Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menyusui yang Benar supaya Bayi Tumbuh Sehat dan Gemuk

Cara Menyusui yang Benar supaya Bayi Tumbuh Sehat dan Gemuk

Moms, memiliki bayi yang sehat tentu jadi harapan semua orang tua, namun memiliki bayi gemuk menjadi bonus tersendiri. Ingat ya moms, bayi sehat belum tentu gemuk, dan gemuk yang seperti apa dulu yang termasuk sehat?

Nah pada artikel kali ini akan saya bahas beserta dengan tips yang akan saya bagikan berdasarkan pengalaman pribadi.

Untuk anak kita tidak boleh sembarangan ya moms, karena mereka belum bisa mengkomunikasikan apa yang mereka rasakan dan butuhkan. Maka tugas kita sebagai orang tua untuk memberikan mereka yang terbaik tanpa diminta tentunya.

Setiap hal yang berkaitan dengan anak, selalu saya upayakan untuk dikonsultasikan dengan orang-orang yang ahli dan berpengalaman di bidangnya.

Baik moms, kita bahas terlebih dahulu mengenai ASI. Saya termasuk ibu yang pro ASI, kenapa? karena saya yakin bahwa Allah SWT memberikan ASI sebagai rizki bersama dengan lahirnya bayi kita. Dan tugas kita untuk memberikan apa yang sudah menjadi hak bayi kita.

Secara medispun sudah jelas betapa besarnya manfaat ASI bagi bayi. Yang paling menarik bagi saya yaitu kandungan antibody yang tidak dapat ditemukan pada susu merk apapun. Sehingga saya berharap dengan pemberian ASI secara optimal, bayi saya bisa terus tumbuh sehat.

Dan berdasarkan pengalaman saya pribadi, bayi saya bisa sembuh dari demam, flu ataupun batuk dengan sendirinya (atas izin Allah SWT) tanpa minum obat namun terus saya gempur dengan ASI. Kebetulan bayi sayapun termasuk yang sulit untuk minum obat, sehingga pemberian ASI maksimal menjadi solusi terbaik dan sangat membantu untuk kesembuhan anak saya setiap kali sakit.

Sekarang bagaimana manfaat ASI untuk memperolah berat badan optimal bagi bayi?

Moms, bayi yang gemuk tentu sangat menggemaskan bukan? Tapi pernahkan moms merasa khawatir tentang obesitas pada bayi? Nah yg special dari ASI, jika diberikan pada bayi secara eksklusif di rentang usia 0-6 bulan maka tidak akan membuat bayi mengalami obesitas. Itulah yang menjadi salah satu kelebihannya.

Nah moms, bagaimana caranya supaya bayi ASI bisa gemuk? Kuncinya ada pada asupan nutrisi ibu dan cara menyusui yang tepat.

Usahakan moms minum air putih minimal 2 liter per hari dan mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang.

Lalu berikan ASI dengan cara yang tepat, yaitu:

  • Susui bayi baru lahir setiap 2 jam sekali

Moms, bayi baru lahir biasanya menghabiskan waktu lebih banyak untuk tidur. Moms tidak boleh terlena dan membiarkannya terus tidur. Bangunkan ia setiap dua jam sekali untuk menyusu.

  • Jika bayi ingin menyusu maka segera berikan

Moms, jangan biarkan bayi menangis terlalu lama karena lapar. Supaya dia bisa menyusu dengan tenang dan optimal.

  • Biarkan bayi menyusu sampai puas

Moms, jangan hentikan proses menyusi jika bukan bayi yang melepaskannya sendiri. Karena bayi juga bisa mengenal rasa kenyang, ketika dia puas maka dia akan menghentikannya sendiri.

  • Susui dengan satu payudara hingga kosong

Moms, sempat saya dengar mitos di masyakarat bahwa menyusui harus seimbang kanan kiri dalam satu kali menyusu. Ini merupakan pemikiran yang keliru, mengapa?

Karena kandungan lemak tinggi yang dapat membuat bayi gemuk terdapat pada akhir hisapan bayi di setiap payudara. Sehingga ketika bayi menyusu lalu melepaskan payudara moms hingga kosong, maka In shaa Allah lemak yang terdapat di akhir hisapan tadi telah tertelan oleh bayi.

Namun jika moms melepaskannya dan berpindah sebelum payudara kosong, maka bisa jadi kandungan lemak yang terdapat pada payudara tersebut tidak sempat terhisap oleh bayi. Itulah kunci utamanya moms. Maka biarkan bayi menyusu hingga puas di setiap payudara sebelum berpindah ke payudara selanjutnya.

Demikian moms, pengalaman yang dapat saya bagikan mengenai upaya mendapatkan bayi gemuk melalui proses menyusui yang tepat.

Semoga artikel ini bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Menyusui yang Benar supaya Bayi Tumbuh Sehat dan Gemuk"