Skip to main content
Mom Baby

follow us

Pendaftaran PPPK 2021 untuk Guru | Berikut Penjelasan Lengkapnya

Pendaftaran pppk 2021 - Menurut penjelasan yang dipaparkan oleh panitia p3k, bahwa pendaftaran pppk 2021 akan dilaksanakan pada pertengangan bulan Juni melalui akun resmi seleksi calon aparatur sipil negara atau link daftar pppk kemendikbud 2021 di laman sscasn.bkn.go.id, maka dari itu silakan persiapkan dari sekarang dengan mengetahui cara daftar pppk kemendikbud atau pendaftaran pppk 2021 hingga sampai mengikuti seleksi akhir sehingga anda tidak kerepotan saat mengikuti p3k tahun 2021.

Mengenai pendaftaran pppk 2021, perlu diketahui juga bahwa untuk seleksi penerimaan ASN ini terdapat tiga kategori, yaitu P3K Guru, P3K Non Guru, dan CPNS. Jadi, anda jangan sampai salah memilih pendaftaran.

Jika anda sebagai guru pengajar maka pilihlah pendaftaran pppk 2021 dengan memilih P3K Guru, jika anda sebagai tenaga kependidikan seperti bekerja di suatu lembaga pendidikan namun tidak mengajar misal penjaga perpustakaan dll maka pilihlah pendaftaran P3K Non Guru, Nah jika anda bukan status guru misalnya dokter dll maka pilihlah pendaftaran CPNS.

Namun pada postingan ini, saya akan membahas seputar pendaftaran pppk 2021, yaitu pendaftaran p3k guru sesuai dengan profesi saya saat ini sebagai guru bidang, sebelum membahas lebih lanjut tidak ada salahnya anda membaca postingan ini dan membagikannya kepada teman anda yang berprofesi sebagai guru pendidik.

Berikut Penjelasan Seputar Pendaftaran PPPK 2021

Cara Daftar PPPK Kemendikbud

Cara mendaftar pppk kemendikbud sangatlah mudah, cukup hanya dengan mengakses link daftar pppk kemendikbud 2021, yaitu site sscasn yang ada di atas, setelah itu melakukan pembuatan akun dan terakhir lakukan pendaftaran sesuai dengan instansi yang dituju.

Cara pendaftaran p3k ini bisa dilakukan dengan melalui smartphone anda, artinya tidak mesti harus menggunakan pc atau komputer pribadi anda, langkah-langkahnya pun tidak jauh berbeda dengan pendaftaran cpns tahun sebelumnya.

Selain itu, jika anda mengalami keslitan saat mendaftar p3k 2021, anda juga dapat melihat informasi melalui web resmi sscasn pada bagian menu FAQ, nah disanalah terdapat banyak informasi penting, jadi dengan info p3k yang ada di FAQ anda tidak perlu googling mencari persaratan dan lain sebagainya.

Berikut ini adalah beberapa alur pendaftaran pppk 2021 yang perlu anda ketahui, sebab pada info jelasnya anda akan melalui tiga tahapan, yaitu pertama daftar akun, kedua daftar formasi, dan yang ketiga seleksi administrasi.

1. Untuk pendaftaran

Pada tahap ini, yang perlu anda lakukan adalah sebagai berikut.

  • Peserta P3K 2021 mengakses portal resmi SSCASN melalui laman di atas.
  • Setelah itu, peserta membuat akun, pada tahap ini pastikan data tidak ada yang salah.
  • Setelah akun sudah dibuat, maka selanjutnya anda dapat login dengan menggunakan akun yang sudah dibuat.
  • Selanjutnya setelah anda masuk, silakan untuk melengkapi biodata anda serta siapkan swafoto anda.

2. Untuk daftar formasi

  • Pada tahap ini, anda akan diminta untuk memilih jenis seleksi.
  • Selanjutnya memilih formasi, apabila kolom formasi kosong.
  • Pada tahap ketiga anda diminta melengkapi data dapodik atau THK-II serta data pendidikan.
  • Selanjutnya anda akan diminta untuk mengupload dokumen yang diminta sebagai syarat pendaftaran pppk 2021.
  • Terakhir anda tinggal cek resum dan mengakhiri proses pendaftaran pppk 2021, jangan lupa untuk mencetak kartu informasi akun dan kartu pendaftaran p3k anda.

3. Seleksi administrasi

Pada tahapan ini, anda hanya diam dan memantau hasil pengumuman seleksi administrai, pada tahapan ini juga anda bisa menyanggah jika anda tidak lulus dalam seleksi administrai, jika tetap hasilnya sama maka anda diperbolehkan untuk mendaftarkan kembali pada seleksi tes kesempatan kedua yang akan datang.

Namun jika anda lulus pada seleksi administrai p3k, maka tahap selanjutnya anda diperintahkan untuk mencetak kartu ujian seleksi pppk tahun 2021.

Syarat Pendaftaran PPPK 2021

Berikut ini beberapa persyaratan pendaftaran pppk 2021 yang harus dipersiapkan oleh peserta sebelum mendaftarkan diri ke instansi lembaga pendidikan yang memerlukan guru p3k.

  • Berusia minimal 20 tahun dan maksimal 59 tahun pada saat pendaftaran, jika anda berusia dibawah 20 atau di atas 59 tahun otomatis anda tidak bisa mengikuti pendaftaran seleksi p3k 2021.
  • Honorer THK-II
  • Guru honorer yang aktif mengajar di satuan pendidikan negeri (Peserta Seleksi Tes Kesempatan Pertama)
  • Guru honorer yang aktif mengajar di satuan pendidikan swasta (Peserta Seleksi Tes Kesempatan Kedua)
  • Guru lulusan PPG (masuk kedalam kebijakan afirmasi)
  • Peserta yang tidak lulus pada seleksi tes kesempatan pertama untuk mengikuti tes kedua
  • Peserta yang tidak lulus pada seleksi tes kesempatan kedua untuk mengikuti tes ketiga

Dari beberapa poin diatas menjelaskan bahwa yang dapat mendaftar ke p3k adalah seorang guru honorer baik sekolah negeri maupun sekolah swasta, dan menjadi syarat pendaftaran pppk untuk guru, jika anda bukan seorang guru maka anda tidak bisa mengikutinya.

Syarat pendaftaran guru pppk 2021 ini mungkin berbeda dengan sebelumnya, bahwa pelaksanaannya dilakukan sebanyak tiga kali, tes kesempatan pertama khusus guru honorer yang mengajar di sekolahan negeri, dan tahap tahap tes kedua bagi guru honorer sekolah swasta dan guru yang tidak lulus pada tes kesempatan pertama/ guru honorer negeri, dan yang terakhir adalah tes kesempatan yang ketiga bila semua guru honorer baik negeri maupun swasta yang tidak lulus pada tahap kesempatan kedua.

Jadi untuk persyaratan mendaftar pppk ini dilakukan 3 tahap kesempatan, jangan sia-siakan kesempatan ini sebab belum tentuh tahun berikutnya ada program p3k yang sama dengan tahun 2021 sekarang ini.

Setelah anda mengetahui syarat mengikuti seleksi pppk, maka selanjutnya adalah memastikan tanggal pendaftaran pppk 2021 akan dibuka, nah hal ini tentu mengharuskan anda selalu online dan meninjau informasi terus-menrus terkait pendaftaran pppk 2021 dibuka.

Namun anda juga jangan perlu khwatir, karena selain memberikan informasi terkait syarat pendaftaran pppk 2021, artikel ini juga akan diupdate setiap saat sehingga anda mengetahui kapan terbaru tentang kapan jadwal pendaftaran pppk tahun 2021 akan dimulai.

Jadwal Pendaftaran PPPK 2021

Berdasarkan informasi yang ada bahwa untuk jadwal pendaftaran pppk 2021 ini akan dibuka pada pertengahan bulan juni, dan artinya sama dengan jadwal daftar cpns 2021, jika dibuka tanggal 15 Juni maka cpns pun demikian.

Nah untuk sementara ini jadwal pendaftaran pppk guru 2021 belum begitu pasti dilakukannya kapan dan yang pasti tanggal daftar cpns 2021 dan pppk akan secara bersamaan.

Mungkin informasi saat ini yang bisa saya sampaikan seputar jadwal pendaftaran p3k 2021 ini, hanya dapat diperkirakan saja pada tanggal 15 Juni, sebab terdapat beberapa info bahwa pendaftaran akan dimulai pada pertengahan bulan Juni 2021 dan juga terkait dengan jadwal seleksi pppk selanjutnya.

Berikut Penjelasan Resmi Terkait Pendaftaran PPPK 2021

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tulis komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum MomBaby
Buka Komentar