Skip to main content
MOM AND BABY

follow us

Cara Benar Mengompres Anak agar Demam Cepat Turun

Anak mengalami demam tinggi, kondisi seperti ini tentunya membuat orang tua menjadi cemas dan ditambah khawatir, terlebih lagi jika suhu tubuhnya terus naik diantara kisaran 29 derajat ke atas. Kita sebagai orang tua jelas gak bisa tenang.

Masih ada cara moms untuk menurunkan demam anak, yang jelas kita harus tenang dan gak usah panik saat anak mengalami demam tinggi sebab ada jalan untuk menurunkan demamnya.

Nah, salah satu cara yang dapat dilakukan orang tua saat anaknya mengalami demam adalah mengompresnya. Akan tetapi masih ada orang tua yang masih bingung dan belum tahu tentang cara mengompres anak demam dengan benar.

Jika anak anda mengalami demam tinggi, apakah dikompres dengan menggunakan air yang bersuhu hangat atau menggunakan air dingin? Jangan bingung disini kam akan membahasnya berikut dengan bagaimana cara mengompres anak demam tinggi dengan benar. Silakan simak selengkapnya

Cara Mengompres Anak Demam dengan Air Hangat atau Dingin?

Ada sebuah pertanyaan buat orang tua. Saat anak mengalami demam tinggi, kira-kira mana yang lebih tepat mengompres anak dengan menggunakan air hangat atau air dingin? Mungkin ada yang menjawab mengompres dengan air dingin.

Jawaban yang lebih tepat, menggunakan air hangat ya Moms. Mungkin ada yang berpikir Suhu badan anak tinggi (demam), harusnya jangan menggunakan air hangat donk! Tapi menggunakan air dingin.

Kenapa cara mengompres anak demam menggunakan air hangat lebih tepat? Pada saat kompres air hangat diletakkan pada bagian tubuh anak yang demam, kelenjar otak (hipotalamus) yang mengatur sistem kerja hormon akan merespon bagian tubuh yang terkompres tersebut panas. Dengan demikian kelenjar otak yang satu ini akan menurunkan suhu tubuh demam anak. Jadi, ini alasannya kenapa anak yang demam harus dikompres menggunakan air hangat.

Cara Mengompres Anak dengan Benar

Berikut ini lima langkah bagaimana cara mengompres anak demam dengan benar yang bisa anda lakukan. Pertama kali alat yang harus disiapkan adalah baskom, air, dan kain.

1. Gunakan Air Hangat

Jangan gunakan air panas untuk mengompres anak yang lagi demam. Tapi gunakanlah air hangat, anda bisa membuatnya dengan cara mencampurkan air panas yang baru mendidih dengan air bersuhu normal.

Tidak perlu menggunakan thermometer untuk mengukur suhu air kompres tapi cukup gunakan perasaan atau dikira-kira saja yang jelas menurut Mom tidak terlalu panas. Sebab jika air yang digunakan panas, akan membuat kulit anak memerah.

2. Gunakan Kain Bersih dengan Kualitas yang Baik

Sebelum mengompres anak yang sedang demam tinggi, terlebih dahulu pastikan kain yang akan digunakan bersih, lembut, dan memiliki kualitas baik. Kain yang tebal dan lembut biasanya memiliki daya serap yang baik dan juga tahan lama untuk digunakan alat kompres.

Jadi, hindari menggunakan kain tipis ya Moms. Bukan berarti tidak boleh, sebenarnya menggunakan kain tipis boleh-boleh saja namun alat kompres akan cepat dingin dan terlalu sering saat proses penggantian air hangat.

3. Letakkan Kain pada Bagian Tubuh yang Tepat

Cara mengompres anak demam selanjutnya adalah memasukkan kain ke dalam baskom yang sudah berisi air hangat. Setelah kain sudah tercelup ke air selanjutnya angkat dan peras kain tidak perlu kuat-kuat tapi cukup dengan perasan lembut saja.

Lalu lipat kain sesuai kebutuhan, setelah itu letakkan kain pada bagian tubuh yang tepat. Moms bisa memilih untuk meletakan kain kompres perasan air hangat pada bagian dahi atau pada bagian tubuh lainnya. Perlu diingat, jangan sembarangan meletakan kain kompres ya Mom. Kalau sembarangan bisa-bisa demamnya gak turun-turun dan yang ada demamnya terus naik.

4. Kontrol Kondisi Kompres

Sesering mungkin untuk mengontrol keadaan kompres. Jika kondisi kompres sudah mulai dingin atau bersuhu normal, masukkan kembali kain kompres ke dalam baskom berisi air hangat kemudian peras lagi dan tempel atau letakkan kembali pada bagian tubuh semula.

Pada tahap ini, kondisi air kompres juga harus sering dicek atau dikontrol sebab air pertama seiring berjalannya waktu akan dipengaruhi oleh suhu ruangan sehingga menjadi dingin. Nah, agar suhu air tetap hangat, alangkah bagusnya jika di Rumah anda terdapat ruang penghangat bisa dinyalakan.

Lakukan secara berulang dan terus-menerus pada saat pengompresan, yaitu selalu memperhatikan kondisi air agar selalu tetap hangat dan memeras kain kompresan kembali jika kain sudah tidak hangat lagi.

5. Menyeka Tubuh Anak

Menyeka atau mengelap tubuh anak juga menjadi salah satu cara mengompres anak agar demam cepat turun. Memang cara ini para dokter menganjurkan kepada orang tua untuk menyeka tubuh si Anak yang sedang demam sebelum dikompres.

Menyeka seluruh bagian tubuh anak dengan lap atau kain lembut yang sudah dibasahi dengan air hangat. Menurut kami cara ini adalah alternatif lain atau cara tambahan jika anak tidak mau mandi saat mengalami demam. Akan tetapi jika anak mau mandi dengan air hangat dengan sendirinya, Moms tidak perlu menyeka atau mengelap seluruh tubuhnya dengan washlap.

Idealnya cara menurunkan demam anak, bisa dilakukan dengan mengelap seluruh bagian tubuh anak dengan menggunakan air hangat. Jadi, tidak ada salahnya sebelum anak dikompres untuk menyeka atau mengelap semua anggota badannya.

Nah itulah langkah-langkah sederhana mengenai bagaimana cara mengompres anak agar demam cepat turun. Semoga langkah di atas dapat membantu dan memberikan informasi penting ya Moms.

Baca juga: Cara Alami Menurunkan Demam pada Anak beserta Obatnya

Bagian Tubuh Anak yang Baik untuk Dikompres

Ada bagian-bagian tubuh yang bisa dikompres saat anak mengalami demam. Walaupun kita melakukan cara mengompres anak demam dengan benar tapi tidak tahu bagian-bagian tubuh yang akan dikompres, maka percuma saja tidak akan bisa menurunkan demamnya.

Oleh karena itu berikut kami tuliskan beberapa bagian tubuh anak yang baik untuk dikompres, dengan adanya bagian tubuh ini diharapkan Moms sebagai orang tua bisa mengompres anak agar demamnya cepat turun.

1. Dahi

Simpan kain kompres di bagian dahi, umumnya bagian tubuh anak yang satu ini menjadi tempat pengompresan bila anak mengalami demam dan cara ini banyak dilakukan oleh orang tua sejak dulu sampai sekarang.

Tapi menurut banyak orang tua bahwa tempat bagian tubuh anak satu ini sangat efektif dan cepat membantu dalam menurunkan suhu demam anak.

2. Leher

Jarang orangtua meletakan kain kompres di leher anak saat mengalami demam. Padahal penempatan kompres di bagian tubuh ini dapat mempercepat turunnya suhu demam anak, hanya saja belum ada yang tahu hanya sebagian kecil saja.

Tentu bagian tubuh ini menjadi pilihan pertama untuk dikompres jika pada bagaian kepala tidak memungkinkan untuk dikompres.

3. Ketiak

Sama halnya meletakan kompres di leher, ketiak sebagai bagian tubuh anak yang baik untuk dikompres juga masih jarang dilakukan oleh orang tua pada umumnya. Padahal di ketiak juga sama seperti tubuh bagian leher bisa cepat menurunkan demam tinggi anak.

Bagian tubuh anak ini bisa menjadi alternatif lain untuk penempatan kain kompres jika di dahi dan di leher tidak memungkinkan karena luka dan lain sebagainya.

4. Area Selangkangan

Bagian selangkangan tubuh anak juga menjadi tempat kompres yang baik. Namun di tubuh anak ada banyak selangkangan, dengan demikian Moms bisa meletakan beberapa kain kompres pada bagian tubuh anak.

Bagian tubuh Daerah selangkangan ini juga sangat efektif dan menjadi pilihan tempat kompres lainnya dalam membantu menurunkan demam anak. Jika di bagian-bagian tubuh lain tidak mungkin untuk dikompres.

Itulah Empat bagian tubuh anak yang baik untuk dikompres sehingga anak yang sedang demam suhunya cepat turun. Semoga bagian-bagian tubuh tersebut dapat memberikan informasi penting buat Moms terutama ketika mengatasi anak demam tinggi di malam hari.

Sudah Paham Cara Mengompres Anak dengan Benar?

Bagaimana kira-kira sudah paham mengenai bagaimana cara mengompres anak demam dengan benar? Itu adalah langkah-langkah yang bisa Orang tua lakukan saat anaknya mengalami demam.

Banyak cara mengompres anak agar demam cepat turun, bisa menggunakan cara sederhana seperti di atas atau menggunakan cara modern (praktis) seperti membeli kompres sekali pakai yang sudah ada di took-toko klinik atau apotek terdekat.

Mengompres anak dengan cara sederhana menjadi cara yang paling utama atau pertolongan pertama yang bisa dilakukan oleh orang tua apabila anaknya mengalami demam di malam hari. Jika demam anak belum juga menurun, alangkah baiknya segera bawa dan konsultasikan ke bidan atau dokter spesialis anak di Rumah Sakit terdekat.

Itulah artikel tentang Cara Mengompres Anak agar Demam Cepat Turun yang bisa Mom and Dad lakukan. Semoga postingan ini memberikan informasi penting buat keluarga Anda dan teman yang ada disekitar. Jika ada yang ingin ditanyakan silakan tinggalkan pesan di kolom komentar pada postingan ini.

You Might Also Like:

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tulis komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum
Buka Komentar