Skip to main content
Mom Baby

follow us

Cara Mengatasi Ibu Hamil yang Mengalami Sakit Perut

Cara Mengatasi Ibu Hamil yang Mengalami Sakit Perut – Pada masa kehamilan, setiap Bumil sering merasakan tanda dan keluhan yang berbeda-beda. Salah satu keluhan yang sering dialami oleh Bumil adalah sakit perut. Apakah Anda saat ini merasakannya?

Perlu kita ketahui bahwa sakit perut yang dialami oleh ibu hamil itu merupakan sesuatu yang wajar, tapi Bunda harus berhati-hati apabila kondisinya disertai dengan gejala lain. Seperti mual muntah tidak kunjung berhenti, tidak bisa makan, dan lain sebagainya.

Banyak faktor yang dapat menyebabkan ibu hamil mengalami sakit perut, bisa disebabkan pola makan dan lingkungan. Seperti kembung atau masuk angin, pola makan tidak teratur, telat makan, kontraksi palsu dan lain sebagainya.

Ibu hamil mengalami sakit perut ini biasanya terjadi pada saat hamil 3 bulan, 4 bulan, 5 bulan, 6 bulan, dan 7 bulan atau pada saat memasuki trimester akhir.

Berikut Cara Mengatasi Ibu Hamil yang Mengalami Sakit Perut

Meminum air hangat

Meminum air hangat merupakan cara mengatasi sakit perut akibat kekenyangan. Karena tidak menutup kemungkinan bahwa Bumil yang mengalami sakit perut itu diakibatkan dari kekenyangan memakan makanan.

Terutama bagi Moms yang menyukai makanan-makanan mengandung atau menghasilkan banyak gas seperti halnya sayur kol dan sejenisnya sehingga perut Moms mengalami kembung (masuk angin) bahkan susah untuk mengeluarkan gas.

Oleh karena itu disarankan bagi Bumil untuk meminum air hangat. Karena air hangat dapat meredakan rasa sakit dan juga memperlancar mengeluarkan gas yang ada didalam perut.

Mandi air hangat

Mandi dengan air hangat merupakan salah satu cara mengatasi sakit perut saat hamil. Faktanya mandi dengan menggunakan air hangat dapat membuat badan menjadi rileks.

Tidak menutup kemungkinan bahwa sakit perut yang dialami oleh ibu hamil itu diakibatkan oleh keram otot perut. Oleh karena itu, Moms disarankan untuk mandi menggunakan air hangat supaya otot-otot perut Moms menjadi rileks atau tidak keram lagi.

Oleh karena itu, Moms jangan sekali-kali mandi dengan air dingin pada saat sakit perut. Karena hal tersebut dapat menyebabkan keram pada perut Bunda.

Pijat pada bagian panggul

Selain mandi menggunakan air hangat, pijat pada bagian panggul pun dapat menjadi cara mengatasi Bumil yang sedang merasakan sakit perut. Ingat, hanya pada bagian panggul saja ya Moms.

Silakan minta kepada suami atau keluarga Moms untuk memijat pada bagian panggul Moms. Hal ini betujuan supaya rasa sakit yang dialami Bumil cepat lekas sembuh.

Jika, tidak ada yang bisa memijatkannya. Solusi lain adalah dengan mendatangkan bidan desa ke rumah Bunda untuk melakukan proses pemijatan yang benar sesuai dengan cara khusus.

Hindari meminum obat

Jika Moms mengalami sakit perut pada masa kehamilan. Maka yang perlu diingat adalah jangan sekali-kali memaksakan diri untuk meminum obat tanpa ada resep dari dokter.

Hal ini tentu akan berdampak buruk bagi kondisi janin yang masih berada di dalam kandungan Moms. Terlebih lagi kalau obat tersebut belum diketahui efek sampingnya.

Oleh karena itu, pada poin ini sebisa mungkin Moms untuk menghindari jenis obat yang dibeli tanpa resep dokter, terkecuali jika bunda konsultasi terlebih dahulu kepada binda desa atau dokter spesialis kandungan terkait obat yang akan dikonsumsi.

Memposisikan tidur

Memposisikan badan untuk tidur juga merupakan bagian dari cara mengatasi Bumil yang mengalami sakit perut pada masa mengandung terutama sering terjadi pada usia kandungan mencapai 6 bulan ke atas.

Posisikan badan kesamping pada saat Bunda akan tidur dan hindari juga memposisikan tubuh menjadi telentang atau tengkurap pada saat tidur harena hal ini sangat tidak disarankan bagi ibu yang sedang hamil.

Selain itu, pastikan juga agar bagian kepala sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan bagian bawah badan (kaki). Supaya posisi kepala bisa lebih tinggi daripada kaki, Bunda dapat memilih bantal yang nyaman untuk dijadikan sebagai sanggahan.

Bagaimana Moms, bisa kebayang kan? Bagai mana caranya. Hal ini yang saya lakukan ketika saya mengalami sakit perut baik pada saat sedang hamil maupun sedang tidak hamil.

Mengatur pola makan

Pola makan dalam kehidupan sehari-hari yang tidak teratur juga dapat mengakibatkan Bumil mengalami sakit perut pada masa kehamilannya.

Faktanya banyak ibu hamil belum bisa mengenal makanan yang dapat mengakibatkan sakit perut dan jenis makanan yang dapat menjadikan perut sakit bukanlah halnya makanan yang pedas saja.

Makanan-makanan sayuran yang dapat memicu kembung atau menghasilkan kadar gas yang berlebihan juga dapat membuat Bumil mengalami rasa sakit pada saat menjalani masa kehamilannya.

Coba pikirkan, apakah buda suka makan sayur kol ataukah membuat makanan yang bahan dasarnya dari brokoli?. Tahukah bunda bahwa makanan yang berbahan dasar tersebut dapat memicu timbulnya kadar gas berlebihan sehingga mengalami kembung.

Oleh karena itu, kurangi memakan makanan seperti yang berbahan dasar dari kol dan brokoli atau jenis makanan dan minuman lainnya yang dapat mengakbatkan perut kembung.

Keyword: cara mengatasi sakit perut akibat makan pedas, cara mengatasi sakit perut asam lambung, cara mengatasi sakit perut akibat stres, cara mengatasi sakit perut akibat kekenyangan, cara mengatasi sakit perut pada awal kehamilan, cara mengatasi sakit perut saat hamil, cara mengatasi sakit perut saat hamil 5 bulan, cara mengatasi sakit perut saat hamil 4 bulan, cara mengatasi sakit perut saat hamil 3 bulan, cara mengatasi sakit perut saat hamil muda, cara mengatasi sakit perut saat hamil 7 bulan, cara mengatasi sakit perut saat hamil 6 bulan, cara mengatasi sakit perut atau diare, cara mengatasi sakit perut atau masuk angin

Buka Komentar