Skip to main content
Mom Baby

follow us

Ibu Hamil Makan Pedas, Boleh atau Tidak ya Dok? Simak Selengkapnya

Bolehkah ibu hamil makan pedas?, munkin demikianlah pertanyaan yang selalu ingin kita tanyakan kepada ahlinya, memang belakangan ini banyak terdapat isu yang tidak jelas mengenai tidak bolehnya memakan makanan pedas bagi ibu hamil, karena alasan tidak jelas juga kebenarannya.

Makanan pedas biasanya berhubungan erat dengan buah cabai, walaupun bukan hanya cabai saja yang pedas itu tapi seperti jahe, lada, dan lain sebagainya, memang makanan pedas ini termasuk makanan yang dapat menggugah selera makan seseorang dalam kata lain menambah nafsu makan.

Tidak sedikit artikel yang banyak membahas akan bahayanya mengonsumsi makanan pedas bagi ibu hamil, akan tetapi itu semua muncul dari pola pikirannya sendiri tanpa didasari informasi yang akurat.

Namun jika Moms kurang yakin akan hal tersebut, maka lebih baik tanyakan langsung ke dokter spesialis kandungan agar Moms mendapat jawaban yang benarnya, tapi sebelum di tanyakan paling tidak Moms sudah dapat jawabannya dari artikel ini, sebab artikel ini berdasarkan pengalaman saya mengenai ibu hamil makan pedas, boleh atau tidak ya dok?.

Jadi, setelah selesai membaca postingan ini diharapkan Moms tidak perlu khawatir lagi terkait isu yang mucul di masyarakat awam, ya paling tidak untuk tidak serius dalam menanggapi ocehan orang-orang diluar rumah kalau makan pedas bagi ibu hamil itu tidak boleh.

Ibu Hamil Makan Pedas, Boleh atau Tidak ya Dok?

Memang benar ibu hamil itu harus dapat memilah makanan dan minuman yang akan dikonsumsinya, artinya tidak sembarangan mengonsumsi makanan yang mengandung zat-zat berbahaya, maka dari itu bumil harus dapat memilih makanan yang dapat memenuhi gizi sempurna.

Hal ini tidak termasuk makanan pedas, makanan pedas yang dapat diperoleh dari bahan-bahan seperti cabai, lada, dan bumbu makanan lainnya sebenarnya dibolehkan untuk dikonsumsi ibu hamil, dan ini tidak berbahaya yang dapat mempengaruhi pertumbuhan janin.

Maka tidak benar jika ada yang beranggapan ibu hamil yang suka makan pedas akan mengalami keguguran atau anaknya mengalami cacat fisik dan mental, hal ini tidaklah benar, karena tidak ada bukti penelitian yang jelas.

Mungkin yang lebih tepatnya adalah jangan terlalu berlebihan dalam mengonsumsi makanan pedas, sebab segala sesuatu yang berlebhan itu tidak baik juga kan, dan tentu ada efek sampingnya, jadi yang perlu dihindari adalah tidak terlalu berlebihan dalam mengonsumsi makanan pedas, selain itu bumil juga disarankan untuk meminum susu setelah memakan makanan pedas.

Pengalaman Makan Pedas Saat Hamil

Dulu sebelum saya tahu bahwa ibu hamil boleh makan pedas, saya paling anti makan pedas karena dengar dari nasehat orang-orang awan, tentu saya penasaran dan mencoba langsung menanyakan kepada dokter kandungan, ya sekaligus waktu pengontrolan masa kehamilan saya.

Ternyata jawaban dari dokter tidak sama seperti nasehat orang awam, justru dari dokter memperbolehkannya namun jangan terlalu berlebihan dan hanya sekedar menjadi penambah napsu makan, mungkin ini adalah bagian pengalaman makan pedas saat hamil yang pernah saya alami, bahwa ibu hamil itu boleh mengonsumsi jenis makanan pedas.

Mitos Makan Pedas Saat Hamil

Berikut ini adalah beberapa mitos makan pedas saat hamil yang kerap menjadi perbinjangan orang-orang awam.

  • Ibu hamil makan pedas akan berdampak buruk pada janin yang ada dalam kandungannya.
  • Mengonsumsi jenis makanan pedas akan menyebabkan keguguran.
  • Makan pedas akan menyebabkan lahir belum pada waktunya juga mengalami cacat fisik pada bayi.
  • Makan makanan pedas akan mengakibatkan persalinan tidak normal.
  • Makan makanan pedas akan mengakibatkan bumil sakit perut.

Kesimpulannya, jika moms mendapatkan nasihat orang-orang seperti ada kaitannya dengan hal di atas atau diluar daripada itu, maka menanggapinya jangan terlalu serius, karena jika serius dalam menanggapinya maka akan terjadi pikiran dan akan mempengaruhi perkembangan janin.

Dengan demikian bumil harus dapat menjaga makanan yang mengandung banyak gizi dan dapat memenuhi kebutuhan gizi seimbang sehingga pada saat proses persalinan normal dan tepat pada waktunya.

Manfaat Makan Pedas untuk Ibu Hamil

Dibalik pertanyaan ibu hamil makan pedas boleh atau tidak?, ternyata terdapat beberapa manfaat, nah manfaat makan pedas untuk ibu hamil itu sendiri salah satunya penambah napsu makan.

Jika anda menyukai makanan pedas tentu akan mengatakan bahwa makanan pedas itu sebagai penggugah selera makan atau dapat dikatakan penambah napsu makan, nah itulah salah satu manfaat dari makan pedas.

Tips dan Saran Ibu Hamil Makan Pedas

Sebaiknya bahan-bahan yang akan diolah menjadi menu pendamping, seperti sambal atau lain sebagainya terlebih dahulu dicuci sampai bersih.

Jika makanan pedas itu diperoleh dari bahan produk yang berbentuk kemasan, maka alangkah baiknya untuk melihat bahan-bahan yang ada didalam komposisinya juga perhatikan juga masa kedaluwarsanya.

Jika ibu hamil makan pedas, baik itu berupa makanan kemasan ataupun dari bahan alami olahan sendiri, maka setelah makan pedas diharapkan untuk meminum susu, karena hal ini sangat membantu sekali dalam menurunkan rasa pedasnya.

Kemudian lakukan pemeriksaan atau hubungi dokter spesalis kandungan, jika bunda mengalami sakit perut secara tidak wajar.

Demikian artikel postingan ini dibuat sebagai pengetahuan dan semoga dapat bermanfaat, selanjutnya baca juga artikel mengenai makanan gizi seimbang untuk ibu hamil sehingga anda mengetahui makanan yang disarankan untuk dikonsumsi.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tulis komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum MomBaby
Buka Komentar