Skip to main content
Mom Baby

follow us

Istiqamah dalam Mendidik Anak

Penting untuk bisa konsisten atau beristiqamah dalam menerapkan aturan dan tidak cepat mengalah dalam menghadapi rengekan dan tangisan anak.

Terkadang setiap orangtua tidak tega melihat anaknya menangis terus-menerus karena meminta sesuatu. Kemudian orangtuanya pun pada akhirnya luluh dengan menuruti semua kemauan anaknya.

Bahkan sebagain orangtua antara suami dan istri berdebat yang mana diantara salah satu pihak memihak pada keinginan seorang anak. Seperti ucapan "sudah berikan saja, namanya juga anak kecil. Seperti belum pernah menjadi anak kecil aja". Perkataan tersebut justru akan membuat anak terus manja dan tidak ada rasa untuk berusaha sendiri.

Apakah ada cara lain agar anak dapat berusaha sendiri tanpa menggunakan senjata tangisannya?

Tips: Usahakan agar tidak meladeni semua kemauan anak selama tak ada alasan yang bisa ditolerir. Sehingga nanti anak akan sadar bahwa ia tak bisa menggunakan senjata tangis untuk merayu kedua orangtuanya.

Oleh karena itu, pastikan anak harus berusaha terlebih dahulu mengerjakan apa yang diperintahkan oleh kita.

Disisi lain Moms, ingat jangan pernah menerapkan perubahan aturan tanpa pertimbangan matang. Misalnya suatu saat orangtua melarang anak berbuat sesuatu hal, tetapi di lain waktu mengabaikan kembali larangan yang sama.

Dalam kondisi di atas sudah pasti akan membuat anak merasa kebingungan. Karena sisi lain diperbolehkan dan disisi lain tidak diperbolehkan atau adanya larangan.

Contoh lainnya adalah apabila memberikan hadiah di suatu saat tetapi di saat lain memberikan hukuman untuk sesuatu hal yang sama. Hal ini dapat menyebabkan akan mempunyai jiwa tegang penuh kebingungan dan dapat melunturkan rasa kepercayaan terhadap kedua orangtuanya.

Jika kita melakukan hal tersebut yakni merubah peraturan tanpa mempertimbangkan dengan matang, maka kelak seorang anak akan memiliki jiwa yang tidak suka konsisten.

Terus istiqamah dan jangan pernah putus asa dalam mendidik anak. Namanya juga anak, maka perlu dibimbing dengan cara penuh perhatian dan kasih sayang.

Insya Allah dengan selalu istiqamah dalam mendidik anak menjadi anak yang soleh yang memiliki akhlak baik tentu harus dibarengi dengan do'a meminta pertolongan kepada sang Maha Kuasa.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih telah menyimak dan membaca artikel singkat ini. Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan untuk meninggalkan pesan melalui Form Contact yang telah disediakan.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar