Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Membersihkan Telinga dan Kuku Bayi Usia 0 - 6 Bulan

Program ibu yang ingin hamil dalam kondisi sehat dan normal
  • Pernahkah kita pada saat membersihkan telinga, anak selalu bergerak?
  • Pernahkah kita pada saat memotong kuku, baik tangan atau kaki, anak tidak bisa diam sehingga kita kerepotan?
  • Pernahkah kita bertanya kenapa kita harus memotong kuku? bunda tidak mau kan debay nya garuk-garuk wajah atau badan lain sehingga melukainya.
  • Itu semua pertanyaan akan terjawab pada artikel ini bunda. Jadi, simaklah baik-baik ya bun,
Terkait Waktu
  • Kapan waktu yang tepat untuk membersihkan bagian telinga anak?
  • Kapan waktu yang tepat untuk memotong kuku anak yang sudah panjang?
  • Idealnya berapa kali dalam satu minggu kita lakukan bersih-bersih? (Potong kuku, daki, dan kotoran telinga)

Maka, semua pertanyaan di atas jangan menganggap biasa-biasa saja ya bun, paling tidak kita harus serius menyikapinya supaya anak kita tetap sehat dan dapat beraktivitas dengan ceria.

Dan pastinya pertanyaan-pertanyaan di atas akan dibahas pada artikel ini. Dan semoga dapat membantu bunda sekalian. Yang pembahasan tersebut dilandasi dengan pengalaman pribadi saya sendiri.

Saya tahu, bunda pasti melakukan pembersihan pada anak bunda kan, tentunya pada bagian telinga.

Kenapa perlu dilakukan? Ya, supaya anak kita menjadi bersih, sehat dan ceria.

Upaya lain agar anak kita sehat adalah memotong kuku debay (dede bayi). Nah, disini saya akan berikan beberapa tips kepada bunda.

Tips tersebut dibagi menjadi dua bagian. Pertama, mengenai cara membersihkan telinga anak/ debay. Kedua, tentang cara memotong kuku anak/ debay.

Marilah kita simak tips yang ada didalam artikel ini.

Cara membersihkan telinga bayi

Program ibu yang ingin hamil dalam kondisi sehat dan normal

Pada saat membersihkan kotoran telinga debay yang berusia 0 - 6 bulan biasanya dilakukan sesudah memandikan anak atau bahkan sebelum memandikan anak. Sebenarnya itu tergantung situasi kondisi ya bun.

Sudah disampaikan bahwa kita dapat membersihkannya dengan melihat situasi kondisi terhadp sikap debay.

Baiklah kita langsung saja pada bahasan artikel ini. Tolong untuk disimak baik-baik ya bun.

ips dan Saran untuk Bunda

  • Seandainya debay bunda itu aktip dalam arti merasa tidak nyaman/ banyak bergerak terutama pada bagian kepala. Sehingga bunda merasa kesulitan untuk membersihkannya (kotoran telinga), maka saya sarankan agar jangan diteruskan bun.
  • Alangkah baiknya kalau pada saat ingin pembersihan telinga debay, silakan bunda bisa dilakukan pada malam hari atau siang hari dimana debay dalam kondisi sedang terlelap tidur ya bun. Sebab kalau tetep kita paksakan/ diteruskan walaupun kondisi debay tidak nyaman/ banyak bergerak, kami khawatir nanti terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.
  • Seandainya debay bunda itu tidak terlalu aktip dalam artian debay merasa biasa-biasa saja/ merasakan nyaman, maka bunda dapat melakukan pembersihan mulai kapan saja.
  • Saran saya untuk membersihkan kotoran debay itu setiap hari ya bun, agar tidak banyak daki pada bagian badan yang tertutup. Dan jangan lupa juga ya bun, bagian pusar dibersihkan.
  • Kemudian selanjutnya untuk membersihkan kotoran telinga, pusar, juga daki-daki pada bagian badan yang tertutup, alangkah baiknya menggunakan cutton-bud yang ukurannya tidak terlalu besar.
  • Pada saat pembersihan terutama pada bagian telinga, diharapkan jangan terlalu dalam ya bun. Bagian pinggir saja bun. Kalau bunda ingin membersihkan pada bagian dalam telinga, alangkah baiknya dilakukan pada saat debay tidur.
  • Bunda juga harus pintar ya bun, dalam arti tidak sembarangan beli cutton-bud, perhatikan dua kapas diujung batangnya artinya cek dulu sebelum digunakan, soalnya takut nanti pas membersihkan telinga anak malah kapasnya lepas didalam telinga, kejadian itu bukan belum pernah ya bun, diluar sana ada seperti itu yang tidak memperhatikan hal seperti ini.
  • Kemudian, kita tahu bahwa cutton-bud itu terdapat dua kapas yang melilit batag, jadi bunda oleskan salah satu kapas dengan minyak baby oil ya bun, tujuannya pada saat membersihkan kotoran/ daki semua akan terangkat disisi lain menghindari iritasi pada kulit debay.
  • Gunakan terlebih dahulu bagian kapas yang di kasih baby oil kemudian setelah itu gunakan cutton-bud yang tidak diolesi baby oil pada telinga anak, tujuannya supaya bekas baby oil yang masih menempel bersama kotoran bisa terangkat. Tahap tersebut cukup satu kali saja yang penting merata. Artinya satu batang cutten-bud digunakan untuk satu telingan.

Cara memotong kuku bayi

Program ibu yang ingin hamil dalam kondisi sehat dan normal

Memotong kuku debay juga tidak asal ya bun, intinya sama apa yang sudah dijelaskan di atas pada bagian poin pertama yaitu membersihkan telinga.

Ingat ya bun, jangan menunggu kuku debay bunda panjang baru dipotong, tindakan seperti itu salah besar ya bun.

Yang namanya bayi kalau sudah berada dalam zona tidak nyaman, pasti garuk-garuk, baik wajah maupun bagian lainnya.

Baik sekarang bunda siamak ya, tips dan saran dari saya sebagai berikut.

Tips dan Saran untuk Bunda

  • Gunakan alat potong kuku yang baik. Maksudnya yang memiliki kategori aman untuk debay. Silakan bunda cari di toko online terkait alat untuk potong kuku bayi berdasarkan melihat usia. Ini saya pernah lakukan tapi gimana bunda saja yang penting aman ya bun.
  • Lebih baik untuk anak usia sekitar 0 - 6 bulan, baiknya memotong kuku pada saat debay tidur.
  • Pastikan alat potong kuku sterilkan dulu dengan air yang mendidih. Jangan pakai cairan yang mengandung alkohol ya bun. Kalau bisa seperti alat mainan yang sering dipake debay sterilakan dulu dengan air panas/ cukup dengan dilap.
  • Lakukan pemotongan kuku, melalui 2 fase ya bun. Karena pertumbuhan kuku pada setiap bayi itu berbeda-beda.
  • Fase pertama, bunda lakukan dengan pemotongan satu kali dalam satu minggu. Kalau dalam satu minggu kukunya cepat tumbuh, maka masuk ke fase kedua yaitu satu minggu dilakukan dua kali pemotongan. Kemudian untuk Fase 3, alternatif selanjutnya.

Bunda, mungkin itu saja tips dan saran dari saya mengenai judul artikel ini. Semoga artikelnya dapat membantu.

Post a Comment for "Tips Membersihkan Telinga dan Kuku Bayi Usia 0 - 6 Bulan"