Skip to main content
Mom Baby

follow us

Penyebab Produksi ASI Bisa Menurun

Seringkali yang menjadi alasan moms untuk memberikan sufor kepada bayi adalah produksi ASI kurang, bayi tidak kenyang, ASI tidak cukup untuk baby, dsb.

Sebelum membuat kesimpulan seperti itu, moms cari tahu dulu konsep ASI untuk baby. Nah berikut ini beberapa kekeliruan yang masih banyak dilakukan oleh moms di luar sana yang mungkin minim informasi.

Terburu-buru memberikan sufor sebagai pendamping ASI

ASI diproduksi sesuai dengan kebutuhan baby. Jumlah hisapan pada payudara, menentukan tingkat produksi ASI. Semakin sering dihisap maka ASI pun akan semakin banyak diproduksi.

Ketika moms terburu-buru memberikan sufor sebagai pendamping ASI, maka otomatis ketika baby mengkonsumsi sufor maka saat itu moms kehilangan kesempatan untuk mendapatkan hisapan baby. Yang mana hisapan baby pada payudara moms sangat diperlukan untuk meningkatkan produksi ASI.

Dengan kata lain, ketika bayi mengkonsumsi sufor maka ASI pun akan semakin berkurang karena intensitas hisapan yang didapat dari babypun berkurang.

Stres bahkan baby blues

Proses menyusui bukanlah hal yang mudah meskipun tentu sangat menyenangkan. Namun ternyata, itu tidak otomatis dirasakan oleh semua moms. Ada juga moms yang mengalami stres bahkan baby blues ketika masa menyusui.

Banyak faktor yang bisa menjadi pemicunya, diantaranya kelelahan, kurang perhatian, banyak tekanan, dsb. Proses menyusui yang harusnya dibuat happy, justru menjadi sebuah tekanan karena kondisi psikis moms yang terganggu. Jika dibiarkan baby blues ini bisa semakin parah, bahkan bisa membahayakan moms maupun baby, karena seringkali moms yang mengalaminya tidak dapat berfikir sehat dan normal seperti biasanya.

Dan untuk produksi ASI sendiri, moms yang kondisi psikisnya terganggu dapat mempengaruhi produksi ASI juga. Selain berkurang, ASI pun bisa berhenti berproduksi sama sekali. Dalam hal ini moms harus lebih pandai mengelola pikiran, perasaan dan emosi. Dan dady juga orang-orang disekitar harus sering-sering memberikan dukungan bahkan bantuan jika diperlukan.

Tidak menyusui langsung, tapi hanya memakai alat pompa ASI

Memompa ASI tidak dilarang, bahkan dalam beberapa situasi justru diperkukan. Terlebih jika moms seringkali meninggalkan baby dalam waktu berjam-jam contohnya saat moms bekerja. Yang menjadi masalah, jika moms hanya memberikan ASIP melalui dot tanpa menyusukannya langsung kepada baby. Nyatanya, hisapan baby itu berbeda dengan hisapan alat pompa. Hisapan baby lebih berpengaruh untuk meningkatkan produksi ASI. Jadi, jangan lewatkan kesempatan ya moms untuk menyusui baby secara langsung di saat moms bersamanya.

Kurang makan dan minum

Masih banyak yang berfikiran bahwa ibu hamil harus banyak makan, sementara setelah melahirkan moms langsung melakukan diet untuk mengembalikan postur tubuh ideal. Moms, nyatanya kalori yang dibutuhkan ibu menyusui itu jauh lebih besar dibandingkan dengan ibu hamil. Itu sebabnya ibu menyusui lebih mudah lapar dan haus. Karena nutrisinya lebih banyak terserap oleh baby melalui ASI.

Jika moms kekurangan makan atau minum, bukan hanya lapar atau haus yang moms rasakan tetapi dampaknya juga terhadap produksi ASI yang akan menurun. Jadi jangan segan untuk makan atau minum supaya produksi ASI tercukupi.

Tidak yakin dapat menyusui

Beberapa moms di masa awal melahirkan, belum bisa memproduksi ASI dalam jumlah banyak secara langsung. Dan ini seringkali menjadi pemicu moms hawatir berlebih sehingga mempengaruhi pola pikir bahwa moms tidak dapat memproduksi ASI yang banyak. Inilah yang menjadi awal permasalahan. Ingat ya moms, otak kita itu adalah pusat instruksi. Termasuk hormon dan kelenjar susu yang menghasilkan ASI juga dikendalikan oleh otak.

Ketika moms berfikir bahwa moms tidak dapat mencukupi ASI untuk baby, maka otak akan memerintahkan seperti itu pula. Maka terjadilah yang moms hawatirkan. Jadi yakinlah bahwa moms bisa menyusui, dan produksi ASI akan meningkat. Tentunya bisa dibarengi dengan berbagai upaya. Adapun upaya yang dapat moms lakukan untuk meningkatkan produksi ASI, bisa moms baca di artikel lain pada blog ini.

Itulah beberapa penyebab produksi ASI berkurang, semangat mengASIhi ya moms. Yakin bahwa semua moms diberi kemampuan untuk mengASIhi. Dan semua baby berhak untuk dikASIhi.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar