanya dorongan dari orangtuanya dengan cara menyenangkan.

6. Hidangkan Makanan dengan Beraneka Ragam Warna

Banyak cara agar anak suka makan sayur dan buah, yaitu salah satunya dengan menghidangkan makanan dengan beraneka ragam warna. Misalkan tomat, umbi ungu,semangka, melon, dan anggur yang disatukan dalam satu wadah.

Cara ini akan menjadi daya tarik tersendri supaya anak mau memakan sayur dan buah. Karena banyak warna-warni aneka jenis makanan yang dilihatnya juga membuat anak termotivasi untuk memakannya.

Jika bunda melakukan cara ini dan anak mau memakan sayur dan buah yang diinginkannya, maka Bunda tidak perlu khawatir lagi terhadap kekurangan asupan gizi pada seorang anak Bunda.

7. Hidangkan Makanan dengan Bentuk yang Sangat Menarik

Cara ini sama seperti dengan cara menghidangkan makanan dengan beraneka ragam warna. Namun yang lebih diutamakan pada cara ini adalah bentuknya.

Bunda harus dapat membuat jenis sayuran dan buah menjadi sebuah bentuk yang teratur. Seperti membuat sayuran menjadi bintang, hewan, dan aneka bentuk lainnya.

Jika bunda tidak bisa membuatnya secara manual, jangan khawatir Moms. Karena diluar sana banyak yang diperjual belikan cetakan-cetakan yang dapat mengubah bentuk sayur atau buah menjadi bentuk lain yang menyerupai bentuk hewan, hati, ekspresi wajah, bintang, ataupun membentuk benda lainnya sehingga anak akan mulai termotivasi untuk memakan sayur dan buah.

8. Perkenalkan Anak dengan Makan Sayur dan Buah Sejak Dini

Memperkenalkan anak pada sayur dan buah sejak dini merupakan salah satu bentuk upaya agar anak mau makan aneka jenis sayur dan buah. Proses pengenalan makanan ini sejak anak muali usia dini, yaitu pada saat masa pemberian MPASI biasanya pada usia 6 bulan ke atas.

Jika usia anak Bunda pada saat ini tidak memungkinkan dikarenakan sudah usia 3 tahun, maka cara ini bisa Bunda lakukan pada saat memiliki anak selanjutnya sehingga anak tidak anti makan semua aneka jenis sayur dan buah-buahan.

Jadi, cara ini kurang tepat jika anak bunda sejak dini pada saat pemberian MPASI belum pernah diberikan atau dikenalkan dengan rasa, tekstur jenis makanan. Paling tidak dengan adanya artikel ini bunda bisa shareing dengan kawan-kawan yang sedang hamil atau memiliki anak usia dini.

9. Berikan Sayur dan Buah dalam Jumlah Sedikit

Memberikan aneka jenis sayur dan buah-buahan dalam jumlah sedikit merupakan salah satu upaya agar anak suka makan sayur dan buah. Karena semuanya itu membutuhkan proses secara bertahap, yaitu tidak langsung suka.

Oleh karena itu berikanlah sayuran dan buah dalam jumlah sedikit, yang pasti anak dapat merasakan rasa dari aneka jenis sayuran dan buah.

10. Memberikan Penjelasan kepada Anak akan Manfaat dari Memakan Sayur dan Buah

Cara ini memposisikan orangtua untuk menjelaskan mengenai manfaat dari makan sayur dan buah. Karena anak akan mau sayur dan buah-buahan jika dia akan mengetahui manfaatnya.

Jadi, suatu tugas tambahan bagi orangtua untuk mencari banyak informasi terkait manfaat dari makan sayuran dan buah-buahan. Sampaikan juga kepada anak bahwa dengan makan sayur dan buah itu akan membuat badan menjadi sehat, pintar, dan lain-lain.

Hindari dari kata-kata yang tidak mungkin. Seperti ibu yang menasehati anaknya bahwa jika dia tidak makan sayur atau buah nanti digigit nyamuk dan lain sebagainya. Nah, hal ini kalau bisa jangan sampai terjadi ya Moms.

11. Memberikan Motivasi Lewat Cerita

Cara mengatasi anak susah makan sayur dan buah selanjutnya adalah anak harus diberikan motivasi atau dorongan untuk memakan sayur dan buah melalui cerita fiksi. Hal ini bisa dilakukan dengan cara melalui video atau acara televisi cartoon yang disiapkan untuk anak.

12. Menyajikan Sayuran yang Disukai oleh Anak

Menyajikan makanan sayuran dan buah yang disukai anak merupakan salah satu upaya untuk mengatasi anak yang susang makan sayur dan buah-buahan.

Oleh karena itu, Bunda harus mengetahui semua jenis sayuran da buah-buahan yang disukai dan tidak disukai oleh anaknya.

13. Mencampur Makanan Sayuran dan Buah-buahan yang Tidak Disukai Anak dengan Makanan Kesukaannya

Cara mengatasi anak yang tidak suka makan sayur dan buah, yaitu bisa dengan menggunakan dengan cara mencampurkan makanan sayuran yang tidak disukainya dengan makanan yang disukainya.

Proses pembuatannya bisa dilakukan dengan cara menghaluskan makanan jenis sayuran yang tidak disukai anak dengan blender, kemudian masak bersama makanan yang disukainya.

14. Makan Bersama Anak

Banyak diluar sana orangtua tidak mau makan bersama anaknya karena khawatir mengganggu dan mengacak-acak makanan yang sedang di meja makannya. Padahal secara tidak sadar itu akan membuat nafsu makan anak menurun.

Faktanya memang benar kalau anak makan bersama pasti ada makanan yang diacak-acaknya, namun bukan itu yang menjadi anggapan kita ya Moms, melainkan anak mau makan sayur atau jenis buah-buahan. Terlihat anak bisa makan sayur atau buah karena 95% faktor yang dihasilkan dari makan bersama.

Jadi, sekali lagi Bunda atau suami jangan terlalu memikirkan makanan yang diacak-acaknya akan tetapi kita melihat anak sudah mau makan sayur atau buah sehingga kebutuhan nutrisinya terpenuhi. Disamping itu kita juga harus dapat mengimbanginya agar makanan tidak terbuang secara mubazir.

15. Biarkan Anak untuk Menentukan Sendiri dalam Memakan Sayur dan Buah

Cara ini memberikan kebebasan kepada seorang anak untuk makan sayur kapanpun yang ia mau. Dalam konteksnya seperti anak yang makan sayur bayam. Entah anak itu makan bayam terlebih dahulu, entah anak makan bayam bersamaan dengan nasi, atau makan bayam setelah nasi habis.

Kita sebagai orangtua tidak boleh untuk menuntut harus ini harus itu kepada anak. Tugas kita hanya memperhatikan saja dan berpikir positif karena anak mau makan sayur.

16. Lakukan Aktivitas Masak Bersama dengan Anak

Cara mengatasi anak susah makan sayur dan buah yang satu ini patut dicoba. Faktanya anak dapat menghargai dan mau memakan apa yang dimasaknya sendiri.

Disisi lain, cara ini juga dapat mengajarkan anak untuk bisa mandiri dalam memasak makanan. Maka kesempatan bunda mengajak anaknya untuk menyiapkan makanan yang akan dimakan. Namun perlu diingat masak bersama anak ini perlu bimbingan dan pengawasan agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Banyak manfaat dibalik aktivitas yang satu. Diantaranya mempererat hubungan antara anak dan orangtua, Anak bisa mandiri dalam menyiapkan makanan, melatih sikap motoriknya dan lain sebagainya.

Kesimpulan

Sekuat apapun kita mencoba semua cara yang ada di publish ini kalau tidak dibarengi dengan rasa tulus dan kasih sayang pada anak, maka itu tidak akan terjadi. Artinya kita harus berusaha untuk selalu memberikan motivasi dan bimbingan sampai anak mau memakan sayuran dan buah-buahan.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tulis komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum Blog Mom and Baby
Buka Komentar