Bab buat Ujian Psikotes Komplet: Kebolehan Verbal hingga sampai Ujian Penalaran

Ujian psikotes CPNS ada di sistem saringan Calon Karyawan Sipil Negara (CPNS). Tes pertama CPNS merupakan Saringan Kapabilitas Dasar (SKD) yang terdiri dalam Ujian Intelegensi Umum (TIU), Ujian Ciri-khas Individu (TKP), dan Ujian Pemahaman Berkebangsaan (TWK). Ujian sesudah itu Saringan Kapabilitas Area yang terbagi dari psikotes, ujian materi area, dan interview.

Ujian psikotes punyai sejumlah jenis, seperti ujian kebolehan verbal, ujian kebolehan penalaran ujian kebolehan numerik, ujian kebolehan spasial atau gambar, ujian personalitas, dan ujian tercatat.

A. Bab Psikotes Ujian Verbal

Ujian Kebolehan Verbal terbagi dari ujian persamaan kata, antonim, analogi kata, random kata, pengelompokan kata, dan seterusnya. ujian ini memiliki fungsi buat menghitung kebolehan satu orang dibidang wawasan terkait bahasa

I. Ujian Persamaan kata

Ujian persamaan kata menghitung tingkat kesiagaan dan kesaksamaan peserta ujian psikotes kepada tanda-tanda yang serupa dan serupa, pemahaman, dan pengetahuan perihal ujaran yang maknanya hampir mendekati. Pekerjaan peserta ujian merupakan cari kata yang serupa atau serupa dalam kata yang ada.

Contoh bab ujian persamaan kata:

1. Pemahaman =...

A. Kepandaian

B. Kepintaran

C. Penglihatan

D. Daya pikirkan

E. Penalaran

Jawaban: C

Pembicaraan: Pemahaman mempunyai arti hasil mewawas, kajian, penglihatan


2. Sumir =...

A. Singkat

B. Lama

C. Tebal

D. Kaku

E. Lentur

Jawaban: A

Pembicaraan: Sumir berarti pendek, singkat, singkat . Maka, persamaan kata dari sumir merupakan singkat.


3. Jumantara =...

A. Bumi

B. Samudra

C. Angkasa

D. Tanah

E. Daratan

Jawaban: C

Pembicaraan: Jumantara mempunyai arti awang-awang, langit, udara. Kata jumantara bersinonim dalam kata angkasa, yang punyai awang-awang, langit.


4. Virulen =...

A. Jahat

B. Akomodatif

C. Virus

D. Manunggal

E. Maskulin

Jawaban: A

Pembicaraan: Virulen maknanya jahat, memengaruhi.


5. Insinuasi =...

A. Blak-blakan

B. Pertemuan

C. Kritik

D. Permusuhan

E. Institusi

Jawaban: C

Pembicaraan: Insinuasi maknanya dakwaan terpendam, tak blak-blakan, atau mungkin tidak langsung, kritik . Maka, persamaan kata dari insinuasi merupakan kritik.

II. Ujian Antonim

Ujian antonim merupakan ujian psikotes berisi bab perihal musuh kata atau antonim sebagai kontradiksi dari ujian persamaan kata.

1. GEGAI

A. Petir

B. Sah

C. Kurang kuat

D. Kuat

E. Sukses

Jawaban: D

Pembicaraan: Gegai maknanya simpel terlepas, tak kuat, atau mungkin tidak kokoh. Antonim dari gegai merupakan kuat.


2. LANCUNG

A. Petir

B. Asli

C. Awam

D. Palsu

E. Palsu

Jawaban: B

Pembicaraan: Lancung maknanya tak tulen, palsu, tiruan. Antonim dari lancung merupakan asli.


3. REMISI

A. Pembetulan

B. Pembaharuan

C. Keterangan

D. Pengesahan

E. Tambahan

Jawaban: E

Pembicaraan: Remisi maknanya pengurangan kuhuman yang diberi ke orang yang terhukum . Maka antonim remisi merupakan tambahan


4. EKLETIK

A. Eksentrik

B. Tak pilih-memilih

C. Khusus

D. Tak perduli

E. Inklusif

Jawaban: B

Pembicaraan: Ekletik maknanya menunjuk yang terunggul dari beberapa sumber . Maka antonim dari ekletik merupakan tak pilih-memilih.


5. NADIR

A. Kadir

B. Takdir

C. Nasib

D. Zenit

E. Sanggurdi

Jawaban: D

Pembicaraan: Nadir merupakan titik terendah dari bulatan cakrawala atau bola langit. Sedangkat zenit merupakan titik pucuk . Maka, antonim dari nadir merupakan zenit.

Ujian Kebolehan Penalaran terbagi dari penalaran objektif dan analisa. Ujian ini memiliki fungsi buat mengenal berapa efisien penalaran dan perpecahan soal yang dipunyai satu orang dengan syarat-syarat objektif dan masuk akal.

Contoh bab penalaran objektif:

Penulis lagu merupakan orang yang inovatif. Sejumlah penulis lagu supel, terkecuali yang sudah tersohor. Simpulan yang benar merupakan...

A. Penulis lagu sejumlah inovatif

B. Ada penulis lagu yang tak inovatif akan tetapi supel

C. Sejumlah penulis lagu yang supel tak inovatif

D. Penulis lagu yang tersohor merupakan orang yang inovatif

E. Penulis lagu yang supel dan tersohor tak inovatif

Jawaban: D

Pembicaraan: Sejumlah penulis lagu supel, terkecuali yang sudah tersohor. Maknanya, penulis lagu yang tersohor merupakan orang yang inovatif.

Ujian Kebolehan Numerik terbagi dari ujian aritmetika sosial, matematika aljabar, barisan dan deret, dan seterusnya. Ujian ini berfungsin buat menghitung kebolehan satu orang hitung atau logis-matematis.

Contoh bab ujian aritmetika sosial:

1. Pak Lurah memperoleh bantuan 6 karung pupuk urea setiap karung beratnya 40 kg. Pupuk dibagikannya terhadap 12 orang petani. Setiap petani peroleh pupuk sejumlah...

A. 40 kg

B. 36 kg

C. 24 kg

D. 20 kg

E. 60 kg

Jawaban: D

Pembicaraan:

Jumlah pupuk keseluruhan: 6 karung x 40 kg/karung = 240 kg

240 kg : 12 orang = 20 kg/orang

Ujian Kebolehan Spasial/Gambar terbagi dari ujian skema gambar, jaring-jaring gambar, analogi gambar, dan seterusnya. Ujian ini memiliki fungsi menghitung sejauh berapa kebolehan daya nalar area yang dipunyai satu orang.

Ujian Personalitas atau Ujian Personality terbagi dari Draw a Personal, ujian Baum, HTP, dan seterusnya. Ujian ini memiliki fungsi buat kenal bagian personalitas satu orang, seperti kestabilan emosi, kemandirian, keinginan berjuang, motivasi, keyakinan diri, kebolehan pemasyarakatan, kejelian, kecepatan kerja, dan seterusnya.

Pada Ujian Menggambar Orang atau Ujian Draw a Personal, gambar sebuah profile orang utuh dari ujung kepala hingga sampai ujung kaki. Perlihatkan mata, hidung, telinga, mulut, dan muka dengan terperinci. Perlihatkan pula sifatistiknya dengan terperinci, seperti type kelamin, umur, dan kariernya. Tonjolkan gambar tangan jadi representasi pribadi kamu jadi individu terbuka pada soal anyar dan supel berteman.

Gambar dengan simple akan tetapi terperinci, seperti dilansir dari Cara Tepat Berhasil lolos Psikotes Gambar oleh Sugi Siswiyanti. Deskripsikan profile tengah berkegiatan, baiknya samakan dengan type kelamin kamu jadi peserta ujian psikotes. pakai pensil HB dan mengusahakan agar goresan cukup sekali saja. Gambar sama waktu yang efisien.

Ujian Tercatat atau Paper and Pencil Tes yaitu seperti ujian Pauli dan Kraepelin, Papikostik, MBTI, DISC, EPPS, SSCT, ujian doodle, dan seterusnya. Ujian psikotes tercatat ini memiliki fungsi buat mengenal unsur kecepatan, kejelian, keajekan, dan ketahanan satu orang.

Posting Komentar untuk "Bab buat Ujian Psikotes Komplet: Kebolehan Verbal hingga sampai Ujian Penalaran"