Skip to main content
Mom Baby

follow us

Cara Ampuh Mengatasi Anak yang Mengalami Sembelit

Cara Ampuh Mengatasi Anak yang Mengalami Sembelit - Agar bab anak lancar dan tidak keras, maka diperlukan beberapa cara untuk mengatasinya. Karena jika dibiarkan, maka anak akan merasa tidak nyaman.

Sembelit adalah peristiwa dimana terjadi ketika seseorang mengalami kesulitan untuk melakukan buang air besar dan hal ini bisanya dialami oleh anak-anak yang berusia sekitar dua tahun.

Namun tidak menutup kemungkinan anak yang dibawah usia dua tahun pun bisa mengalaminya.

Penyebab anak bisa mengalami sembelit

Faktor utama penyebab sembelit adalah pola makan yang tidak seimbang. Hal ini bisa terjadi ketika anak mulai diberikan makanan pendamping asi menginjak usia enam bulan.

Jika diantara Moms masih ada yang bertanya, kenapa anak saya mengalami sembelit ya.., padahal anak saya belum diberi mpasi? Mungkin saja faktor makanan yang dikonsumsi bunda selama masa menyusui.

Coba sekarang perhatikan baik-baik, apapun yang kita makan ternyata itu semua diserap oleh anak kita. Jadi, kita diharuskan untuk menjaga pola makan yang seimbang selama dua tahun kedepan atau akhir proses menyusui.

Kurang meminum air putih, kurang memakan makanan jenis serat, kurang olahraga, pola makan tidak sehat, pola hidup tidak sehat, efek samping obat yang dikonsumsi dari dokter. Itu semua faktor penyebab anak mengalami sembelit.

Gejala yang dialami ketika anak sembelit

Gejala yang akan terjadi jika anak mengalami sembelit adalah susah bab, merasakan mulas, perut terlihat besar, menurunnya nafsu makan, rewel, merasa kesakitan, tidak bisa tidur.

Selain itu, perut juga akan mengalami kembung. Jika ditebuk akan terdengar nyaring dan hal ini dikarenakan susahnya buang angin.

Dari gejala-gejala yang dirasakan anak tentu akan membuat orangtua merasa kerepotan dalam menanggapinya. Namun tidak usah khawatir lagi, sesuai dengan judul postingan ini saya akan sedikit berbagi pengalaman mengenai hal tersebut.

Cara ampuh mengatasi sembelit pada anak

Berdasarkan pengalaman yang saya jumpai ketika anak saya susah buang air besar, saya langsung memberinya yakult. Memang jenis minuman yang satu ini cocok untuk mengatasi sembelit untuk semua umur.

Memang benar yakult itu untuk anak susah bab dan ampuh dalam mengatasi masalah sembelit pada anak. Akan tetapi jika kita memberikan anak yakult secara berlebihan tanpa menggunakan dosis atau takaran yang benar, maka anak akan mengalami diare.

Oleh karena itu, berikut saya berikan tips dosis pemberian minuman yakult pada anak yang mengalami sembelit supaya tidak terjadi diare.

  • Jika anak Moms berusia di bawah enam bulan. Artinya belum diberikan makanan pendamping asi, maka yang meminum yakult adalah Moms sehari sebanyak satu kali saja.
  • Jika anak Moms menginjak usia satu tahun, maka dapat diberikan minuman yakult sebanyak 1 sdt., dua hari sekali dan seterusnya.

Demikianlah artikel mengenai cara ampuh mengatasi anak yang mengalami sembelit. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog kecil kami.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tulis komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum MomBaby
Buka Komentar