Skip to main content
Mom Baby

follow us

Aktivitas yang Perlu Dilakukan oleh Ibu Hamil

Aktivitas yang Perlu Dilakukan oleh Ibu Hamil pada saat Masa Kehamilan

Aktivitas yang Perlu Dilakukan oleh Ibu Hamil - Ibu yang sedang hamil harus dapat mengetahui aktivitas-aktivitas yang dapat dilakukan sehari-hari. Tidak semua aktivitas dapat dilakukan oleh ibu hamil, maka kita harus dapat memilih aktivitas yang cocok untuk dilakukan. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Pada artikel kali ini, akan membahas mengenai beberapa aktivitas yang perlu dilakukan oleh ibu hamil. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Aktivitas yang Perlu Dilakukan oleh Ibu pada Masa Kehamilan

Berikut ini adalah beberapa aktivitas yang perlu dilakukan oleh ibu hamil. Sangat baik jika dilakukan dan dibiasakan untuk sehari-hari. Yaitu diantaranya sebagai berikut:

Banyak meminum air mineral

Selama masa kehamilan, ibu hamil diharapkan dapat membiasakan untuk meminum air mineral dalam jumlah cukup banyak. Karena menghindari dehidrasi pada siang hari.

Perlu diingat bahwa tubuh kita memerlukan 75% , artinya kita harus banyak minum. Terlebih lagi kalau ibu yang sedang hamil maka dua kali lipat dari hari biasanya.

Jalan di pagi hari

Aktivitas yang dapat dilakukan oleh ibu hamil yaitu jalan kaki di pagi hari bersama seorang suami. Hal ini dilakukan agar janin yang ada didalam kandungan menjadi sehat.

Selain menyehatkan janin juga dapat menyehatkan ibu hamil. seperti badan menjadi segar, pasokan oksigen terpenuhi, tidak cepat lelah, peredaran darah lancar, otot-otot tidak kaku, badan menjadi Vit, proses persalinan menjadi lancar, dan masih banyak lagi manfaat dari jalan di pagi hari.

Sering bersujud

Aktivitas selanjutnya yang dapat dilakukan oleh ibu hamil adalah sering bersujud. Paramedis bahkan menyarankan untuk ibu yang sedang hamil itu harus banyak atau sering bersujud. Hal ini dilakukan supaya pada saat melahirkan dalam kondisi normal atau tidak sesar.

Aktivitas yang satu ini bagi seorang muslimah sudah tentu merupakan kewajiban. Seperti melakukan salat lima waktu dan dan salat Sunnah lainnya.

Jika bunda seorang muslimah, terutama yang sedang hamil. Aktivitas seperti salat lima waktu wajib dilakukan. Karena pada saat bunda sedang hamil, tidak akan mengalami masa haid.

Lalu Bagaimana jika Bunda bukan seorang muslimah, maka tetap yang namanya sering sujud itu harus dilakukan. Karena ini sangat membantu itu dalam menghindari persalinan cesar.

Kembali lagi pada paramedis, yang dapat mengaplikasikan bahkan menyarankan kepada ibu yang sedang hamil untuk perbanyak sujud. Terutama pada masa kehamilan trimester tiga.

Membaca ayat suci Alquran

Aktivitas yang harus dilakukan oleh ibu hamil selanjutnya adalah sering membaca ayat suci Alquran. Karena ini dapat menenangkan pikiran supaya tidak stress.

Terlebih lagi kita melihat bahwa keutamaan dalam membaca Alquran itu sangat besar sekali. Seperti menstimulus janin yang masih ada didalam kandungan, dan lain-lain.

Bersiwak

Aktivitas yang perlu dilakukan oleh ibu hamil, ialah bersiwak. Untuk ibu hamil bersiwak ini sangat dianjurkan sekali. Karena dapat menyehatkan serta menghindari bau mulut.

Biasanya bersiwak menggunakan kayu Arok. Jika anda tidak suka dengan Kayu Arok, Anda juga dapat menggunakan sikat gigi.

Rajin mandi atau membersihkan badan

Kebersihan merupakan inti dari segala kesehatan. Termasuk mengganti baju dan membersihkan badan. Kenapa ini harus dilakukan? Karena menghindari penyakit dari luar yang dapat mempengaruhi sistem imun Bunda.

Istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup merupakan bagian aktivitas yang perlu dilakukan oleh ibu hamil. Seperti tidur di waktu, bersantai, dan aktivitas istirahat lain yang membutuhkan waktu cukup. Hindari kebiasaan tidur terlalu malam atau begadang.

Waktu yang dianjurkan untuk tidur itu sendiri adalah pada saat malam hari sekitar jam 8 malam, siang sekitar jam 11, dan hindari tidur pada sore hari ya moms.

Senam ibu hamil

Aktivitas yang perlu dilakukan oleh ibu hamil selanjutnya adalah melakukan senam yang khusus untuk ibu hamil.

Akicvitas senam ini dapat dilakukan sebanyak dua kali dalam satu pekan atau seminggu dua kali. Hal tersebut menghindari dari kecapean secara tiba-tiba.

Senam untuk ibu hamil tidak dapat dilakukan sendirian didalam rumah melainkan harus ada yang membimbing. Nah, jadi tidak sembarangan ya moms yaitu membutuhkan intrukstur senam khusus ibu hamil.

Demikianlah artikel mengenai beberapa aktivitas yang perlu dilakukan oleh ibu hamil. Semoga artikel ini dapat bermanfaat, terima kasih telah berkunjung di blog mom and baby.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tulis komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum Blog Mom and Baby
Buka Komentar