Skip to main content
Mom Baby

follow us

Anda Wajib Tahu, Kapan Anak Mulai Pegang Handphone

Anda Wajib Tahu, Kapan Anak Mulai Pegang Handphone - Masalah yang dialami anak masa kini adalah sulit untuk belajar justru malah asyik dengan permainan gamenya yang ada di handphone.

Kebiasaan tersebut akan membuat anak bertambah malas dalam menjalani kehidupannya. Ia akan cenderung menjadi seseorang yang asyik dengan permainannya yang ada di handphone atau ponselnya.

Padahal kita tahu, bahayanya anak yang tercandu dengan permainannya dapat menurunkan prestasinya dalam belajar. Oleh karena itu, cepat atau lambat kita sebagai orangtua harus dapat mengatasinya.

Untuk mengatasi hal tersebut, terlebih dahulu kita diwajibkan tahu kapan anak mulai boleh memegang handphone. Karena berbagai jenis handphone atau smartphone yang dimiliki anak sebelum waktunya pegang, tentu dampaknya berbahaya bagi seorang anak.

Berikut Hal yang Wajib Anda Tahu sebelum Memberikan Ponsel pada Anak

Usiap Berapa Anak Pegang Handphone?

Menurut saya pribadi, anak dibolehkan pegang handphone pada usia 17 tahun. Hal ini dilakukan agar anak dapat mengendalikan dirinya supaya tidak mudah terpengaruh oleh permainan yang ada didalamnya.

Usia sejak lahir sampai dengan 17 tahun, umumnya anak mencari ilmu pengetahuan yang menantang. Jika hal tersebut tidak dilakukan, malah ada orangtua yang setuju anaknya memegang handphone, maka yang akan terjadi anak mengalami kemalasan.

Seperti halnya dampak yang ditimbulkan adalah anak mudah putus asa, tidak ada harapan untuk belajar dan menerima hal-hal yang menantang lagi. Tentu hal ini sangat merugikan sekali terhadap perkembangan seorang anak yang belum matang.

Apa yang Harus Dilakukan Orangtua?

Yang mesti dilakukan oleh orangtua terhadap anaknya adalah memberikannya sebuah permainan lain sehingga anak merasa asyik dengan permainannya yang baru. Dan hal ini akan membuat anak tidak tertarik memainkan ponsel.

Dan perlu diingat, jangan sekali-kali anda memberikan janji pada anak bahwa anda akan membelikannya sebuah hadiah handphone. Jika terjadi, maka tunggulah perkembangan anak anda akan segera terpengaruhi oleh ponsel barunya.

Lagi-lagi saya katakan, kita sebagai orangtua jangan terlalu asik atau disibukan dengan urusan pribadi kita. Dan kita jangan menganggap bahwa handphone dapat membuat anak terdiam dan pekerjaan anda terselesaikan dengan baik tanpa ada gangguan.

Saya bahkan kurang setuju jika ada orangtua yang beranggapan seperti itu. Justru saya merasa kasihan terhadap anak dan yakin perkembangannya akan mengalami keterlambatan dibandingkan dengan mereka yang tidak pegang handphone.

Biasakan untuk Bermain sambil Belajar

Anda wajib tahu, mengenai anak anda mulai pegang handphone. Kapan, dimana, waktunya.

Yang pasti anda harus dapat membimbing anak anda untuk selalu belajar tanpa memegang handphone. Karena jika sudah terpengaruh dengan handphone, maka anak akan merasa ketergantungan dengan keberadaannya.

Bermain sambil belajar. Anda jangan kesulitan mencari tahu mengenai bagaimana caranya. Banyak sekali cara yang dapat mengarahkan anak untuk bermain tapi didalamnya terdapat sebuah pelajaran yang sangat mendidik.

Demikianlah postingan artikel mengenai hal yang mewajibkan anda tahu kapan anak mulai bisa pegang handphone. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda sekalian dalam menyelesaikan permasalahan yang dihadapi oleh seorang anak.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tulis komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum MomBaby
Buka Komentar