Skip to main content
Mom Baby

follow us

Manfaat Menyusui bagi Seorang Ibu

Keutamaan ASI bagi bayi dan manfaat menyusui bagi ibu

Pada artikel kali ini saya akan menyampaikan terkait pengalaman saya, juga info dari berbagai sumber mengenai manfaat mengASIhi. Ternyata bukan hanya bayi yang memperoleh manfaat ASI, tapi ibu yang mengASIhi juga akan merasakan manfaatnya. Berikut penjelasannya:

Manfaat ASI bagi Bayi

Tidak khawatir berat badan baby kurang ataupun berlebih

Ya, ASI sudah dirancang dan diformulasikan khusus untuk baby oleh Sang Pencipta. ASI dihasilkan untuk memenuhi kebutuhan baby, dan tidak akan melebihi kebutuhan baby. Baby ASI eksklusif akan selalu berada pada rentang berat badan ideal, tidak akan kekurangan gizi jika proses menyusuinya tepat. Baby ASI ekslusif juga tidak akan over weight atau berlebih berat badannya. Hal ini karena ASI sudah memiliki takaran yang pas, berbeda dengan sufor yang bisa saja keliru jika kita tidak tahu takaran yang tepatnya.

Baby memiliki daya tahan tubuh yang baik

Moms, bukan berarti bahwa baby sufor akan mudah sakit-sakitan dibanding baby ASI. Karena banyak faktor lainnya yang mempengaruhi kesehatan baby. Namun memang sudah diakui jika ASI itu mengandung semua zat yang dibutuhkan baby, yang tidak akan ditemukan pada produk baby manapun. Begitupun ketika baby sakit, ASI akan memproduksi zat yang dibutuhkan untuk meningkatkan imunitas baby sehingga lebih cepat sembuh.

Higienis

Saya pernah dengar orang yang berkata bahwa payudara yang telah lama tidak di susukan kepada baby, ASI yang terkandung di dalamnya telah basi. Moms, ASI yang terkandung di dalam payudara moms tidak akan pernah basi. Dia senantiasa fresh dan higienis, dapat diberikan kapan saja kepada baby. Dia tidak terkontaminasi apapun di dalam payudara moms, sehingga ASI yang langsung disusukan itu sangatlah higienis. Pun jika moms merasa perlu, moms cukup mengelap bagian puting saja ketika akan menyusui. Tak perlu hawatir dengan higienitas ASI yang keluar. Karena pasti fresh untuk baby.

Manfaat Menyusui bagi Ibu

Adapun manfaat menyusui bagi moms diantaranya:

Lebih cepat pulih dari kondisi pasca persalinan

Hal ini karena ketika menyusui, itu dapat membantu rahim berkontraksi mengendalikan pendarahan di dalam rahim. Sehingga rahim cepat pulih kembali.

Menguatkan bonding moms dengan baby

Tentu ini berpengaruh, karena ketika menyusui baby melekat pada tubuh moms. Terlebih ASI yang mengalir ke tubuh baby itu diproduksi dari tubuh moms. Maka tentu ikatan yang kuat akan terjalin antara moms and baby.

Membuat berat badan turun dengan cepat

Makan banyak namun berat badan turun. Itu bukan impian lagi bagi ibu menyusi. Karena ibu menyusui akan dapat menurunkan berat badannya secara signifikan jika ia menyusui baby secara eksklusif. Ya tentu, karena kalori ibu menyusui banyak terserap oleh baby melalui ASI. Bahkan kalori yang dibutuhkan itu jauh lebih besar dari ibu hamil. Maka dari itu, meskipun banyak makan, berat badan moms tetap dapat turun drastis.

Mudah tertidur

Jika sebelumnya moms mengidap insomnia, maka ketika masa menyusui moms akan lebih mudah lelah dan mengantuk. Bahkan momen yang paling nyaman adalah ketika bisa ikut terlelap sambil menyusui. Tentu moms tetap harus berhati-hati, jangan sampai moms terlelap tidur sementara bayi tidak terawasi kondisinya. Karena bayi bisa saja tersedak, gumoh atau bahkan hidungnya tertutup payudara. Ada baiknya, selesaikan dulu proses menyusui baru moms ikut tertidur.

Nah ini saja yang dapat saya sampaikan pada artikel kali ini. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar