Skip to main content
MOM AND BABY

follow us

Program Hamil Untuk Haid Tidak Teratur

Daftar Isi:

Program Hamil Untuk Haid Tidak Teratur - Program hamil adalah sederet upaya yang dilakukan pasangan untuk mempercepat terjadinya proses kehamilan. Tak perlu menunggu bertahun-tahun untuk mulai melakukan program hamil ini, Karena sekarang program hamil bisa dilakukan secara alami maupun secara buatan.

Nah, Supaya program hamil yang akan dijalani berjalan dengan sukses, ada upaya yang mesti dilakukan dari luar maupun dari dalam tubuh. Contohnya, Anda harus memperhatikan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh karena kesehatan sel telur perempuan juga ditentukan oleh makanan yang dikonsumsi.

Lalu apa bisa hamil bagi wanita yang mengalami haid tidak teratur? Baik, Pada postingan kali ini akan membahas tentang program hamil untuk wanita yang haidnya tidak teratur. Namun, Alangkah baiknya jika anda ketahui terlebih dahulu mengenai apa saja yang menjadi penyebab tidak teraturnya haid atau menstruasi.

Beikut Beberapa Penyebab Menstruasi Tidak Lancar

Ada beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab menstruasi tidak lancar atau tidak teratur, antara lain:

1. Masa Menopause

Menjelang menopause umumnya menstruasi bisa menjadi tidak lancar. Hal ini karena produksi hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh menjadi tidak teratur.

Menopause adalah fase berhentinya menstruasi pada wanita. Wanita memiliki tanda atau gejala yang berbeda-beda terkait fase atau usia menopause. Hal ini disebabkan karena perbedaan kadar estrogen dalam tubuh wanita. Biasanya menopause ini berakhirnya siklus menstruasi secara alami, yang biasanya terjadi saat wanita memasuki usia 45 hingga 55 tahun.

2. Terjadi Kehamilan

Kehamilan umumnya ditandai dengan terhentinya menstruasi. Bila Anda mengalaminya, cobalah periksakan diri ke dokter untuk memastikan apakah Anda hamil atau tidak. Dokter biasanya akan merekomendasikan tes kehamilan dan USG.

Tanda dan gejala kehamilan lain yang tidak terlalu jelas juga mungkin Anda alami selama trimester pertama, namun hal tersebut bisa menjadi cara mengetahui kehamilan pada diri Anda. Hal itu meliputi:

  • Kondisi murung
Membanjirnya hormon dalam tubuh Anda di awal kehamilan dapat membuat Anda luar biasa emosional dan menangis. Perubahan suasana hati juga biasa terjadi.
  • Kondisi perut kembung
Perubahan hormon selama awal kehamilan dapat menyebabkan Anda merasa kembung, mirip dengan apa yang mungkin Anda rasakan pada awal periode menstruasi.
  • Terdapat bercak ringan
Terkadang, keluarnya sedikit bercak ringan adalah salah satu tanda awal kehamilan. Dikenal sebagai pendarahan implantasi, itu terjadi ketika sel telur yang dibuahi menempel pada lapisan rahim-sekitar 10 hingga 14 hari setelah pembuahan. Pendarahan implantasi terjadi sekitar waktu periode menstruasi. Namun, tidak semua wanita mengalaminya.
  • Sering kram
Beberapa wanita akan mengalami kram rahim ringan di awal kehamilan.
  • Mengalami sembelit
Perubahan hormon menyebabkan sistem pencernaan Anda melambat, yang dapat menyebabkan sembelit.
  • Ditandai dengan nafsu makan sensitif
Saat Anda hamil, Anda mungkin menjadi lebih sensitif terhadap bau tertentu dan indra perasa Anda mungkin berubah. Seperti kebanyakan gejala kehamilan lainnya, preferensi makanan ini dapat dihubungkan dengan perubahan hormon.
  • Mengalami hidung tersumbat
Peningkatan kadar hormon dan produksi darah dapat menyebabkan selaput lendir di hidung Anda membengkak, mengering dan berdarah dengan mudah. Ini mungkin menyebabkan Anda memiliki hidung tersumbat atau berair.

3. Alat konstrasepsi

Penggunaan alat kontrasepsi, seperti IUD (spiral) atau pil KB, memang bisa menyebabkan perubahan pada siklus menstruasi. IUD bisa menyebabkan darah yang keluar lebih banyak dari biasanya atau nyeri perut pada saat menstruasi.

Sementara itu, penggunaan pil KB bisa menyebabkan sedikitnya darah menstruasi yang keluar, terutama di awal masa penggunaan, atau bahkan tidak mengalami menstruasi sama sekali hingga 6 bulan.

4. Pola hidup

Menstruasi tidak lancar dapat disebabkan oleh aktivitas olahraga yang berlebihan, penurunan berat badan secara drastis karena diet, atau berat badan berlebih (obesitas). Hal-hal tersebut dapat menyebabkan hipogonadisme atau berkurangnya hormon reproduksi yang bertugas untuk mengatur siklus menstruasi. Selain itu, stres juga bisa memengaruhi siklus menstruasi Anda.

5. Sindrom ovarium polikistik (PCOS)

Sindrom ovarium polikistik (PCOS) adalah kelainan hormonal yang terjadi pada wanita. Wanita dengan PCOS dapat mengalami periode menstruasi yang sangat jarang atau justru berkepanjangan.

Ketidaknormalan juga terjadi kepada proses pelepasan sel telur yang menyebabkan wanita penderita PCOS tidak mengalami menstruasi atau mengalami menstruasi, tetapi darah yang keluar hanya sedikit.

6. Masalah pada tiroid

Kelenjar tiroid terdapat di bagian leher dan berfungsi untuk memproduksi hormon yang mengatur metabolisme tubuh. Jika kelenjar tiroid bermasalah, menstruasi pun juga akan terpengaruh. Konsultasikan hal ini ke dokter agar dilakukan tes darah guna melihat kadar hormon tiroid dalam darah Anda.

Selain itu, menstruasi tidak lancar juga dapat disebabkan oleh gangguan makan, konsumsi obat-obatan tertentu, tingginya kadar prolaktin dalam darah, hingga penyakit diabetes yang tidak terkontrol.

Kamu dapat merencanakan kehamilan meski periode mesntruasi tidak teratur. Konsultasikan dengan dokter agar kamu mendapat penanganan yang tepat.

Cara Mengatasi Menstruasi Tidak Lancar

Dalam mengatasi menstruasi tidak lancar, Anda harus memahami faktor penyebabnya. Oleh karena itu, segera konsultasikan ke dokter apabila Anda mengalami menstruasi tidak lancar agar dapat ditangani dengan tepat.

Ada beberapa cara mengatasi menstruasi tidak lancar berdasarkan penyebabnya, antara lain:

  1. Ubahlah gaya hidup menjadi lebih sehat dan kelola stres dengan baik.
  2. Ganti alat kontrasepsi yang digunakan, jika setelah 3 bulan penggunaan menstruasi tetap tidak lancar.
  3. Lakukan pengobatan terhadap penyakit tiroid atau sindrom ovarium polikistik yang diderita.
  4. Jalani konseling jika mengalami stres yang menyebabkan berat badan turun drastis.
  5. Lakukan pemeriksaan organ reproduksi secara rutin.

Apabila menstruasi terjadi selama lebih dari 7 hari atau mengalami perdarahan dan merasakan nyeri yang parah selama masa menstruasi, konsultasikan ke dokter agar dapat diketahui penyebabnya dan dapat dilakukan penanganan yang tepat.

Berikut Cara Program Hamil Untuk Haid Tidak Teratur

  • Melakukan hubungan seksual secara rutin 3-4 kali per minggu
Untuk mengoptimalkan program kehamilan yang sedang kamu jalani, sebaiknya lakukanlah hubungan seksual secara rutin setiap 3-4 kali per minggu. Sekali berhubungan sebaiknya cukup hanya sekali saja, tidak perlu berulang dalam waktu yang bersamaan.

Untuk mendapatkan kualitas sperma yang baik, usahakan untuk tidak melakukan hubungan seksual setiap hari, kira-kira 2 hari setelah ejakulasi yang terakhir, agar kualitas sperma baik.

  • Mengonsumsi suplemen asam folat dan vitamin E
Ketika kamu berusaha untuk hamil tentunya perempuan juga harus mengonsumsi vitamin prenatal sebagai salah satu upaya dalam memastikan adanya asupan gizi dan juga nutrisi yang memang dibutuhkan untuk mendapatkan peluang kehamilan.

Untuk itu, lengkapilah menu harian mu dengan mengonsumsi suplemen penambah kesuburan sehingga bisa mengembalikan siklus menstruasi menjadi teratur kembali. Salah satu suplemen yang direkomendasikan adalah suplemen asam folat dan vitamin E tambahan.

  • Periksakan ke dokter kandungan
Dengan memeriksakan diri ke dokter, tentunya kamu bisa sedikitnya mengetahui akan apa yang terjadi dengan dirimu. Hal ini tentunya bertujuan untuk mengetahui masalah apa yang ada pada dirimu sehingga kamu mengalami haid yang tidak teratur.

Dan memang Wanita itu sebaiknya berkonsultasi ke dokte apabila haid tidak teratur berjalan lebih dari tiga bulan, haid sangat berat, atau sudah menjajal program hamil alami selama setahun tapi belum berhasil.

  • Mengontrol stres
Stres bisa menyebabkan haid tidak teratur dan menyebabkan wanita mengalami masalah kesuburan. Lalu apakah ada cara untuk dapat mengontorl stres? Tentu ada Moms, Yaitu caranya dengan menghangatkan komunikasi dengan pasangan, rajin meditasi dan yoga, mengurangi asupan berkafein, sampai rutin olahraga, atau mencari dukungan emosional dari konselor sampai psikolog.
  • Lacak masa ovulasi
Saat ini sudah tersedia pula alat tes ovulasi yang dapat memprediksi dan menentukan masa pembuahan. Namun, Anda juga bisa menggunakan kalender menstruasi yang dapat membantu menentukan masa subur. Selain itu, Bunda juga bisa melacak suhu tubuh basal dan lendir serviks guna membantu memprediksi ovulasi.
  • Kontrol berat badan agar tetap ideal
Mempertahankan berat badan yang sehat dapat membantu mengatasi masalah kesuburan. Sebab kelebihan atau kekurangan berat badan sama-sama dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon, yang dapat mengganggu ovulasi. Efek dari BB yang tidak terkontrol itu dapat berisiko menyebabkan siklus haid jadi tidak teratur dan membuat Bunda lebih sulit untuk hamil secara alami.

Demikianlah informasi penting yang bisa anda lakukan dalam menjalankan program hamil saat haid mulai tidak teratur, Semoga postingan kali ini memberikan banyak manfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog MOM AND BABY.

You Might Also Like:

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tulis komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum
Buka Komentar