Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Program Ibu Yang Ingin Hamil Dalam Kondisi Sehat dan Normal

Program ibu yang ingin hamil dalam kondisi sehat dan normal

Pada kesempatan kali ini saya akan sedikit berbagi pengetahuan dan pengalaman yang sesuai dengan judul artikel ini, yakni program ibu yang ingin hamil dalam kondisi sehat dan normal.

Pada umumnya artikel ini membahas tentang persiapan untuk bunda yang melangkah maju untuk program hamil yang baik dan pastinya melahirkan keturunan yang kita harapkan.

Tidak sedikit orang yang berkeinginan untuk hamil tapi tidak memperhatikan kondisi yang semestinya kita harapkan.

Maka sangat tepat sekali, bahwa bunda sekarang berada di artikel ini. Saya harap pahami baik-baik ya bun? Karena ini akan membantu bunda menuju langkah yang lebih baik.

Hidup ini terasa hampa, seandainya kita belum dikaruniai seorang ahli waris yakni anak. Siapa yang tidak ingin coba. Hidup terus-menerus dengan suami seumur hidup tapi belum juga dikaruniai seorang anak bahkan sampai tutuplah usia kita dalam arti tidak ada penerus hidup/ keturunan. Maka dari itu, mulailah persiapkan dari sekarang ya bun.

Harapan saya adalah semoga bunda cepat dikaruniai seorang anak yang berbakti kepada orangtuanya, bagaimana kalau yang sudah punya? Ya, mungkin bisa tambah lagi, lagi, dan lagi. Aamiin. Setiap ucapan itu do'a ya bun. Maka, berdo'alah yang baik-baik.

Sering kita mendengar kalimat "Banyak anak itu tambah rizqi". Dan ternyata itu semua benar bun. Baik sekarang saya ambil contoh ketika kita sudah menggenap atau satu rumah dengan suami sebelum dikaruniai seorang anak, kita tahu kebutuhan apa saja yang kita perlukan dan mungkin itu tidak terlalu banyak. Seperti makan, minum, kebutuhan harian, kebutuhan bulanan, dan lain sebagainya.

Dan ketika kita sudah mempunyai anggota keluarga baru, maka semuanya bertambah kebutuhan dari yang semula. Nah, secara tidak sadar bahwa rizqi itu bertambah dan sudah ada yang mengatur. Maka dari itu kita harus banyak bersyukur kepada-Nya.

Perlu kita ketahui bahwa rizqi itu bukan hanya dari segi materi saja. Misalkan uang yang dapat dipakai membeli apa saja yang kita perlukan. Ternyata seperti tidur, bernapas, makan, minum, aktivitas sehari-hari, dan masih banyak lagi. Pastinya semua itu harus banyak disyukuri. Sehingga tidak ada jalan untuk bersikap kufur (tidak bersyukur) atas pemberian-Nya. Baik dalam jumlah sedikit ataupun banyak, tetap kita harus bersyukur kepada Allah subhanahu wa ta'ala. Jadi, bunda tidak usah khawatir terhadap rizqi yang sudah ditetapkan-Nya.

Baiklah kita langsung saja ya bun, dimulai dari yang paling utama dan secara global/ umum yang mana semuanya tidak pernah terlepas dari menjaga.

Kesehatan Bunda

Menjaga kesehatan itu merupakan salah satu bentuk umum dalam menjalani program sebelum hamil bun. Saya kira ketika bunda konsul ke dokter anak/ kandungan kemudian mengutarakan maksud dan tujuan seperti bermaksud untuk promil, maka dokter tersebut yang pertama disampaikan pasti menuju pada pembahasan kesehatan/ pola hidup yang baik, kurang lebih seperti itu. Karena kesehatan bunda ini termasuk landasan pokok dalam menempuh program hamil.

Nah, Apa saja sih yang harus kita lakukan untuk mencapai pada tingkat kesehatan tersebut. Mari kita simak bersama, pertama adalah

1. Pola makan

Bagi bunda yang ingin melangkah menuju promil, maka dimulai dari sekarang untuk pola makannya harus bisa diatur ya bun. Artinya jangan berlebih-lebihan. Karena yang namanya berlebihan itu tidak baik ya bun.

Tip cara mengatur pola makan

  • Buatlah jadwal makan pribadi, harus konsisten ya bun. Idealnya makan itu 3 kali sehari. Maksud dari tiga kali hari disini bukan semuanya makanan yang mengandun karbohidrat ya bun tapi makanan yang mengandung gizi seimbang dan berprotein, intinya 4 sehat 5 sempurna.
  • Hindari makan/ ngemil dimalam hari. Jadi, waktu makan bunda itu, berdasarkan pengalaman. Yaitu jam : 07.00 ; jam : 11.30 ; jam : 16.00. Nah, lalu bagaimana kalau kondisi bunda itu kerja dan jam-jam segitu masih ada diluar karena bekerja. Alangkah baiknya untuk dibekal saja bun. Nah, kalau tidak sempat masak, maka beli saja makanan diluar dengan catatan makanan yang bergizi ya bun.
  • Seandainya berat badan bunda melebihi berat ideal, maka saya menganjurkan untuk makan nasi merah ya bun (maaf ini bukan iklan ya bu, ini berdasarkan pengalaman saya pribadi). Kalau kita dibiasakan makan nasi merah, tiga bulan kemudian efeknya akan kelihatan.
  • Sebaliknya jika berat badan bunda kurang mencapai berat ideal, maka yang mesti bunda lakukan perbanyak makan nasi putih, dan makanan yang mengadung karbo lainnya.
  • Seandainya berat badan bunda sudah ideal, berarti harus dapat dipertahankan bun. Dengan pola makan seimbang. Seperti jadwal makan yang sudah tertera di atas.
  • Selanjutnya bunda harus menghindari macam-macam makanan yang pedas bun. Paling tidak kurangin dulu bun demi program hamil bunda. Karena pada poin ini diambil dari pengalaman saya dengan sumi. Saya sama suami dulu sama-sama suka pedas, bahkan sampai level tertinggi. Kurang lebih tiga tahun saya belum juga dikaruniai seorang anak. Akhirnya saya cari tahu pada orang ahli syaraf semacam tabib (bukan dokter juga bukan dukun ya bun), sarannya kepada saya untuk mengurangi memakan makanan yang pedas/ ekstrim bahkan kalau bisa berhenti dulu deh. Dan hasil usaha kurang lebih satu tahun menghindari makanan pedas, Alhamdulillah saya dikaruniai seorang anak. Tentunya itu semua atas berkat rahmat-Nya ya bun. Pokoknya bunda harus sabar ya.
  • Kurangi memakan makanan yang mengandung MSG yang bukan alami ya bun, juga termasuk pewarna buatan. Cari yang alami saja bun, diluar sana banyak. Kita bisa gunakan gula aren dan garam dapur sebagai pengganti MSG.

2. Kebiasaan Buruk

Ingat ya bun, tidak semua kebiasaan kita baik dilakukan. Tentunya ada rambu-rambunya bun, yaitu sebagai berikut.

Suka begadang pada malam hari. Kita tidur jam 10 malam, itu sudah dapat dikatakan begadang bun. Idealnya tidur kita itu antara jam 8 dan 9 bun. Jadi, hindari begadang ya bun. "Tapi pekerjaan kantor saya numpuk, bagaimana dong?". Ya berarti kembali lagi ke niat awal bun, bunda ingin promil atau tidak. Begitu bun.

Kalau seandainya bunda suka merokok, maka lebih baik berhenti bun. Karena nanti berisiko pada janin yang dikandung bunda.

Kalau seandainya bunda tidak merokok, tapi suami bunda itu suka merokok. Alangkah baiknya jika bunda membujuk untuk berhenti dulu sampai tercapai tujuan promil. Ingat ya bun, bukan memaksa-maksa suami untuk berhenti merokok, kita tidak ada hak untuk itu tapi bahasanya membujuk demi program hamil bunda. Tapi kalau bunda sudah mengingatkan, terus suami bunda masih tetep merokok, maka jalan lainnya adalah berdo'a bun. Sesungguhnya Dia maha pemberi karunia. Dan memberikan kemudahan bagi semua makhluk-Nya yang Dia kehendaki.

3. Berpikir positif

Salah satu untuk berpikir positif merupakan bentuk upaya bunda dalam menempuh program hamil yang sehat bun. Bagaimana sih berpikir positif itu? Nah, jangan khawatir bun, disini saya akan sampaikan secara rinci.

Pernahkan bunda membicarakan keburukan orang lain? Atau hati kita sempat tersakit oleh seseorang?

Maka dari sekarang, coba bunda untuk ikhlaskan semua, tenang dan jangan suka ngurusin kesibukan orang lain. Biarkanlah orang lain membicarakan keburukan bunda, tapi bunda jangan membalasnya. Lalu bagaimana menyikapinya? Yaitu caranya dengan bersabar bun, dan kalau hati kita sempat sakit dan ternodai karena benci terhadap orang lain, maka cepatlah beristighfar bun. Kalau bisa ambil wudhu. Karena sesungguhnya itu bagian dari dorongan syaithaan. Ingat ya bun, jangan sibuk ngurusin orang lain, sibuklah apa yang sedang bunda kerjakan dan kalau bisa sikap bunda yang selalu tidak membalas keburukun orang lain atau perkara yang sudah dijelaskan di atas. Sampai kapan? Sampai bunda dipanggil oleh sang Maha Kuasa dan keuntungan bunda bersikap seperti itu (bersikap baik), maka nanti balasannya bunda akan memperoleh kedudukan yang mulia disisi-Nya. Aamiin.

4. Hindari Stres

Disisi lain bunda juga harus dapat menghindari sikap yang menjuru pada stres. Ingat ya bun, semua orang pasti mengalami itu. Stres disini bukan gila ya bun. Sesuatu yang menimbulkan rasa tidak nyaman dan gelisah itu sudah masuk pada kategori ini ya bun. Saya ambil contoh, ketika bunda sedang mencuci pakaian menggunakan mesin cuci kemudian bunda tidak bisa mengoperasikannya, akhirnya mesin cuci punya menjadi error. Kemudian bunda memikirkannya pakaian masih didalam, terus mikir gimana nanti suami apakah marah atau tidak bahkan cari alasan kesana-sini. Ingat bunda, itu semua tidak akan menyelesaikan masalah. Kalau seandainya kondisinya seperti itu, kita terus terang saja ke suami, "mas, maaf dan lain-lain". Intinya bunda harus jujur, ceritakan semua yang terjadi. Sebab nanti kalau tidak seperti itu, yang ada jadi terpikirkan terus dan pada akhirnya stres.

5. Berbuat Baik

Berbuat baik kepada semua orang merupakan bentuk dari promil bunda. Walaupun ini tidak ada hubungannya dengan promil tapi justru pengaruhnya sangat besar sehingga menuju pada kondisi stres. Bagaimana tidak silakan bayangkan jika bunda tidak berbuat baik pada semua orang mungkin dampaknya adalah akan terbawa emosi dan kita akan mengalami stres berat. Jadi, silakan bunda untuk berbuat baik pada semua orang tanpa pilih kasih ya bun.

6. Berdoa

Selanjutnya adalah berdo'a. Ingat bunda pada poin ini jangan sampai putus semangat dalam berdo'a. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar dan justru Dia Maha Mengetahui apa keinginan kita.

Bunda pernah mendengar tidak? Bahwa do'anya Nabi Musa 'alaihi salam dan harun 'alaihi salam. Baru dipanjatkan/ dikabulkan do'anya setelah 40 tahun lamanya. Isi do'anya adalah agar Fir'aun lenyap selama-lamanya.

Maka dari itu, bunda harus semangat dalam berdoa. Kita kan tidak pernah tahu kapan dan dimana waktu yang terbaik itu dan tidak ada satu makhluk pun yang mengetahui kecuali Allah subhanahu wa ta'ala.

7. Ikhtiar

Do'a tanpa ikhtiar, maka tidak akan meninggalkan bekas. Maka dari itu berikhtiarlah semampu bunda. Ikhtiar atau disebut juga usaha merupakan satu kesatuan dari dikabulkannya sebuah do'a.

Apapun yang bunda lakukan yang penting bunda sudah melakukan ikhtiar, teruslah untuk berjuang. Datang ke dokter, mencari solusi, dll. Asalkan semua berada dijalan-Nya dan diridhai-Nya. Bunda harus melakukan ikhtiar dengan tulus karena-Nya.

Demikianlah artikel cara program ibu yang ingin hamil sehat dan normal. Terima kasih atas kunjungannya dan semoga postingan ini dapat bermanfaat.

Post a Comment for "Program Ibu Yang Ingin Hamil Dalam Kondisi Sehat dan Normal"