Skip to main content
MOM AND BABY

follow us

Berikut Cara Program Hamil Sesudah Keguguran

Program hamil sesudah keguguran sebetulnya bisa dilaksanakan dua minggu sesudah keguguran. Walau demikian, memilih untuk hamil kembali sesudah alami keguguran kemungkinan bukan hal yang gampang untuk beberapa wanita. Anda kemungkinan butuh waktu untuk kembali siap hadapi kehamilan. Ini ialah hal yang paling wajar.

Bila Anda telah berasa siap untuk hamil kembali, katakan ke dokter kandungan berkenaan gagasan Anda itu. Dokter bakal memeriksa kondisi kesehatan Anda serta pasangan secara detil sampai dapat merekomendasikan program hamil setelah keguguran yang amat cocok.

Langkah Awal Cara Program Hamil Sesudah Keguguran

Pengecekan untuk Tentukan Program Hamil Sesudah Keguguran

Saat sebelum putuskan program kehamilan apa yang hendak Anda dan pasangan lalui, dokter lebih dulu akan lakukan beberapa pengecekan, terlebih bila Anda telah alami keguguran sampai 2x berturut-turut. Berikut ialah beberapa pengecekan yang bisa dilaksanakan dokter:

Test darah

Pengecekan darah dilaksanakan untuk mengetahui peluang permasalahan yang terkait dengan hormon atau mekanisme ketahanan tubuh Anda. Disamping itu, test darah bisa juga dilaksanakan untuk pengecekan TORCH.

Pengecekan TORCH mempunyai tujuan untuk ketahui apa Anda menderita infeksi yang bisa mencelakakan kehamilan, seperti toksoplasmosis, infeksi HIV, rubella, campak, atau cytomegalovirus.

Test kromosom

Anda dan pasangan kemungkinan dianjurkan lakukan test kromosom untuk cari tahu adakah abnormalitas kromosom yang bisa jadi argumen keguguran.

Selainnya ke-2 test di atas, ada banyak pengecekan yang lain berperan untuk mengetahui permasalahan pada wujud kandungan, tuba falopi, atau ovarium, yang dapat mengakibatkan keguguran. Pengecekan itu bisa berbentuk USG, histeroskopi, atau MRI.

Macam Program Hamil Sesudah Keguguran

Sesudah mengecek keadaan kesehatan Anda dan pasangan, baru dokter dapat mereferensikan program hamil sesudah keguguran apa yang dapat diambil.

Jika pada pengecekan didapat keadaan yang diperhitungkan jadi pemicu keguguran, Anda dan pasangan kemungkinan perlu jalani penyembuhan yang ditetapkan dokter sesuai keadaan yang dialami. Sesudah keadaan itu teratasi, program hamil dapat dilaksanakan.

Berikut ialah beberapa program hamil sesudah keguguran yang dapat dilaksanakan

1. Program hamil alami

Program hamil alami dilaksanakan dengan berhubungan seksual seperti biasa. Anda bisa mulai program ini paling cepat dua minggu setelah keguguran, silahkan coba untuk lakukan hubungan seksual minimal 2-3 kali tiap minggunya buat tingkatkan kesempatan untuk hamil.


Disamping itu, ketahui periode subur dapat menolong tingkatkan kesempatan untuk hamil. Anda dapat ketahui periode subur berdasar hari haid terakhir. Tetapi, jika tanggal haid paling akhir jadi rancu karena kehamilan yang luruh awalnya, Anda dapat minta kontribusi dokter untuk tentukan periode subur.

2. Inseminasi bikinan

Inseminasi bikinan adalah program hamil yang dapat dilaksanakan sesudah keguguran. Program ini dilaksanakan dengan masukkan sperma langsung ke kandungan wanita di saat berlangsungnya pelepasan sel telur (ovulasi).

Arah inseminasi bikinan untuk perbanyak jumlah sperma yang sukses capai tuba falopi, hingga tingkatkan terjadinya kemungkinan pembuahan. Inseminasi bikinan umumnya akan disarankan oleh dokter jika Anda mempunyai beberapa kondisi berikut ini:

Menanggung derita masalah kesehatan pada leher kandungan yang bisa menghalangi sperma masuk ke kandungan. Mempunyai kebatasan fisik atau permasalahan psikis yang membuat Anda dan pasangan tidak bisa berhubungan seksual. Menanggung derita keadaan kesehatan yang membikin tidak disarankannya berhubungan seksual tanpa pengaman, seperti infeksi HIV

Inseminasi bikinan mempunyai tingkat kesuksesan yang berbeda pada tiap pasangan. Ini tergantung pada faktor-faktor, seperti keadaan kesehatan dan umur. Tetapi, bila inseminasi bikinan dilaksanakan dengan teratur tiap bulan, tingkat kesuksesan bisa bertambah sampai 20% per transisinya.

3. Bayi tabung

Bila ke-2 program hamil di atas tidak juga berbuah hasil, dokter kemungkinan merekomendasikan Anda dan pasangan untuk jalani program bayi tabung.

Bayi tabung atau in vitro fertilization (IVF) dilaksanakan dengan menghadapkan sel telur dan sperma di luar badan, yaitu dalam suatu alat khusus berbentuk tabung. Sel telur yang telah dibuahi bisa menjadi calon anak atau embrio. Kemudian, embrio akan dipindah ke rahim.

Bayi tabung umumnya akan direferensikan oleh dokter bila Anda dan pasangan mempunyai beberapa kondisi berikut:

  • Abnormalitas genetik
  • Berumur di atas umur 40 tahun
  • Masalah pada tuba falopi atau kandungan yang menghalangi jalannya sperma ke arah sel telur
  • Produksi sperma dengan kualitas yang rendah

Tingkat kesuksesan program bayi tabung bergantung pada beberapa factor, salah satunya pola hidup dan umur. Disamping lain melaksanakan program hamil sesudah keguguran sama sesuai referensi dari dokter, juga penting untuk Anda dan pasangan untuk mengaplikasikan pola hidup yang sehat untuk kurangi resiko berlangsungnya keguguran kembali di periode depan.

Makanlah makanan bergizi imbang, aktiflah olahraga, dan turunkan konsumsi kafein. Disamping itu, jauhi beberapa hal yang bisa membuat Anda depresi, hindari rokok, alkohol, dan beberapa obat terlarang.

Bila Anda sukses hamil, menjaga kehamilan Anda dengan pemikiran yang positif. Janganlah lupa untuk periksakan keadaan kesehatan dan keadaan kehamilaln Anda ke dokter spesialis kandungan dengan teratur, supaya kesehatan janin dapat terpantau.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tulis komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum
Buka Komentar