Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kenali 8 Tanda Bahaya pada Saat Masa Kehamilan Bunda

8 Tanda Bahaya pada Saat Masa Kehamilan Bunda

Setiap ibu hamil sudah pasti menginginkan selama masa kehamilannya lancar, sehat, dan selamat dengan berharap tidak mengalami sakit. Namun, yang namanya sehat dan sakit itu tidak ada yang tahu kecuali Dia yang Maha Mengetahui.

Kita akan sadar bahwa sehat itu memang benar-benar mahal dibandingkan memiliki sesuatu yang berharga. Artinya bunda harus dapat menjaga diri agar tetap sehat disetiap saat dengan cara melakukan beberapa aktivitas olahraga. Seperti lari pagi, joging, fitness, jalan kaki, dan lain sebagainya.

Melakukan aktivitas olahraga secara rutin serta dibarengi dengan menjaga dan memenuhi kebutuhan pola makan seimbang dengan memperhatikan makanan yang dimakan oleh ibu hamil supaya memiliki berat badan ideal seiring pertumbuhan janin yang masih didalam kandungan.

Pola makan yang tidak teratur akan membuat badan menjadi tidak seimbang dan akan berakibat sering sakit bahkan sampai menderita sakit dalam. Yang dikhawatirkan adalah jika ibu hamil memiliki berat badan yang berlebihan sebelum melahirkan bisa jadi tidak melahirkan secara normal dan tindakan yang mesti dilakukan adalah operasi saecar.

Baiklah, pada kali ini saya akan memberikan informasi berupa tanda-tanda yang harus diwaspadai oleh ibu yang sedang hamil. Mudah-mudahan kita dijauhkan dari tanda-tanda tersebut ya moms. Tujuan dari artikel postingan kali ini adalah supaya bunda, suami, dan keluarga sigap dan melakukan tindakan cepat pada saat menemui masalah yang dialami oleh ibu hamil.

Oleh karena itu sebagai antisipasi atau sikap siap siaga yang harus kita lakukan jika mengalami salah satu dari tanda yang akan disampaikan di bawah ini dan bunda harus segera dibawa ke rumah bidan/ puskesmas/ rumah sakit untuk berkonsultasi dengan bidan maupun dokter spesialis kandungan.

8 Tanda Bahaya pada Saat Masa Kehamilan Bunda

8 Tanda Bahaya pada Saat Masa Kehamilan Bunda

Saya sampaikan lagi jika bunda mengalami salah satu tanda di bawah ini, maka segera datang ke Rumah BIdan/ Puskesmas/ Klinik/ Rumah Sakit kemudian konsultasikan kepada bidan atau dokter spesialis kandungan. Ini adalah penanganan yang sangat dianjurkan.

Baiklah moms dari delapan tanda-tanda yang dimaksud adalah sebagai berikut. Silakan baca dan pahami baik-baik.

1. Mual dan Muntah Terus-menerus

Pada masa kehamilan pasti semua ibu hamil sering mengalami mual dan rasa ingin muntah. Ini merupakan hal yang wajar bagi ibu hamil. Karena ada masanya mual tersebut. Yang tidak wajar adalah jika bunda mengalami mual yang berlebihan dan muntah terus-menerus dalam beberapa hari kedepan bahkan berbulan-bulan, jika ini terjadi, maka bukan lagi hal yang wajar ibu hamil. Kita harus pergi dan berkonsultasi ke bidan atau dokter. Sehingga masalah tersebut dapat teratasi sebelum terlambat waktunya.

2. Nafsu Makan Berkurang atau Cenderung Tidak Mau Makan

8 Tanda Bahaya pada Saat Masa Kehamilan Bunda

Karena setiap janin itu menyerap sari makanan dari ibunya, maka diharapkan moms harus dapat mengonsumsi makanan yang memiliki nilai gizi baik. Artinya tidak sembarangan memakan makanan untuk ibu hamil.

Nah, bagaimana jika moms tidak nafsu makan bahkan jika dipaksakan akan terasa mual. Maka tidak ada jalan lain untuk segera mengkonsultasikan langsung kepada bidan/ dokter kandungan. Sehingga masalah tersebut segera diatasi dan janin pun tetap menerima asupan gizi dari ibunya.

3. Janin Didalam Kandungan Kurang Bergerak Dibandingkan dengan Sebelumnya

Jika bunda mengalami hal seperti pada poin tiga ini, maka bunda tinggal diam. Harus segera datang ke dokter dan tanyakan apa yang harus dilakukan. Yang jelas, bunda jangan panik atau stres. Jika moms panik, maka akan menambah situasi menjadi buruk.

4. Mengalami Pendarahan

Pendarahan bisa diakibatkan dari mana saja. Seperti melakukan kerja berat secara berlebihan juga dapat memicu terjadinya pendarahan. Kemudian jatuh di kamar mandi, dan lain-lain.

Sebagai antisipasi awal, alangkah baiknya jika bunda mengalami jatun atau benturan. Maka segera konsultasikan dan ceritakan kepada bidan desa atau ke dokter spesialis kandungan.

5. Keluarnya Air Ketuban

Sudah jelas bahwa keluarnya cairan atau air ketuban ini tanda warning bagi setiap ibu hamil yag mengalaminya. Maka dari itu, segera langsjng datang ke puskesmas. Bila diperlukan mjnta surat rujukan untuk ke rumah sakit.

6. Demam Tinggi

8 Tanda Bahaya pada Saat Masa Kehamilan Bunda

Biasanya moms langsung panik ketika ibu hamil mengalami demam tinggi dan biasanya langsung membeli obat tanpa ada resep dari dokter. Ini sangat berbahaya dan tidak disarankan, maka jika terjadi demam tinggi usahakan ibu hamil tetap tenang dan segera temui bidan/ dokter.

7. Sakit Kepala disertai Kejang

Jika ibu hamil mengalami sakit kepala disertai dengan kejang yang jelas mesti dibawa ke puskesmas/ rumah sakit untuk ditangani oleh dokter.

8. Kaki, Tangan, dan Wajah menjadi Bengkak

Kaki, tangan, dan wajah ibu halim mengalami pembengkakan yang parah. Dari ciri-ciri tersebut memberitahukan kita agar cepat konsultasikan pada bidan desa/ dokter. Baik di puskesmas, klinik maupun di rumah sakit.

Sebagai catatan tambahan untuk artikel ini tentang kalimat yang mengarah pada dokter. Nah, dokter yang dimaksud pada artikel ini adalah dokter spesialis kandungan bukan dokter umum. Jadi, harus diperhatikan betul ya moms.

Post a Comment for "Kenali 8 Tanda Bahaya pada Saat Masa Kehamilan Bunda"