Kelima Page Ini Wajib Harus Ada di Blog Kamu

Kelima page yang harus ada di blog anda adalah about, contact, disclaimer, privacy, dan sitemap. Layaknya sebuah toko yang memiliki identitas lengkap, mulai dari tempat hingga produk yang akan dijualnya.

Lima page ini tentu berguna dan bahkan menjadi syarat untuk daftar AdSense, Nah dengan adanya page atau halaman ini tentu terlihat serius dalam membangun webs/ blog. Artinya admin penulis tidak asal dan tidak main-main memposting sebuah artikel.

Berikut Kelebihan dan Cara Membuat Page Blog/web

Apa kelebihan memasang page ini?

Berikut beberapa kelebihan blog anda jika memasang halaman atau page about, dll:

  1. blog yang terkesan serius
  2. mudah diterima google adsense
  3. blog yang responsive
  4. pengunjung blog bisa menggubungi anda
  5. menampilkan tentang isi blog
  6. menyajikan daftar isi postingan blog
  7. aturan paten dan lain-lain.

Cara membuat page blog/webs

  • About
  • Page about adalah halaman yang menjelaskan tentang noche atau pembahasan yang ada didalam blog anda. Silakan buat manual minimal tiga paragraf dan tidak usah panjang lebar yang jelas singkat, padat, dan dapat dimengerti oleh pengguna.

  • Contact
  • Contact merupakan halaman yang berisi tentang penghubung komunikasi antara pengguna dengan admin blog, nah silakan buat beberapa paragraf dengan disertai alamat atau kontak yang dapat dibuhungi oleh pengguna. Misalnya email, facebook, nomor whatsapp, dan lain-lain.

    Untuk kontak ini sebenarnya sudah ada script atau kode HTMLnya yang bisa dipasang langsung didalam blog anda. Jika anda memerlukan silakan pastekan kode ini didalam page contact dalam mode atau Tampilan HTML.

    
    <div class="contact-form-widget"> <form name="contact-form"> <span class="ctitles">Nama :</span> <input class="contact-form-name" id="ContactForm1_contact-form-name" name="name" type="text" value="" /> <span class="ctitles">Alamat Email <span class="swajib">*</span> :</span> <input class="contact-form-email" id="ContactForm1_contact-form-email" name="email" type="text" value="" /> <span class="ctitles">Isi Pesan <span class="swajib">*</span> :</span> <textarea class="contact-form-email-message" id="ContactForm1_contact-form-email-message" name="email-message" rows="10"></textarea> <input class="contact-form-button contact-form-button-submit" id="ContactForm1_contact-form-submit" type="button" value="Kirim" /> <br /> <div class="contact-form-error-message" id="ContactForm1_contact-form-error-message"> </div> <div class="contact-form-success-message" id="ContactForm1_contact-form-success-message"> </div> </form> </div> <script src="https://www.blogger.com/static/v1/widgets/2271878333-widgets.js" type="text/javascript"></script>
    

    Caranya masuk ke blog anda, pilih halaman atau page (dalam bahasa inggris), kemudian tulis judul halaman misalnya Kontak saya, Contact us, atau sesui keinginan anda. Setelah itu pada bagian editor konten pilihlah mode HTML dan pastekan kode yang ada di atas. Save dan publis, lihat hasilnya. Konfirmasi kami jika kode tersebut tidak bisa di copas.

  • Disclaimer
  • Disclaimer adalah penolakan atau penafian yang berisi bahwa anda tidak bertanggungjawab terhadap sesuatu yang akan terjadi pada pengguna berhubungan dengan hukum yang ada atas semua isi konten yang ada di blog anda tentunya.

    Dalam pembuatan page disclaimer, Anda tidak perlu repot-repot membuatnya manual. Tapi cukup dengan meanfaatkan tool yang ada di situs disclaimer online. Setelah membuatnya tinggal copas kode tersebut pada page atau halaman disclaimer blog anda dalam mode HTML.

  • Privacy policy
  • Privacy policy merupakan salah satu page yang berisi tentang kebijakan-kebjakan dalam setiap blog dan ini sifatnya wajib harus ada di blog sobat. Jika anda kesulitan dalam membuatnya, jangan khawatir ini sebenarnya linknya satu paket dengan disclaimer dan caranya juga sama kamu hanya cukup memasukkan data seperlunya saja.

    Untuk membuatnya sobat bisa menggunakan tool privacy online, setelah itu copas kodenya di halaman atau page yang sudah diberi judul privacy policy blog kamu.

  • Sitemaps
  • Sebenarnya sitemap ini sama seperti daftar isi artikel postingan yang ada didalam blog kita. Untuk membuatnya anda cukup dengan buat halaman baru dan beri judul Sitemap, Sitemaps, Daftar isi, atau bisa disesuikan dengan yang lainnya.

    Setelah page atau halaman diberi judul, silakan tempatkan kode html di bawah ini pada halaman page Sitemap dalam mode HTML.

    
    <style type="text/css">
    #toc{width:99%;margin:5px auto;border:1px solid #2D96DF;
    -webkit-box-shadow:4px 4px 8px 2px rgba(0,0,0, 0.2);
    -moz-box-shadow:4px 4px 8px 2px rgba(0,0,0, 0.2);
    box-shadow:4px 4px 8px 2px rgba(0,0,0, 0.2);}
    .labl{color:#FF5F00;font-weight:bold;margin:0 -5px;
    padding:1px 0 2px 11px;background: #3498DB;
    border:1px solid #2D96DF;
    border-radius:4px;-moz-border-radius:4px;
    -webkit-border-radius:4px;box-shadow:3px 3px 1px #bbb;
    -moz-box-shadow:3px 3px 1px #bbb;-webkit-box-shadow:3px 3px 1px #bbb;display:block;}
    .labl a{color:#fff;}
    .labl:first-letter{text-transform:uppercase;}
    .new{color:#FF5F00;font-weight:bold;font-style:italic;}
    .postname{font-weight:normal;background:#fff;margin-left: 35px;}
    .postname li{border-bottom: #ddd 1px dotted;margin-right:5px}
    </style>
    <div id="toc">
    <script src="https://cdn.jsdelivr.net/gh/penaindigo/Pena-Indigo-Code@a134f9def601a6f77332eccc35d3d20e0d3c7e49/sitemappenaindigo.js" type="text/javascript"></script>
    <script src="/feeds/posts/default?max-results=9999&amp;alt=json-in-script&amp;callback=loadtoc">
    </script></div>

    Jika kode sitemaps di atas tidak bisa dicopas atau tidak tampil pada page halaman blog anda, silakan hubungi admin melalui kontak yang ada di blog ini.

Sitemap atau disebut dengan peta situs ini sebenarnya sangat berguna buat para blogger pemula, sebab dengan adanya peta situs blog mudah ter indeks oleh google. Kamu bisa menautkannya pada google search console dengan menambahkan sitemaps.

Peta situs adalah file atau halaman di situs web yang mencantumkan semua halaman dan sumber daya di situs, bersama dengan metadata tambahan tentang setiap halaman. Ini biasanya digunakan untuk tujuan berikut:

  • Untuk membantu mesin telusur menemukan dan merayapi semua laman di situs web. Ini sangat penting untuk situs web besar atau situs web dengan struktur kompleks yang mungkin sulit dinavigasi oleh mesin telusur.
  • Untuk membantu pengguna menemukan halaman tertentu di situs web. Peta situs dapat menjadi alat navigasi yang berguna bagi pengguna, terutama jika situs web memiliki banyak halaman atau jika halaman tidak diatur secara logis.

Ada dua jenis peta situs utama: peta situs HTML dan peta situs XML. Peta situs HTML dirancang untuk pengguna dan biasanya terletak di footer situs web atau di halaman "peta situs" khusus. Mereka mencantumkan semua halaman di situs dalam struktur hierarki, memudahkan pengguna untuk menavigasi ke halaman tertentu.

Peta situs XML dirancang untuk mesin telusur dan biasanya terletak di direktori akar situs web. Mereka memberikan daftar semua halaman di situs, bersama dengan metadata seperti tanggal pembaruan terakhir halaman dan kepentingannya relatif terhadap halaman lain di situs.

Peta situs XML biasanya dihasilkan secara otomatis oleh sistem manajemen konten situs web atau dapat dibuat secara manual menggunakan alat pembuat peta situs.

Nah, itulah beberapa pembahasan dari kelima page yang harus ada di blog kamu. Semoga postingan ini memberikan informasi penting dan selamat mencoba.