Skip to main content
MOM AND BABY

follow us

Cara Menghitung Masa Subur Wanita dengan Menggunakan Kalender

Mengetahui masa subur pada wanita sangatlah membantu dalam menjalankan program hamil, khususnya bagi mereka pasangan suami istri yang ingin segera memiliki momongan hidup baru dalam keluarganya. Cara mengetahui masa subur pada wanita yang akan dibahas pada postingan kali ini adalah memanfaatkan word excel sebagai aplikasi untuk mengetahui masa subur. Sehingga nantinya pasangan suami istri bisa melakukan HB di tanggal masa subur tersebut.

Supaya lebih membantu dalam menghitung masa subur wanita, kamu tidak perlu repot menghitung dengan alat bantuan lainnya. Karena sudah ada hitungan yang disajikan dalam bentuk excel, saat itu kamu akan mengetahui kapan prediksi masa subutr akan terjadi.

Adapun cara menghitung masa subur ini, yaitu menggunakan metode kalender perputaran haid atau menstruasi yang dialami wanita pada umumnya. Nah, hal ini tentu memungkinkan Anda untuk menulis kapan hari pertama masa haid dan lamanya waktu masa haid normal Anda. Selanjutnya hitungan ini bisa mengidentifikasi kapan terjadinya ovulasi dan kapan terjadinya masa subur yang keduanya bisa diprediksi buat waktu yang akan datang.

Berikut Cara Menghitung Masa Subur dengan Kalender

Langkah-langkah:

  • Langkah pertama, Silakan MASUK terlebih dahulu ke aplikasi kalender masa subur yang akan digunakan.
  • Langkah kedua, Silakan isi kolom kuning Awal Bulan dengan angka pertama kali Anda Haid. Misalnya saya haid pada bulan februari maka saya isi dengan angka 2 dan jangan lupa untuk disesuaikan juga tahunnya.
  • Langkah ketiga, Masukkan tanggal bulan dan tahun dalam format mm/dd/yy. Contoh: tanggal awal haid Anda 7 Februari 2015, maka Ketik 2/7/15.
  • Langkah keempat, tentukan lamanya siklus masa haid Anda. Ini dapat diketahui dengan memprediksi jarak awal haid pertama sampai haid kedua, jika anda mengalami haid dengan siklus waktu yang berbeda-beda, maka ambilah rata-ratanya.
  • Langkah kelima, Biarkan angka 14 jika siklus haid anda normal. Cara penanganan agar siklus haid teratur, silakan konsultasikan dengan dokter spesialis obgyn terdekat.

Hal-hal yang perlu diperhatikan

  • Untuk memberikan kemudahan Anda, silakan gunakan pc/laptop/sejenisnya
  • Pastikan jaringan koneksi internet cukup baik
  • Jika tidak paham mengenai bagaimana cara menghitung masa subur dengan kalender yang ada didalam postingan ini, Maka silakan ikuti langkah-langkah tutorial video yang sudah kami lampirkan di bawah ini
  • Perhitungan ini hanyalah perkiraan yang mungkin tidak akurat/sesuai dengan kondisi Anda yang sebenarnya.
  • Perhitungan ini tidak disarankan untuk pemeriksaan atau perawatan medis profesional lainnya.
  • Jika siklus haid Anda tidak teratur sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter spesialis obgyn

Tutorial cara menghitung masa subur dengan kalender

Demikianlah artikel mengenai bagaimana cara menghitung masa subur pada wanita dengan menggunakan aplikasi excel kalender bulanan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat buat anda yang akan menjalankan program hamil maupun menjalani program KB secara alami.

MUNGKIN KAMU SUKA ARTIKEL INI

Comment Policy: Silahkan tulis komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum
Buka Komentar