Skip to main content
Mom Baby

follow us

Pemicu Ibu yang Tak Mau Menyusui Langsung

Hamil, melahirkan dan menyusui merupakan fitrah wanita yang tidak dapat diambil alih oleh laki-laki. Maka dari itu kitapun harus yakin bahwa Allah menganugerahkan pula segala penunjang bagi wanita untuk dapat menjalankan fitrahnya.

Ketika sebagian Ibu berusaha keras untuk dapat menyusui anaknya, banyak ibu yang justru malas bahkan tak mau menyusui langsung anaknya. Berikut ini beberapa penyebab yang bisa menjadi pemicu sikap tersebut:

Kelahiran bayi yang tidak berdasarkan keinginan sendiri

Moms, meskipun kita tidak menginginkan namun setiap baby yang lahir dari rahim kita, itu adalah anugerah dan titipan dari Yang Maha Esa yang harus kita jaga dengan semaksimal mungkin.

Kita harus ingat bahwa di luar sana masih banyak yang berharap dan terus berusaha untuk memperoleh keturunan. Ketika kita dititipi amanah tersebut, itu artinya kita diharapkan untuk menjaganya. Jadi, jangan sia-siakan kepercayaan tersebut. Kepercayaan dari Sang Pencipta.

Kurangnya perhatian dan dukungan dari orang sekitar

Menyusui itu adalah aktivitas yang terkadang menguras energy, waktu dan perhatian kita. Ibu menyusui juga harus bisa membagi waktu, tenaga dan perhatian dengan pekerjaan yang lain. Sikap orang-orang terdekat yang biasanya banyak menyalahkan dan sebagainya hanya akan memperparah kondisi ibu menyusui. Sehingga ibu menyusui akan rentan stres. Justru sebaliknya, ibu menyusui perlu pengertian, perhatian bahkan bantuan jika dirasa perlu untuk meringankan ibu menyusui supaya dia bisa lebih fokus pada baby.

Diet untuk mengembalikan postur tubuh ideal secara cepat

Alaminya, ibu menyusui justru akan lebih mudah menurunkan berat badannya dibanding dengan moms yang tidak menyusui. Justru moms yang tidak menyusui dan fokus diet saja, tetap akan kalah oleh ibu yang menyusui. Mengapa demikian? Karena kalori yang dilepaskan ibu menyusui cukup besar melalui ASI.

Justru moms yang tak menyusui, harus diet dan olahraga layaknya orang umum. Dan itu justru lebih sulit.

Hawatir payudara turun

Payudara turun akan tetap moms alami setelah melahirkan, sekalipun tidak menyusui langsung. Namun apapun penyebabnya, kondisi ini tetap dapat diatasi dikemudian hari melalui olahraga seperti fitnes. Banyak solusi yang dapat diupayakan, yang terpenting kebutuhan baby terpenuhi dulu.

Malas makan atau minum

ASI yang terus mengalir untuk baby minum, itu bersumber dari makanan dan minuman yang moms konsumsi. Tentu jika moms malas makan dan minum, produksi ASI akan berkurang. Untuk mengatasi hal tersebut, moms bisa menyediakan camilan dan minuman yang moms letakan di dekat tempat tidur atau di tempat-tempat yang terjangkau sehingga moms bisa dengan mudah makan dan minum.

Dan jika alasan moms malas makan dan minum itu karena takut berat badan tak kunjung turun, moms keliru. Karena kalori yang dibutuhkan ibu menyusui itu 3 kali lebih banyak dari ibu yang tak menyusui. Jadi tetaplah makan dan minum sesuai kebutuhan agar ASI tercukupi.

Itu saja artikel yang dapat saya buat hari ini. Semoga moms tetap dan terus semangat untuk menyusui. Demi kebaikan baby kita. Agar baby kita tumbuh menjadi anak yang sehat dan pintar.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar