Skip to main content
Mom Baby

follow us

Cara Mengatasi Ibu Hamil yang Sering Mengalami Buang Air Kecil

Cara Mengatasi Ibu Hamil yang Sering Mengalami Buang Air Kecil yang Perlu Anda Ketahui

Cara Mengatasi Ibu Hamil yang Sering Mengalami Buang Air Kecil - Pada masa kehamilan yang dirasakan Bumil bukan hanya berat badan menjadi naik saja, seiring bertambahnya waktu usia kehamilan Bumil juga sering mengalami buang air kecil dan hal ini tentu wajar bagi ibu hamil.

Perlu diingat bahwa sering mengalami buang air kecil pada masa kehamilan bukanlah hal yang berbahaya. Akan tetapi kondisi tersebut tentu sangatlah mengganggu bagi Bumil saat menjalankan aktivitas kehidupannya.

Selain mengganggu aktivitas ibu hamil, juga mengharuskan untuk keluar-masuk toilet setiap saat baik pada siang hari maupun di malam hari.

Berikut Cara Mengatasi Ibu Hamil yang Sering Mengalami Buang Air Kecil

Beikut beberapa faktor yang menjadi penyabab ibu hamil sering mengalami buang air kecil serta bagaimana cara mengatasinya.

1. Kurangi minum air

Kurangi minum air bukan berarti seorang ibu tidak boleh minum seharian lamanya. Karena Bumil tetap memerlukan cairan yang cukup. Yang perlu diperhatikan adalah mengatur takaran dalam meminum air supaya tidak sampai berlebihan.

Tidak menutup kemungkinan yang dapat mengakibatkan Bumil sering buang air kecil itu diakibatkan karena tidak teraturnya takaran air minum baik air mineral maupun jenis minuman lain dengan jumlah diluar takaran kebutuhan.

Apalagi jika Moms berada pada malam hari yang terus keluar-masuk toilet tentu hal ini sangat mengganggu waktu tidur Bumil. Oleh karena itu, untuk menghindari hal tersebut untuk tidak banyak minum sejak sore hari.

2. Menghindari jenis minuman yang dapat memicu terhadap meningkatnya air kemih

Kemungkinan yang dapat menjadi faktor penyebab terjadinya sering buang air kecil pada ibu hamil adalah kebiasaan meminum jenis minuman yang dapat meningkatkan jumlah kadar air kemih.

Minuman yang dapat menngkatkan produksi urine adalah minuman yang berkafein seperti kopi, teh, atau minuman yang bersoda. Oleh karena itu sebisa mungkin Moms harus dapat menghindarinya.

Perlu Moms ketahui bahwa minuman yang mengandung kafein itu bersifat menarik cairan dalam tubuh (diuretik). Artinya, jika Moms terbiasa mengonsumsi minuman tersebut bisa mengalami buang air terus-menerus bahkan sampai mengalami dehidrasi.

3. Posisi badan saat buang air kecil

Posisi badan pada saat buang air kecil juga dapat menjadi faktor kenapa Bumil sering mengalami buang air kecil. Maka dari itu, Moms harus dapat memposisikan badan dengan benar pada saat buang air kecil di dalam toilet.

Salah satu cara yang paling efektif dan boleh dicoba oleh Bumil adalah dengan cara memposisikan badan condong ke depan pada saat buang air kecil.

4. Olahraga secara rutin

Aktivitas seperti olahraga kebanyakan jarang dilakukan oleh ibu hamil, hal ini bisa menjadi pemicu sering buang air pada Bumil. Karena biasanya Bumil selalu mencari pada situasi yang dianggapnya nyaman seperti melakukan aktivitas harian tanpa menjalani olahraga secara rutin.

Olahraga yang baik untuk dilakukan oleh seorang ibu hamil adalah senam kegel. Senam kegel bermanfaat untuk mengencangkan otot rahim, kantong kemih, dan usus besar. Selain itu, senam ini juga dapat membantu mengurangi produksi urine seseorang.

5. Hindari rasa cemas atau nervous

Rasa kecemasan (grogi) yang dialami ibu hamil dapat mengakibatkan sering keluar-masuk toilet untuk buang air kecil. Oleh karena itu, Bunda harus dapat menempatkan diri pada situasi nyaman supaya tidak mengalami rasa cemas.

Banyak cara untuk menghindari rasa cemas ini, yaitu salah satunya dengan cara mendengarkan musik, melakukan aktivitas yang dapat menghibur atau bisa jalan-jalan melihat pemandangan yang dapat menenangkan suasana.

6. Waspada terhadap buang ari secara tidak wajar

Sebagaimana yang telah disebutkan pada paraghraf pertama dalam artikel ini bahwa ibu hamil yang mengalami buang air kecil itu merupakan bagian hal yang wajar.

Namun perlu kita waspada jika terjadi sesuatu pada ibu hamil seperti buang air secara tidak wajar, buang air disertai dengan rasa sakit, demam, dan keluhan lainnya. Alangkah baiknya segera konsultasikan hal tersebut ke dokter spesialis kandungan supaya masalahnya dapat teratasi.

Demikianlah artikel mengenai bagaimana cara mengatasi ibu hamil yang sering mengalami buang ari kecil secara berlebihan. Semoga postingan ini dapat membantu dan terima kasih telah berkunjung di situs kami.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tulis komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum Blog Mom and Baby
Buka Komentar