Kumpulan Resep Pepes Ikan Sederhana Rumahan, Pasti Bikin Kamu Ketagihan

Kumpulan Resep Pepes Ikan Sederhana Rumahan - Pepes dikenal sebagai salah satu cara khas dari masyarakat (Jawa Barat-Indonesia) untuk mengolah makanan dengan mengunakan rempah-rempah alami dan daun pisang sebagai pembungkusnya.

Pada umumnya pepes ini sering digunakan oleh masyarakat untuk mengolah ikan, tapi seiring perkembangan zaman, metode ini dijadikan untuk mengolah macam-macam jenis pepes. Seperti pepes tahu, pepes ayam, pepes asin peda, dan lain-lain.

Namun, pada postingan kali ini kami akan sedikit berbagi mengenai bagaimana cara membuat resep pepes ikan sederhana rumahan yang saat ini tetap saja menjadi menu favorit banyak orang. Penasaran bukan bagaimana cara membuatnya? Silakan simak selengkapnya.

Pada postingan yang saya bagikan ini juga mencakup pembahasan bagaimana cara membuat pepes ikan mas, pepes ikan lele, pepes ikan patin, pepes ikan nila, pepes ikan asin peda, dan aneka jenis pepes ikan lainnya.

Aneka Macam Jenis Pepes Ikan Mas

1. Pepes Ikan Mas Kemangi

Resep pepes ikan mas kemangi ini bisa kamu buat menjadi beberapa porsi sesuai dengan selera atau kebutuhan. Artinya kamu dapat menjadikan satu ikan mas segar menjadi porsi satu pepes atau lebih.

Bahan-bahan

Bahan dan Takaran
Ikan mas segar Daun kemangi
Daun jeruk Jahe secukupnya
Lengkuas secukupnya 5 sdm., kemiri goreng
2 siung bawang merah 2 siuang bawang putih
Gula merah sebanyak 1 sdm. Garam 2 sdm.
1 rimpang kunyit Daun pisang batu

Cara Membuat

» Bersihkan ikan dan potong beberapa bagian sesuai selera

» Haluskan rempah-rempah atau bumbu pada layah batu (kunyit, lengkuas, jahe, kemiri, bawang merah, bawang putih, gula, dan garam).

» Setelah bumbu menjadi halus. Silakan balurkan bumbu pada semua potongan ikan dan diamkan selama 5 menit sebelum dibungkus.

» Kemudian bungkus dengan daun pisang dan jangan lupa untuk memasukkan daun kemangi serta daun jeruk secukupnya.

» Terakhir proses pemanggangan di atas api (gunakan wajan tanpa minyak). Pastikan bahwa api yang digunakan juga tidak terlalu besar.


2. Pepes Ikan Mas Pedas

Membuat resep pepes ikan mas pedas sebenarnya tidak jauh berbeda dengan cara membuat resep pepes ikan biasa. Karena bahan-bahan yang digunakan hanya itu-itu saja, hanya saja ada sedikit penambahan yaitu cabe rawit.

Nah, bagi kamu yang suka makanan yang pedas-pedas tentu sangat direkomendasikan sekali untuk mencoba membuat jenis pepes ikan mas yang satu ini.

Bagaimana penasaran bukan? Yuk, simak selengkapnya.

Bahan-bahan

Bahan dan Takaran
Ikan mas segar yang sudah dibersihkan Cabe rawit sesuai selera
Potongan buah tomat Jahe sebanyak 1/4 ibu jari
Lengkuas sebanyak 1/2 ibu jari 7 sdm., kemiri goreng
3 siung bawang merah 3 siuang bawang putih
Gula merah sebanyak 1 sdt. Garam 1 sdm., penuh
1/2 rimpang kunyit Daun pisang (saran: pisang batu)

Cara Membuat

» Siapkan alat dan bahan-bahan yang akan digunakan untuk memepes ikan mas. Pastikan juga alat masak dalam kondisi bersih dan tidak kotor.

» Haluskan bahan-bahan pepes seperti jahe, kemiri, bawang merah, bawang putih, gula merah, garam, dan kunyit.

» Setelah bahan-bahan menjadi bumbu halus. Silakan balurkan bumbu tersebut ke semua ikan mas yang akan dijadikan pepes ikan.

» Selanjutnya siapkan daun batu, cuci bersih bagian dalam daun lalu letakan ikan di atas daun dan jangan lupa untuk memasukan cabe rawit serta potongan tomat ke dalam perut ikan.

» Setelah itu, tutup semua bagian ikan dengan daun batu dan kunci dengan tusuk kayu.

» Langkah terakhir panggang di atas wajan atau teflon tanpa air. Pastikan bahwa api yang digunakan tidak terlalu besar.

» Setelah daun pepes ikan pedas terlihat agak kering, silakan angkat dan hidangkan dengan nasi putih selagi hangat.


3. Pepes Ikan Mas Betawi

Resep pepes ikan mas betawi tentu tidak aneh lagi dikalangan orang-orang betawi, pasalnya makanan ini menjadi menu favorit masyarakat di sana yang memiliki rasa lezat dan nikmat.

Ditambah lagi kalau disajikannya bersama dengan nasi hangat, rasanya tentu bertambah nikmat dan pasti bikin kamu ketagihan.

Penasaran bagaimana cara membuat resep pepes ikan mas betawi ini? Silakan simak selengkapnya.

Bahan-bahan

Bahan yang diperlukan
Ikan mas segar ukuran besar Air perasan jeruk nipis sebanyak 3 sdm.
Garam dapur secukupnya Bawang merah
Bawang putih Kunyit
Lengkuas Jahe
Daun kemangi Gula pasir
Ragi instan -
Batang serai Daun salam
Daun bawang Cabe rawit sesuai selera
Tusuk lidi Daun pisang batu (bisa diganti dengan yang lain)

Cara Membuat

» Bersihkan ikan mas mulai dari sisik sampai dengan kotorannya. Setelah itu, berikan air perasan jeruk nipis dan diamkan beberapa menit.

» Sementara itu, haluskan bahan-bahan pada cobek besar. bahan yang dihaluskan adalah bawang merah, putih, garam, kunyit, lengkuas, jahe, daun kemangi, gula pasir, dan ragi instan.

» Untuk batang serai cukup dengan dipotong beberapa bagian saja.

» Selanjutnya siapkan daun pisang batu sebanyak dua lembar sedang. Bersihkan bagian dalamnya dan kemudian letakan ikan yang sudah dibaluri dengan bumbu halus.

» Supaya bumbu meresap kedalam ikan, masukkan bumbu halus kedalam isi perut ikan. Jika kamu suka pedas, tambahkan juga cabai rawit kedalamnya.

» Setelah itu beri daun salam dan lumari bagian luar ikan dengan sedikit bumbu halus, setelah itu barulah digulung dan dikunci dengan tusuk lidi pada setiap ujung daun.

» Terakhir kukus selama 15 menit kemudian panggang di atas bara api atau bisa menggunakan wajan tanpa minya. Setelah terasa harum, angkat dan hidangkan selagi masih hanyat.


4. Pepes Ikan Mas Presto

Cara membuat resep pepes ikan mas presto sebenarnya bahan-bahannya sama dengan pepes ikan pada umumnya. Namun yang menjadi perbedaan adalah cara pengolahannya.

Cara pengolahan resep pepes ikan mas presto ini tentu memerlukan panci presto supaya mendapat hasil yang maksimal sehingga tulangnya pun bisa dimakan karena lunak.

Porsi pepes ikan mas presto ini bisa dibuat menjadi banyak, yaitu dengan cara memotong beberapa bagian ikan mas sebelum dibalurkan dengan bumbu-bumbu yang sudah dihaluskan.

Penasaran bukan bagaimana cara membuatnya? Simak selengkapnya dan jangan sampai gagal fokus.

Bahan-bahan

Bahan dan Takaran
Ikan mas yang masih segar Batang Serai ukuran sedang
Daun bawang Cabe rawit
Jeruk nipis Daun salam
Daun kemangi Gula pasir secukupnya
Garam dapur sesuai selera Daun pisang batu

Bahan-bahan yang dihaluskan

Bahan dan Takaran
Bawang merah Bawang putih
Lengkuas Jahe
Kunyit -

Cara Membuat

» Bersihkan ikan mulai dari sisik dan kotoran yang ada di dalam perut ikan.

» Setelah ikan bersih, taburkan garam secukupnya dan campur dengan air jeruk nipis kemudian diamkan selama 15 menit.

» Selanjutnya siapkan bahan yang sudah dihaluskan lalu balur bagian ikan dengan bumbu atau semua bahan-bahan. Mulai dari daun salam, cabe rawit, batang serai, dan daun kemangi pada daun pisang batu yang sudah dibersihkan. Gulung dengan daun, pastikan tidak ada bumbu yang keluar.

» Jangan lupa untuk isi juga bagian dalam ikan dengan bahan-bahan yang sudah dihaluskan supaya rasanya benar-benar meresap kedalam dagingnya.

» Siapkan air dalam panci presto dan masukkan satu persatu pepes ikan mas yang sudah dibuat. Tutup rapat dan diamkan di atas api kurang lebih selama 30 menit.

» Setelah itu angkat pepes ikan mas dan panggang di atas bara api.

» Terakhir hidangkan dengan makanan utama kamu seperti nasi, lontong, dan lain-lain.

Demikian beberapa resep ikan sederhana rumahan yang dapat kami bagikan. Selamat mencoba dan semoga postingan artikel ini dapat bermanfaat, terima kasih telah berkunjung di blog resep masak Suarna.

Posting Komentar untuk "Kumpulan Resep Pepes Ikan Sederhana Rumahan, Pasti Bikin Kamu Ketagihan"