Skip to main content
Mom Baby

follow us

Makanan dan Minuman yang Boleh dan Tidak Boleh Dikonsumsi Ibu Hamil Muda

Makanan dan minuman yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi ibu hamil muda merupakan salah satu upaya Moms yang wajib diketahui sehingga Bunda tidak mengalami masalah pada saat berada di dalam masa kehamilan.

Faktanya banyak ibu hamil yang mengeluh dikarenakan sakit seperti diare, sembelit, masuk angin dan sakit lainnya. Ini tidak lain penyebab utama terjadinya hal tersebut ialah dari faktor makanan dan minuman yang dikonsumsi Bumil itu sendiri.

Terutama bagi mereka yang sedang hamil muda, tentu makanan dan minuman harus dapat dijaga agar tidak sembarangan dalam memilih makanan dan minuman yang akan dikonsumsinya.

Oleh karena itu kebiasaan-kebiasaan mengkonsumsi jenis makanan dan minuman yang tidak baik harus dijaga terutama bagi mereka yang sedang hamil muda. Berikut adalah makanan yang harus dimakan saat hamil muda.

Makanan yang Boleh Dikonsumsi Ibu Hamil Muda

1. Makanan olahan sendiri

Mengonsumsi makanan dari hasil olahan sendiri merupakan pilihan utama yang patut dicoba bagi kalangan ibu hamil, terutama pada masa kehamilan muda sampai dengan persalinan.

Pasalnya, makanan yang dapat diolah sendiri dapat dikontrol dan terhindar dari bahan-bahan penyedap buatan. Moms juga dapat mengolah makanan sendiri yang bahan dasarnya dari bahan-bahan alami.

2. Meminum Susu Segar

Minuman ibu hamil muda yang disarankan untuk ibu hamil muda adalah susu segar. susu yang bagus untuk ibu hamil muda dapat memenuhi kebutuhan nutrisi Moms dan janin yang masih dalam kandungan. pasalnya, nutrisi untuk janin ini ditemukan juga dalam kandunan susu.

Karena nutrisi untuk ibu hamil trimester 1 ini harus terpenuhi, maka Moms harus dapat meminum susu. Jika Moms tidak begitu menyukai susu, maka tidak ada salahnya untuk mensatukannya dengan makanan lainnya yang disukai.

3. Mengonsumsi Buah-buahan

Aneka jenis buah-buahan yang segar juga merupakan salah satu jenis makanan yang sehat dan kaya akan vitamin. Apalagi vitamin tersebut adalah vitamin untuk ibu hamil muda yang bagus tentunya buat kesehatan.

Perlu Moms ketahui bahwa buah yang dianjurkan untuk ibu hamil muda adalah buah anggur. Selain kaya akan antioksidan anggur juga dapat merangsang pertumbuhan syaraf pusat pada perkembangan janin yang masih berada di dalam kandungan.

Selain buah anggur, ternyata alpukat juga termasuk jenis buah yang baik dikonsumsi ibu hamil muda. Karena buah ini kaya akan kandungan asam folat, maka berperan penting dalam perkembangan tabung saraf bayi.

Oleh karena itu, jika ibu hamil mengonsumsi buah alpukat secara rutin, maka dapat dipastikan kebutuhan asam folatnya terpenuhi dan juga tidak akan mengalami risiko cacat tabung saraf pada bayinya.

Selain itu, buah yang bagus buat ibu hamil muda juga mudah ditemukan dimana saja baik di pasar supermarket ataupun di tempat umum seperti pinggir jalan yang biasa orang menjual aneka jenis buah.

Kemudian Moms juga harus dapat memilih buah yang bagus dikonsumsi ibu hamil muda dan memang rata-rata ibu hamil muda itu sering mual dan terasa mau muntah. Nah, buah untuk ibu hamil muda agar tidak mual yang cocok untuk dikonsumsi saat mengalami hal tersebut adalah buah jeruk.

Disisi lain Bunda juga arus dapat memperhatikan jenis buah yang tidak boleh dimakan ibu hamil muda, yaitu seperti buah pepaya yang masih muda atau setengah matang.

Kenapa buah pepaya yang setengah matang ini tergolong buah yang dilarang untuk ibu hamil muda. Faktanya, buah tersebut tinggi akan kandungan lateks yang dapat memicu terjadinya kontraksi, terutama pada masa kehamilan muda.

Untuk jenis makanan lannya yang boleh dikonsumsi dan tidak boleh dikonsumsi, silakan Moms cari dari berbagai sumber yang dapat dipercaya dan jangan lupa untuk selalu berkonsultasi ke bidan atau dokter jika ditemukan gejala yang tidak normal.

4. Mengonsumsi salad buah dan sayuran

Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Ibu Hamil Muda

Selain mengonsumsi minuman dan makanan yang dianjurkan saat hamil muda, rasanya kurang afdhal jika artikel ini tidak membahas beberapa minuman dan makanan yang tidak boleh dkonsumsi oleh Bumil muda. Nah, berikut makanan yang dilarang saat hamil muda.

1. Makanan siap saji

2. Makanan yang terlalu ekstrem

3. Minuman yang bersoda

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tulis komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum MomBaby
Buka Komentar