Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kapan bayi siap mandi air dingin? | Cara melatih bayi mandi air dingin

Kapan bayi siap mandi air dingin? | Cara melatih bayi mandi air dingin

Proses memandikan merupakan rutinitas yang harus dilaksanakan setiap hari sejak bayi lahir di dunia. Tentunya bayi yang baru lahir tidak bisa mandi layaknya kita orang dewasa. Mereka memang sudah terbiasa berenang di dalam rahim kita, namun mereka berada di dalam cairan ketuban yang hangat. Sehingga ketika mereka terlahir di dunia, mereka tidak dapat langsung terbiasa dengan suhu dingin. Maka dari itu, bayi membutuhkan kehangatan. Begitupun ketika mandi, mereka tidak bisa langsung mandi menggunakan air dingin. Selain karena perlu adaptasi dengan suhu dingin, tubuh mereka juga memang belum siap dengan suhu yang terlalu dingin.

Lalu kapan bayi bisa mandi menggunakan air dingin?

Jawabannya adalah ketika bayi moms sudah siap. Tentu maksud air dingin disini adalah air kran dengan suhu normal ya moms, bukan air yang terlampau dingin seperti air es.

Berikut ini saya bagikan ciri bayi yang sudah siap mandi air dingin, juga cara melatihnya. Saya pribadi mencobanya sejak bayi saja di atas usia 6 bulan. Baik moms berikut ini saya bagikan pengalaman saya:

1. Ajak bayi mencuci tangannya di kran wastafel.

Respon awal biasanya bayi akan kaget, namun moms tidak perlu hawatir selama responnya masih wajar dan tidak ketakutan berlebih moms bisa terus mengulanginya di waktu yang lain setiap harinya.

2. Ajak bayi untuk melihat bunda beraktivitas di kamar mandi.

Tidak jarang bayi merasa takut berada di kamar mandi yang suasananya berbeda dengan ruangan lain di dalam rumah. Apalagi jika bunda langsung memperkenalkannya dengan air dingin. Nah bunda bisa awali dengan memperlihatkan berbagai aktivitas di kamar nandi, mulai dari mencuci, wudhu, gosok gigi, dsb. Bayi akan tertarik dengan aktivitas yang dia lihat dan cenderung ingin mengikuti.

3. Ajak bayi mencuci kakinya di kamar mandi. Mengapa harus di kamar mandi?

Hal ini untuk membiasakan bayi menginjak lantai kamar mandi yang dingin dan lembab. Makan aktivitas mencuci kaki ini baru bisa dilakukan jika bayi sudah terbiasa mencuci tangan di kran. Selain itu, bayi juga harus sudah terlihat antusias melihat aktivitas moms di kamar mandi.

4. Membasuh wajah bayi dengan air dingin.

Ketika bayi sudah terbiasa membasuh tangan dan kakinya, selanjutnya moms mulai membiasakan bayi moms membasuh muka dengan air dingin. Kemungkinan bayi moms akan terlihat kaget seperti saat pertama membasuh tangan dan kaki nya menggunakan air dingin. Tapi tidak apa-apa moms, ulangi terus secara rutin sampai bayi moms terbiasa.

5. Membersihkan bayi di kamar mandi ketika mereka pup.

Jika moms masih menggunakan tisu basah untuk membersihkan kotoran bayi, saat inilah waktu moms untuk meninggalkan tisu basah dan beralih ke kamar mandi. Ini bertujuan untuk melatih bayi mandi air dingin di kamar mandi. Juga bertujuan untuk membiasakan bayi mandi air dingin secara bertahap. Karena ketika moms membersihkan bayi dari kotoran, setengah dari tubuhnya akan terkena air dingin. Ketika bayi sudah terbiasa, nantinya bayi moms tidak akan terlalu kaget ketika harus mandi air dingin yang membasahi seluruh tubuhnya.

6. Mandi bersama (optional).

Jika dirasa perlu, moms bisa awali dengan mandi bersama bayi moms. Supaya bayi moms melihat bahwa aktivitas mandi yang sebenarnya yaitu di kamar mandi dengan air dingin. Hal ini hanya boleh dilakukan pada bayi di bawah 1 tahun yang belum faham tentang bagian-bagian tubuh yang harus tertutup. Karena ketika bayi berusia di atas satu tahun, moms atau orang dewasa lainnya tidak boleh menampakkan bagian tubuh tertentu pada bayi moms. Mengenai ini, nanti akan dibahas lebih mendalam pada artikel-artikel selanjutnya.

7. Ketika bayi berada di dalam bathtab(jolang), isi air dengan air hangat dengan suhu seperti biasanya.

Kemudian moms bisa menambahkan sedikit dingin sedikit demi sedikit. Terus tambahkan air dingin selama bayi masih merasa nyaman. Jika bayi sudah terlihat kaget, hentikan penambahan air dingin. Lakukan hal yang sama pada aktivitas mandi esok harinya sampai nanti bayi bisa menerima air dengan suhu dingin layaknya kita.

Demikian moms, cara yang saya lakukan untuk membiasakan bayi saya mandi air dingin. Namun ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan ketika bayi baru mulai belajar mandi air hangat, yaitu:

  1. Jemur bayi moms dan balur tubuhnya dengan minyak telon agar suhu tubuhnya kembali hangat. Ini juga bertujuan menghindarkan bayi dari masuk angin.
  2. Proses memandikan jangan terlalu lama.
  3. Tetap gunakan air hangat untuk. memandikan bayi, jika sedang hujan atau suhu udara terlalu dingin.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

Post a Comment for "Kapan bayi siap mandi air dingin? | Cara melatih bayi mandi air dingin"