Skip to main content
MOM AND BABY

follow us

Persiapan Saat Sebelum Mengawali Program Hamil

Persiapan saat sebelum mengawali program hamil dapat Kamu buat buat menaikkan kesuburan, meniti kehamilan dengan bertambah nyaman, dan melahirkan bayi yang sehat. Ada banyak persiapan yang sebaiknya dikerjakan buat mengawali program hamil, mulai dengan pergi ke dokter sampai mengimplementasikan jenis hidup sehat.

Berikut Beberapa Cara Persiapan Saat sebelum Mengawali Program Hamil

Untuk Kamu yang lagi berencana program hamil, berikut ialah beberapa persiapan yang sebaiknya Kamu buat:

1. Bertanya ke dokter spesialis kandungan dengan teratur

Bertanya ke dokter spesialis kandungan adalah persiapan saat sebelum mengawali program hamil yang perlu buat dijalankan. Lewat periksa ini, dokter akan lakukan periksa kesehatan berkaitan kisah penyakit tertentu yang peluang memperoleh mengubah kehamilan. Soal ini penting khususnya kalau Kamu meniti program hamil sesudah keguguran.

Dalam periksa kesehatan ini, dokter akan juga memberi saran Kamu buat mendapat vaksinasi, seperti vaksin tetanus, hepatitis B, rubella, HPV, difteri, dan balang. Alamat dilaksanakannya vaksinasi ialah supaya ibu serta janin masih sehat waktu kehamilan

2. Periksa kesehatan mulut dan gigi

Periksakan kesehatan mulut dan gigi secara periodik ke dokter gigi perlu dikerjakan selaku wujud persiapan saat sebelum mengawali program hamil. Karena transisi hormon dalam badan saat hamil memperoleh menaikkan resiko penyakit mulut dan gigi. Keadaan itu dapat mengubah kesehatan janin.

Oleh sebab itu, penting buat periksakan kesehatan gigi dengan teratur saat sebelum mengawali program hamil supaya pengurusan dapat selekasnya dikerjakan di saat teridentifikasi tersedianya persoalan kesehatan mulut dan gigi

3. Memastikan index massa badan

Untuk Kamu yang mempunyai bobot tubuh baik, peluang buat hamil makin lebih mudah. Buat memastikan apa bobot tubuh Kamu termasuk baik atau mungkin tidak, Kamu dapat lakukan periksa index massa badan (IMT).

Kalau hasil IMT memperlihatkan kalau bobot tubuh Kamu terlampau rendah atau malah terlalu berlebih (obesitas), kesempatan buat hamil mungkin berkurang. Terkecuali itu, bobot tubuh yang tidak baik memperoleh menaikkan resiko kompleksitas waktu kehamilan, tergolong natalitas prematur serta bobot tubuh lahir rendah.

Buat menanggulangi keunggulan atau kurang bobot tubuh, komunikasikan ke dokter berkaitan pola makan yang direkomendasikan buat mendapat bobot tubuh baik dan sehat.

4. Mengkonsumsi suplemen asam folat

Satu diantaranya persiapan saat sebelum mengawali program hamil yang gak kalah penting ialah mengkonsumsi suplemen kehamilan yang ada kandungan asam folat. Suplemen itu bermanfaat buat menaikkan kesuburan serta menghindar bayi dari cacat bawaan lahir, seperti spina bifida dan anensefali.

Supaya kekuatan sukses program hamil bertambah serta bayi kedepannya bebas dari resiko di atas, Kamu direkomendasikan buat penuhi konsumsi asam folat sekitar 400-600 mikrogram (mcg) tiap-tiap harinya. Konsumsi asam folat dapat Kamu dapatkan lewat suplemen prenatal atau makanan.

5. Menyediakan keadaan psikis

Persiapan saat sebelum mengawali program hamil bukan cuma kesehatan fisik saja, akan tetapi kesehatan mental. Tiap-tiap orang jelas pernah terasa depresi, resah, risau, atau berduka. Kamu semestinya bisa memeriksa perihal itu dengan bagus, sebab masalah kejiwaan dapat merusak kesehatan A janin dan nda.

Komunikasikan ke dokter atau psikiater, kalau Kamu mempunyai persoalan kejiwaan, seperti depresi berat, masalah stres, atau resah.

6. Meniti pola hidup sehat

Meniti pola hidup sehat adalah ayat dari persiapan saat sebelum mengawali program hamil. Kamu direkomendasikan buat mengkonsumsi makanan dengan nutrisi setimbang serta jauhi makanan yang kaya akan gula, garam, dan minuman yang dengan kafein seperti alkohol atau kopi.

Makanlah makanan yang ada kandungan protein, serat, serta anti-oksidan tinggi, seperti buah, sayur, kacang-kacangan, ikan, telur, daging tiada lemak, dan susu serta produk buatannya, seperti yoghurt dan keju. Kalau Kamu mempunyai norma merokok atau sempat memanfaatkan narkoba, mulai saat ini coba buat tinggalkan norma itu.

7. Mengerjakan olahraga dengan teratur

Kecuali jaga pola makan, Kamu direkomendasikan juga buat mengerjakan olahraga secara rutin. Olahraga didapati memperoleh menolong badan buat menyesuaikan dengan transisi yang dihadapi waktu kehamilan sampai persalinan.

Kamu direkomendasikan buat menyisihkan masa sedikitnya 30 menit tiap-tiap harinya, bagus saat sebelum hamil atau waktu waktu kehamilan. Akan tetapi, samakan model olahraga dengan keadaan kesehatan Anda.

Persiapan saat sebelum mengawali program hamil perlu dikerjakan buat memberi dukungan kehamilan serta kesehatan Kamu dan janin. Kalau Kamu mempunyai keadaan klinis tertentu, semestinya komunikasikan ke dokter spesialis kandungan supaya dokter memperoleh memberi usul berkaitan persiapan program hamil yang sebaiknya dijalankan.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tulis komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum
Buka Komentar