Skip to main content
MOM AND BABY

follow us

Langkah Menangani Hidung Mampet pada Anak dengan Cara Alamiah

Hidung mampet ialah tanda-tanda awalnya dari flu atau pilek. Tetapi juga bisa ini muncul karena alergi. Umumnya pada keadaan semacam ini, hidung anak banyak terkandung lendir.Tetapi karena udara masuk keluar melalui hidung, menyebabkan lendir atau ingus jadi kering dalam hidung dan menutup aliran napas di hidung anak.

Penyebab lain adalah virus flu yang dapat membuat membran muskus jadi membesar dan memadat sampai tutup jalan napas. Oleh karena itu, tanda-tanda yang diakibatkan tentu dia akan alami sulit napas apabila terjadi pada anak-anak atau balita, pasti membuat mereka rewel. Jika yang alami orang dewasa, tidur jadi tidak kepala pusing dan tenang.

Lendir yang dibuat oleh virus flu umumnya terlihat gampang mengucur dan jernih. Tetapi lama-lama bisa menjadi kental dan warna kekuning-kuningan saat badan usaha untuk menangani infeksi dengan proses pertahanan diri.

Pasti ini benar-benar tidak nyaman bila pasien alami hidung mampet pada samping kanan saja atau juga bisa dua-duanya. Saat hidung mampet samping memang kita bisa bernapas dengan lubang hidung sebelahnya. Tetapi bila ke-2 nya, karena itu harus bagaimana kembali jalan salah satu ialah bernapas lewat mulut.

Untuk anak yang alami hidung mampet, kemungkinan selekasnya beli obat di apotek paling dekat. Tetapi sering minum obat tidak bagus untuk kesehatan badan. Tetapi ada langkah alami menangani hidung mampet yang lebih gampang dan tidak membutuhkan obat.

Berikut langkah menangani hidung mampet pada anak dengan alami

  • Minta mereka untuk keluarkan lender atau ingus sekerap kemungkinan dengan mengembuskan napas melalui hidung dengan memakai tisu atau sapu tangan secara perlahan-lahan, tidak boleh terlampau kuat.
  • Berikan dada, leher dan punggung anak dengan balsem dengan pijatan yang lembut.
  • Teteskan minyak kayu putih ke atas bantalnya saat sebelum tidur, atau ke mangkok berisi air panas dan minta dia untuk mengisap uapnya.
  • Bila ini muncul karena alergi, jauhi bayi dari sumber alergi. Membawa sang kecil ke dokter bila pilek berjalan sampai lebih dari 3 hari, atau lendir di hidung berbeda berwarna jadi kehijau-hijauan.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tulis komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum
Buka Komentar