Skip to main content
Mom Baby

follow us

Cara Mengatasi Ibu Hamil Susah Tidur

Cara Mengatasi Ibu Hamil Susah Tidur yang Patut Anda Coba

Cara Mengatasi Ibu Hamil Susah Tidur - Pada umumnya ibu yang berada dimasa kehamilan sulit untuk melakukan aktivitas satu ini, yaitu tidak bisa tidur baik disiang hari maupun dimalam hari.

Tidur merupakan salah satu aktivitas yang perlu dilakukan. Karena dengan tidur, setelahnya badan kita menjadi segar kembali untuk melakukan aktivitas lainnya.

Faktanya, jika seseorang tidak melakukan aktivitas satu ini maka sesuatu yang dirasakan adalah merasa lelah, kantuk, dan tidak fit/ bersemangat dalam menjalani aktivitas hariannya bahkan kesehatan badan cenderung mudah sakit.

Oleh karena itu, lakukanlah aktivitas tidur ini secara rutin serta disiplin.

Berikut beberapa penyebab ibu hamil yang susah tidur serta bagaimana cara mengatasinya

1. Banyak pikiran

Bayak pikiran atau sering memikirkan suatu masalah pribadi juga menjadi salah satu faktor yang membuat ibu hamil susah tidur.

Banyak pikiran ini bisa jadi timbul dari masalah-masalah yang diterima oleh ibu hamil baik itu masalahnya dari luar rumah maupun sebaliknya sehingga bunda merasa risih dan susah untuk melupakannya.

Salah satu cara yang bisa dicoba oleh Moms adalah selalu berusaha untuk bersikap tenang dan rileks. Sikap tenang dan rileks dapat ditemukan dengan berbagaimacam metode. Salah satunya yaitu dengan mendengarkan musik.

2. Perasaan yang tidak enak

Perasaan tidak enak yang dialami oleh ibu hamil juga dapat menjadi faktor pemicu susah tidur. Perasaan ini bisa muncul didalam rumah tangga maupun urusan yang ada di luar rumah seperti dengan temannya.

Karena memang ibu hamil itu mudah tersinggung dan bahkan sangat sensitif terhadap perasaannya. Jadi, sebisa mungkin Moms untuk tetap berusaha agar tidak terpancing emosi.

Berusaha semaksimal mungkin untuk selalu mengendalikan sikap emosi Moms. Karena biasanya ibu yang sedang hamil perasaannya sensitif dan bawaannya selalu ingin marah terus.

3. Kondisi badan sedang tidak sehat

Badan yang kurang sehat juga salah satu menjadi faktor yang dapat mengakibatkan ibu hamil susah tidur. Faktanya seperti sakit flu, demam, batuk, keram, sakit pinggang, dan jenis sakit lainnya membuat ibu hamil tidak nyaman dalam kondisi tersebut.

Jangankan ibu hamil, semua orang juga kalau sedang sakit pasti merasakan hal yang sama, yaitu susah untuk tidur.

Berolahraga secara rutin merupakan solusi paling tepat untuk mengatasi Moms yang sedang susah tidur. Silakan Moms lakukan olahraga secara rutin dan alangkah baiknya jika Moms membuat jadwal olahraga dengan menyesuaikan agenda kegiatan harian Moms.

4. Pola hidup tidak sehat

Pola hidup yang tidak sehat seperti tidak suka melakukan aktivitas olahraga juga dapat menyebabkan ibu hamil susah tidur. Maka dari itu, Moms harus dapat meninggalkan kebiasaan buruk tersebut menjadi baik.

Disisi lain aktivitas yang perlu dilakukan oleh ibu hamil juga merupakan salah satu kegiatan yang sangat dianjurkan oleh dokter untuk dilakukan supaya dapat menempuh pada pola hidup yang sehat bagi ibu hamil.

Meninggalkan kebiasaan buruk seperti meminum air yang mengandung alkohol, merokok, dan meminum kopi merupakan salah satu cara mengatasi ibu hamil yang susah tidur.

5. Pola makan tidak sehat

Kebiasaan mengonsumsi makanan yang kurang sehat atau terlalu ekstrim dapat mempengaruhi kesehatan badan terutama pada ibu yang sedang hamil.

Selain itu, ibu hamil juga akan merasa susah tidur dikarenakan kondisi badan yang kurang fit dan ini tentu sangat mengganggu pertumbuhan janin yang masih ada di dalam kandungan.

Membiasakan untuk memilih makanan dan mengonsumsi makanan yang sehat juga merupakan salah satu bentuk upaya untuk mengatasi ibu hamil yang susah tidur.

6. Sedang dalam kondisi gelisah

Sedang dalam kondisi gelisah juga dapat menjadi faktor utama yang menyebabkan ibu hamil susah tidur. Kegelisahan tersebut bisa jadi muncul karena banyak memikirkan hal-hal yang ditakuti sehingga menghasilkan rasa kekhawatiran yang tinggi.

Banyak cara untuk mengatasi rasa gelisah ini, yaitu diantaranya berupaya untuk selalu tenang dalam menghadapi masalah, berpikir positif, mencari waktu untuk menenangkan pikiran, membaca buku tentang motivasi hidup, dan melakukan aktivitas yoga atau meditasi.

7. Ibu hamil merasa jenuh

Perasaan jenuh dimana keadaan yang dialami oleh seorang ibu hamil ketika suatu aktivitas yang dikerjakan hanya itu-itu saja. Tentu hal ini akan mempengaruhi psikologis ibu hamil sehingga ia akan merasa tidak nyaman bahkan sampai berakibat susah tidur.

Salah satu cara mengatasinya yaitu bisa dengan cara membaca buku-buku kesukaan. Kegiatan tersebut akan membuat ibu hamil merasa tenang dan rileks sehingga ibu hamil dapat tidur dengan mudah.

Apabila dengan beberapa cara di atas tidak juga berpengaruh apa-apa, maka alangkah baiknya Moms konsultasikan ke bidan atau dokter spesialis jika ditemukan beberapa keluhan selama masa kehamilan.

Demikianlah artikel mengenai bagaimana cara mengatasi ibu hamil susah tidur. Semoga postingan artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di Blog Mom and Baby.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tulis komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum Blog Mom and Baby
Buka Komentar