Skip to main content
MOM AND BABY

follow us

Kesehatan Gigi dan Mulut Ibu Hamil Berikut dengan Pencegahannya

Apa itu gigi?

Kesehatan Gigi dan Mulut Ibu Hamil - Gigi adalah bagian dari organ pencernaan yang letaknya berada di derah mulut yang memiliki tekstur sangat keras.

Fungsi gigi itu sendiri untuk mengunyah, mencabik, dan atau menghancurkan beragam jenis tekstur makanan sebelum diteruskan ke bagian organ pencernaan lainnya.

Apakah ibu hamil perlu menjaga kesehatan gigi?

Jelas, bahkan dokter spesialis kandungan pun menyarankan kepada setiap bumil harus dapat menjaga kesehatan giginya dengan cara melakukan perawatan secara rutin.

Mungkin anda sendiri merasa baik-baik saja terhadap gigi yang dimiliki, Namun itu semua tentu anda tidak tahu bagaimana kondisi gigi yang dimiliki Anda saat ini. Maka dari itu, konsultasikan dan lakukan perawatan secara khusus sebelum terjadi sesuatu yang tidak nyaman tentunya.

Anda juga perlu tahu nih, beberapa kelainan dan bagaimana cara pencegahan sehingga tidak terjadi bau mulut yang tidak sedap dan sangat tidak PD jika bicara dengan orang lain tentunya.

Kelainan-kelainan yang Bisa Terjadi Bau pada Mulut

  1. Gigi berlubang
  2. Gigi berkarang
  3. Sariawan pada bagian mulut
  4. Infeksi pada gusi gigi
  5. Kekurangan cairan atau kurang minum air mineral

Pencegahan Kelainan pada Gigi dan Mulut

  1. Menggosok gigi di pagi hari dan malam hari
  2. Mengurangi mengonsumsi makanan yang terlalu manis
  3. Mengurangi mengonsumsi makanan yang terlalu lengket
  4. Perawatan pada gigi

Rajin menggosok gigi merupakan salah satu pencegahan terjadinya bau pada mulut. Berdasarkan pengalaman yang sudah saya konsultasikan kepada dokter gigi bahwa menggosok gigi lebih efektif dilakukan pada pagi hari setelah makan dan di malam hari sebelum tidur.

Selain itu, hindari jenis makanan yang terlalu manis dan juga lengket. Faktanya bakteri yang ada di dalam mulut sangat menyukai jenis makanan tersebut.

Oleh karena itu, kesehatan gigi dan mulut perlu dijaga terutama pada ibu yang sedang hamil. Selain rajin menggosok gigi, Anda juga diharuskan untuk selalu melakukan perawatan gigi minimal satu kali dalam satu pekan.

MUNGKIN KAMU SUKA ARTIKEL INI

Comment Policy: Silahkan tulis komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum
Buka Komentar