Skip to main content
Mom Baby

follow us

Cara Mengatasi Bayi Kembung yang Perlu Moms Ketahui

Beberapa Cara Mengatasi Bayi Kembung yang Perlu Moms Ketahui

Cara Mengatasi Bayi Kembung - Masalah yang sering terjadi pada bayi adalah kembung. Tentu kita sebagai orangtuanya merasa khawatir ketika bayi mengalami masalah tersebut.

Namun Moms jangan khawatir lagi. Karena pada postingan artikel kali ini saya akan berbagi pengalaman mengenai bagaimana cara mengatasi masalah ini, yaitu mengatasi bayi kembung.

Oleh karena itu silakan simak artikel ini dengan baik-baik dan semoga saja postingan ini dapat membantu Moms.

Beberapa tanda jika bayi mengalami kembung

1. Menaingis

Bayi yang mengalami kembung biasanya ditandai dengan menangis tanpa sebab. Hal ini wajar ya Moms karena kondisi seperti itu bagi bayi sangatlah tidak nyaman.

2. Perut bayi besar

Yang menjadi tanda bayi mengalami kembung lainnya adalah perut bayi terlihat membesar. Hal ini terjadi karena pada saluran organ pencernaan bayi terdapat angin atau udara.

3. Perut bayi bunyi

Selain perut bayi yang membesar, bayi kembung juga dapat diketahui dengan menepuk perut si bayi secara perlahan. Jika terdengar bunyi yang berbeda dengan biasanya, maka dapat dipastikan bayi Moms mengalami kembung.

4. Bayi rewel dan selalu menggeliat

Jika bayi Moms rewel dengan dibarengi menggeliat atau sering melengkungkan punggungnya ke arah belakang badannya, maka dapat dipastikan bahwa bayi Moms sedang merasakan kembung.

Penyebab bayi bisa mengalami kembung

Terdapat beberapa faktor yang dapat menyebabkan bayi kembung, diantaranya yaitu sebagai berikut.

1. Makanan yang dikonsumsi ibunya

Kemungkinan penyebab terjadinya kembung pada bayi adalah faktor makanan yang dimakan oleh ibunya. Olahan makanan yang terbuat dari bahan-bahan seperti kol, kubis, brokoli, bawan, dan kentang merupakan jenis bahan yang dapat membentuk gas.

Oleh karena itu, Moms harus memperhatikan makanan yang akan dikonsumsi dengan cara mengurangi atau menghindari makanan yang bahan dasarnya terbuat dari salah satu bahan yang dilansir pada paragraf sebelumnya.

2. Makanan yang diberikan pada bayi

Pada poin ini dikhususkan bagi Moms yang memiliki bayi yang berusia 6 bulan. Karena pada umumnya usia bayi tersebut sudah mulai diperkenalkan dengan makanan pendamping asi atau disebut juga MP-ASI.

MP-ASI dapat diolah secara mandiri tanpa harus membeli dalam bentuk kemasan pabrik. Namun Moms harus memperhatikan olahan makanan yang akan diberikan pada bayi Moms.

Seperti makanan yang diolah dari bahan bokoli dan jenis bahan sayur yang telah disinggung sebelumnya. Brokoli memang bagus Moms untuk pertumbuhan si bayi akan tetapi jika berlebihan dampaknya membuat bayi menjadi kembung.

3. Biasa bayi meminum minuman selain ASI

Memberikan minuman kepada bayi selain ASI juga dapat mengakibatkan kembung. Faktanya sistem pencernaan pada bayi belum dipastikan siap menerima berbagai macam jenis minuman seperti jus buah misalkan.

Hal ini bisa terjadi karena organ sistem pencernaan pada bayi masih sulit untuk mencerna gula buah atau kandungan fruktosa yang terdapat di semua jenis buah-buahan.

4. Kebiasaan bayi yang sering mengedot

Jika Moms salah satu orangtua yang tidak memberikan ASI pada bayinya atau mengganti ASI dengan cara memberikan susu formula, maka Moms harus dapat memilih botol susu yang memiliki dot berkualitas.

Faktanya di toko-toko masih banyak yang memperjual belikan dot tanpa botol susu. Dengan bertujuan agar bayi dapat mengempeng, padahal hal ini tidak lagi dianjurkan untuk dilakukan oleh seorang ibu terhadap bayinya. Karena hal ini juga dapat memicu terjadinya kembung pada bayi.

Berikut Cara mengatasi bayi kembung

  1. Menjaga makanan yang dikonsumsi oleh Moms
  2. Menjaga makanan yang diberikan ke bayi
  3. Tidak membiasakan bayi untuk meminum minuman selain ASI
  4. Meninggalkan kebiasaan memberikan dot kepada bayi

Berikut Langkah-langkah yang dapat dilakukan Moms saat bayi mengalami kembung

Ada beberapa langkah yang dapat dilakukan Moms saat bayi mengalami kembung, yaitu sebagai berikut.

  1. Posisikan bayi telentang di atas kasur.
  2. Balurkan minyak telon pada bagian perut bayi secukupnya.
  3. Secara perlahan silakan Moms pijat perut bayi dengan gerakan satu arah jarum jam.
  4. Angkat kakinya dan gerakan seperti orang yang sedang mengayuh sepeda.
  5. Kemudian posisikan bayi telungkup di atas paha Moms.
  6. Balurkan minyak telon pada bagian punggung bayi secukupnya.
  7. Silakan Moms lakukan pengusapan pada punggu si bayi secara perlahan-lahan.
  8. Setelah itu susui bayi sebelum ia merasa lapar atau kehausan dengan posisi badan agak tegak.

Kesimpulan

Jika bayi mengalami kembung harap jangan panik. Cukup hanya dengan melakukan beberapa langkah yang ada didalam artikel ini. Namun jika bayi Moms mengalami kembung disertai dengan gejala lainnya seperti bayi suka memuntahkan makanan, maka sebaiknya Moms konsultasikan kepada bidan atau dokter spesialis anak.

Selain itu, bayi yang mengalami kembung juga dapat menjadi pertanda adanya masalah pada sistem pencernaannya. Seperti sulit bab, sulit untuk bak, muntah-muntah, demam tinggi, dan gejala masalah sistem pencernaan lainnya.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tulis komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum Blog Mom and Baby
Buka Komentar