Skip to main content
MOM AND BABY

follow us

Mitos Seputar Kehamilan yang Beredar Luas di Masyarakat Awam

Mitos Seputar Kehamilan - Mitos merupakan jenis cerita yang kerap dihubungkan dengan kejadian zaman dahulu dan umumnya mengandung hal gaib atau mistis. Ada juga beberapa mitos di daerah yang dipercayai oleh masyarakatnya. Walaupun sebenarnya, mitos ini pada umumnya tidak dapat dipastikan kebenarannya tetap saja diyakini banyak masyarakat awam yang dangkal pengetahuan.

Mitos ini bukan hanya di Indonesia saja melainkan di berbagai penjuru dunia pun masih ada yang menyakini adanya hal mistis itu. Biasanya beberapa jenis mitos ini dikisahkan turun temurun. Jadi, yang perlu diingat ialah hal mitos tidak seutuhnya benar sampai anda tidak dapat meyakini kebenarannya.

Sesudah anda dipastikan hamil, pada umumnya orang yang ada disekitarmu memberikan saran yang aneh kedengarannya seperti halnya ibu hamil untuk tidak mengkonsumsi jenis minuman atau makanan tertentu, membatasi aktivitas harian, dan lain-lain.

Memang saat ini sudah mulai banyak mitos kehamilan yang tersebar di beberapa masyarakat awan dan ini cukup banyak orang-orang yang meyakininya bahwa mitos itu ialah betul atau benar terjadi walaupun sebenarnya, beberapa dari mitos itu yang tidak bisa dibuktikan kebenarannya.

Mitos Seputar Kehamilan yang Kerap Beredar Luas di Kalangan Masyarakat Awam

Di bawah ini adalah beberapa mitos seputar kehamilan yang kerap beredar luas di kalangan masyarakat awam dan berikut dengan penjelasan menurut pada medis.

1. Berhubungan intim

Beberapa bumil meyakini bahwa ia tidak boleh berhubungan dengan pasangan saat sedang hamil. Hal ini diketahui bahwa ada asumsi atau anggapan jika melakukan hubungan intim pada saat sedang dalam kondisi hamil dapat mengakibatkan sakit pada janin dan dapat mengakibatkan keguguran di masa kehamilan.

Perlu anda sadari bahwa informasi seperti itu tidaklah benar dan ini hanya mitos yang belum tentu terjadi kebenarannya. Ingat Moms, selama kehamilan bunda sehat dan normal, anda masih dapat melakukan hubungan intim dengan pasangan. Sebab Janin yang ada didalam kandungan sepenuhnya dilindungi oleh kantung cairan ketuban, otot kandungan, dan dinding rahim. Maka dari itu, keguguran yang diakibatkan hubungan intim itu tidak ada hubungannya sama sekali. Artinya mayoritas terjadinya keguguran itu dikarena janin dalam rahim tidak berkembang baik.

2. Berolahraga

Pada poin kedua ini, tentu isu ini sudah beredar luas di kalangan masyarakat awan dan kebanyakan ibu hamil itu pempercayainya tanpa didasari dengan pengetahuan medis. Padahal ketika anda sedang berada dimasa kehamilan, sebenarnya masih dapat melakukan aktivitas olahraga. Bahkan kegiatan olahraga ini sangat disarankan oleh ahli medis dikarenakan memiliki banyak manfaat pada kesehatan bumil dan janin yang ada di dalam kandungan.

Tetapi jenis olahraga apa yang disarankan?. Yaitu jenis olahraga yang tidak berlebihan dan terlampau berat, terlebih lagi jika sampai kecapekan dan dehidrasi itu sangat tidak disarankan.

Ingat moms. aktivitas olahraga dalam waktu 20-30 menit yang dilakukan sekitar 3 sampai 4 kali dalam satu minggu dapat memberikan manfaat cukup bagus untuk pertumbuhan dan perkembangan janin dan ibunya. Nah, dari beberapa pilihan yang ada ternyata olahraga yang dapat dilakukan pleh ibu hamil itu adalah senam hamil, latihan Kegel, berenang, jalan kaki, yoga, dan pilates untuk bumil.

3. Gambaran bentuk perut bumil

Kemungkinan anda kerap dengar asumsi perut yang kelihatan meninggi itu mengisyaratkan si kecil wanita. Kebalikannya, perut turun ke bawah jadi tanda si kecil lelaki, walau sebenarnya menebak jenis kelamin janin itu sebagai sesuatu yang dapat membahagiakan ibu yang sedang hamil. Akan tetapi asumsi atau anggapan seperti itu hanya bagian dari mitos saja.

Kenyataannya, gambaran bentuk perut bumil ini tergantung pada kemampuan otot perut dalam mempertahankan janin dalam masa pertumbuhannya. Oleh karena itu, sangatlah tidak ada hubungannya gambaran bentuk perut bumil terhadap jenis kelamin pada janin yang sedang dikandung.

Nah, bunda juga tahu bahwa langkah untuk mengetahui jenis kelamin pada janin secara pasti adalah melalui USG kehamilan yang biasanya akan diketahui pada minggu ke-18 hingga minggu ke-20 atau lebih daripada itu.

Pengecekan USG ini bisanya dilakukan pada saat bumil melakukan pemeriksaan kehamilan secara rutin pada dokter spesialis kandungan. Selain itu, dokter biasanya akan memberikan saran dan tip untuk bunda selama proses kehamilan.

4. Makan dengan jatah 2 kali lipat

Moms barangkali sempat mendengar jika wanita hamil harus konsumsi makanan sekitar dua jatah, untuk dirinya dan untuk janin dalam kandungannya. Memang betul jika wanita hamil itu sangat membutuhkan gizi dan kalori sebanyak mungkin, namun tidak mengharuskan anda untuk melahap banyak makanan dengan jatah sekitar 2 kali lipat dari biasanya.

Jika bunda mempunyai berat tubuh yang ideal, maka bunda cukup memerlukan tambahan 300 kkal dalam setiap harinya. Mengonsumsi makanan dengan jumlah kalori tersebut sebenarnya sudah lebih dari cukup untuk menunjang perkembangan janin dalam kandungan. Jadi, anda tidak perlu membatasi bahkan sampai menambahkan jatah makanan yang akan dimakan untuk memenuhi keperluan nutrisi pada saat masa kehamilan.

5. Meminum kopi

Buat kamu pecinta kopi, larangan ini pastinya menyiksa. Sebenarnya, meminum kopi pada saat hamil itu tidak ada masalah dan larangan dari pihak medis, selagi anda mengetahui batasan atau takarannya. Disisi lain perlu diingat bahwa mengonsumsi kafein pada umumnya dapat meningkatkan risiko keguguran dan akan berpengaruh pada berat normal bayi. Oleh karena itu, boleh mengonsumsi kopi asalkan jangan lebih dari 200 mg tiap hari.

Baca juga: 

Menyikapi Seputar Mitos Kehamilan

Terkait penjelasan dari beberapa poin mengenai mitos seputar kehamilan, sebenarnya masih banyak lagi yang belum dituliskan pada postingan ini. Dan saya tidak akan membahasnya secara menyeluruh dan yang jelas cara menyikapinya adalah sama. Nah, berikut ini beberapa cara menyikapi mitos seputar kehamilan yang kerap beredar luas di kalangan masyarakat awam. 

Cara menyikapi mitos seputar kehamilan

Apa yang sebaiknya dilakukan oleh masyarakat agar tidak meyakini begitu saja pada mitos? Dalam mencari banyak informasi terkait kehamilan yang diperoleh dari sumber yang ada baik langsung maupun tidak langsung, maka kita jangan sampai langsung meyakininya. Terlebih lagi jikalau informasi itu tiketahui sangat tidak masuk akal dan ditambah lagi tidak jelas sumbernya dari mana.

Sebagai jawaban yang paling umum untuk menyikapi mitos seputar kehamilan yang kerap diyakini oleh masyarakat awan ini adalah salah satunya dengan cara:

1. Memperkokoh keimanan

Memperkokoh keiman dengan dengan cara mendekatkan diri kepada sang Maha Kuasa merupakan bentuk upaya kita dalam menyikapi mitos-mitos yang ada di kalangan masyarakat tertentu dan agar kita tidak langsung mempercayainya, maka kita mesti mencari sumber yang dapat di percaya misalkan dengan bertanya kepada para ulama maupun pada dokter spesialis kandungan.

2. Berpikir positif

Selain memperkokoh keimanan Moms juga harus dapat berupaya agar selalu berpikir positif terhadap hal-hal mistis atau mitos yang kemungkinan akan dapat mempengaruhi gangguan mental setiap orang. Nah, disinilah pentingnya kita berpikir positif agar kita tidak mudah dipengaruhi oleh ucapan orang-orang yang memang tidak memiliki ilmu pengetahuan tentang medis.

3. Percaya diri atau PD

Selain berpikir positif kita juga diminta untuk selalu percaya pada diri sendiri, maka dari itu anda harus dapat mencari informasi langsung pada sumber yang dapat dipercaya atau anda bisa menanyakannya langsung ke dokter spesialis kandungan. Nah, disinilah anda akan merasa percaya diri terhadap ucapan orang-orang yang mistis dan kemungkinan besarnya anda tidak mudah langsung percaya pada hal-hal mitos lainnya.

4. Menghargai saran orang lain

Bukan hanya orang-orang yang berada di lingkungan luar, di keluarga kita terkadang ada yang masih mempercayai hal-hal mistis. Katakanlah orang tua kita, yang terkadang melarang kita untuk tidak melakukan aktivitas olahraga, jangan memakan makanan yang pedas, tidak boleh keluar saat gerhana terjadi, suami tidak boleh memotong hewan, tidak boleh berangkat perjalanan di hari ini itu, dan lain sebagainya.

Kita tahu mereka adalah orang tua kita dan yang membimbing kita serta yang membesarkan kita menjadi dewasa, maka paling tidak kita menghargai apa yang disarankannya tanpa harus berdebat. Artinya, sikap anda cukup menerima dengan mengiakan saran dari orang tua tanpa harus meyakininya dan jangan lupa untuk selalu bersandar kepada sang Maha Kuasa.

Hukum percaya mitos seputar kehamilan dalam islam

Hukum percaya pada mitos seputar kehamilan dalam islam, sebenarnya lebih condong pada masalah keimanan seseorang yang dibahas di dalam kitab ilmu tauhid dan ini artinya lebih besar akibatnya jika kita meyakini mitos yang ada di kalangan masyarakat awam.

Seandainya anda meyakini semua mitos yang ada di kalangan masyarakat awam, tentu ini sudah masuk ke dalam musyrik kecil yaitu bersandar kepada ketentuan yang belum pati kebenarannya. Bahkan sampai ada yang mengaitkan kejadian mitos dengan peristiwa yang telah dialami sehingga sangat riskan timbulnya perpecahan dan salah paham antara satu sama lain.

Pertanyaan Umum Seputar Kehamilan

Bila saya melakukan hubungan intim di bulan kesembilan, apa dokter atau bidan yang tangani saya akan ketahui hal itu?

Answer

Sudah pasti tidak! Sekalinya umur kandungan Kamu mencapai 9 bulan. Tapi bila kehamilan Kamu alami abnormalitas seperti letak plasenta ada di bawah atau sempat alami kontraksi awal, seharusnya Kamu tidak lakukan jalinan intim. Kandungan sperma yang namanya prostagladin bisa memunculkan kontraksi, terutamanya pada ibu-ibu yang peka yang mengandung sperma itu.

Bila perut saya mulas seperti akan bab, apa itu tanda si kecil saya akan selekasnya lahir?

Answer

Belum pasti! Sakit bab dan sakit saat akan melahirkan sudah pasti beda. Rasa mulas saat melahirkan umumnya berjalan secara progresif dan berjalan tiap 10 menit sekali dibarengi dengan darah dan lendir. Rasa ngilu sebelumnya akan berasa di bagian atas perut selanjutnya menyebar ke sisi bawah perut, bahkan juga ke bawah belakang pinggang dan punggung.

Puting saya berasa keras dan lebam. Apa yang terjadi dengan payudara saya?

Answer


Keadaan ini sebagai hal yang wajar. Payudara sudah membesar di bulan ke-3 . Itu semua karena proses hormonal estrogen dan progesteron mulai bertambah dan automatis akan membesarkan kelenjar payudara. Kamu dapat mengompresnya sama air hangat untuk kurangi rasa sakit. Semua merasa sakit itu akan lenyap selesai melahirkan.
Wilayah vagina saya berasa basah dan lembap. Apa itu baik saja?

Answer


Ini ialah hal yang wajar. Cairan vagina bunda hamil memang semakin banyak dari bunda yang tidak hamil. Terkecuali cairan itu berasa gatal, berwarna kuning kehijauan, dan berbau, bisa saja cairan itu terkena bakteri. Tanyakan ini ke dokter untuk dilakukan tindakan. Janganlah lupa untuk jaga kebersihan vagina dengan menukar pantyliner minimal 2x sehari.
Mengapa saya tidak dapat stop buang angin? Ini benar-benar malu-maluin!

Answer


Tidak ada yang penting dicemaskan karena hanya buang angin. Sendawa dan buang angin ialah keluh kesah yang tersering sepanjang kehamilan. Ini muncul karena usus merenggang dan Kamu akan berasa kembung dan tidak nyaman. Seharusnya jauhi makanan yang mengakibatkan banyak gas seperti jagung, bawang merah, dan permen.
Mengapa ASI saya telah berproduksi, walau sebenarnya si kecil saya belum lahir?

Answer


Tenang saja, ini hal yang wajar. Umumnya ini terjadi pada bunda hamil yang mempunyai hormon prolaktin lumayan banyak hingga bisa menghasilkan ASI pada umur kandungan mencapai bulan ketujuh sampai bulan ke-9. Untuk Kamu yang telah menghasilkan ASI lebih dulu, pakai breast pad supaya ASI tidak tembus pada baju.
Mengapa saya menjadi lebih kerap berliur?

Answer


Sebetulnya pokok masalahnya ialah kenaikan hormon kehamilan seperti produksi asam lambung bertambah dan produksi kelenjar liur berlebih. Dan ini tidak ada pada tiap bunda hamil. Umumnya dokter akan memberinya obat untuk kurangi produksi asam lambung. Supaya Kamu jarang berliur, sering-seringlah kunyah permen dan meminum minuman manis.
Mengapa keringat saya keluar semakin banyak?

Answer


Pada bunda hamil, metabolisme badan sedang meningkat. Bila Kamu sedang hamil besar, automatis beban Kamu akan semakin bertambah dan Kamu akan berasa gampang lelah. Dampaknya, Kamu seringkali berkeringat. Seharusnya meminum juice buah fresh atau air putih minimal delapan gelas sehari.
Mengapa saya kerap mengorok saat tidur?

Answer


Karena berat tubuh Kamu semakin meningkat, automatis tekanan kandungan pada diafragma makin mengecil. Bila badan sang bunda membesar, automatis ia akan gampang mengorok saat tidur. Kamu tidak perlu cemas karena rutinitas ini akan stop selesai melahirkan.
Semua badan saya banyak bulu. Saya seperti werewolf!

Answer


Ada peralihan hormonal mengakibatkan tumbuh rambut semakin banyak yang kadang tumbuh di lokasi yang tidak diharapkan seperti pada perut dan muka. Bukan hanya rambut saja yang tumbuh secara cepat, kuku Kamu juga semakin lebih cepat tumbuh. Rambut yang tumbuh di wilayah tertentu, akan lenyap sendirinya sesudah si kecil Kamu lahir.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tulis komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum
Buka Komentar