Skip to main content
MOM AND BABY

follow us

Makanan yang Dilarang untuk Ibu Hamil

Banyak sekali pertanyaan yang ditanyakan oleh ibu hamil seputar makanan yang tidak boleh untuk dikonsumsi, Hal ini wajar karena bumil lebih condong khawatir atau takut pada janin yang sedang dikandungnya jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Baik untuk lebih jelasnya, Apa saja makanan yang dilarang untuk ibu hamil? Silakan simak artikel ini selengkapnya.

Berikut Makanan yang Dilarang untuk Ibu Hamil

1. Makanan terlalu pedas

Makanan yang terlalu pedas merupakan salah satu makanan yang dilarang untuk ibu hamil, Sebab makanan ini dapat memicu asam lambung meningkat dan dampak lainnya ibu hamil gampang sakit. Selain itu, tentu berpengaruh pada janin yang sedang dikandungnya.

Terutama bagi anda yang sedang hamil muda, artinya baru pertama kali hamil. Bayak dokter menyarankan Moms sebisa mungkin harus dapat menghindari jenis makanan yang terlalu pedas dan apapun nama makanannya entah itu bakso, mie, dan jenis makanan lainnya yang terlalu pedas jelas mesti dihindari. Bukan hanya itu, jenis minuman juga perlu diperhatikan.

2. Makanan terlalu asam

Makanan yang terlalu asam juga menjadi pantangan untuk ibu yang sedang hamil, makanan yang terlalu asam bisa dijumpai pada buah-buahan. BUkan hanya makanan saja yang perlu dihindari, jenis minuman yang memiliki rasa asam juga mesti dihindari karena termasuk makanan yang dilarang buat dikonsumsi oleh bumil. Karena jenis makanan ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan makanan pedas, yaitu dapat memicu meningkatnya asam lambung.

Bagi anda yang sedang hamil pada masa trimester pertama, disarankan untuk tidak mengonsumsi jenis makanan atau minuman yang terlalu asam ya MOms.

3. Daging mentah

Ibu hamil tidak boleh memakan jenis makanan yang dimasak setengah matang, misalnya mengonsumsi daging merah setengah matang, masak telus setengah matang. Ini tidak boleh, yang jelas ibu hamil jika ingin makan jenis makanan daging harus dimasak full matang dan tidak setengah-setengah.

Lalu bagaimana dengan makanan jenis daging ikan laut, seperti sushi dan sashimi? Apakah boleh. Nah kalau kita perhatikan penjelasan dari oleh dr. Ardiansjah DS yang ada didalam video, itu diperbolehkan. Kenapa bisa begitu? Untuk lebih jelasnya setelah ini silakan simak video yang ada di dalam akhir isi artikel.

4. Sayur mentah

Walaupun sayuran ini terkesan aman dan sehat untuk kesehatan, Akan tetapi makanan ini justru tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil. Nah, Makanan-makanan yang tergolong kedalam poin ini adalah seperti karedok yang mana bahan-bahannya timun, tauge, kol, dll yang semuanya itu serba mentah.

Makanan seperti selada, brokoli, kembang kol, kubis, dan sejenis lalapan sayuran lain yang pastinya tidak dimasak terlebih dahulu tidak boleh untuk dikonsumsi oleh semua ibu hamil.

5. Makanan yang dibakar

Makanan yang dilarang untuk ibu hamil selanjutnya adalah beragam makanan yang dibakar sampai terlihat warna kehitaman, sebenarnya bukan hanya ibu hamil saja melainkan siapa saja yang mengonsumsi makanan ini tidak baik juga untuk kesehatan. Apa saja jenis makanan ini? Adalah sate, ikan bakar, ayam bakar, udang bakar, iga sapi bakar, dan jenis makanan yang dimasak dengan cara dibakar ini hingga berwarna kehitaman jelas tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil.

Jadi, jika Moms menginginkan jenis makanan ini, maka yang perlu diperhatikan adalah tekstur luarnya agar tidak terlalu gosong atau mungkin sebagai alternatif lainnya Moms bisa buat sendiri di rumah dengan menggunakan alat bakar yang sudah pasti bagus dan aman.

6. Sering makan makanan manis

Terkadang ibu hamil suka mengonsumsi jenis makanan yang manis-manis seperti ice cream, mertabak manis, es campur, dan cemilan-cemilan secara berlebihan. Sebenarnya ini jangan dibiasakan terus-menerus, sehingga jika terjadi bumil akan mengalami kenaikan berat badan.

Disisi lain tidak baik juga kebiasaan sering makan makanan yang manis setiap hari. Namun, jika anda sebelumnya memang penyuka makanan ini, Maka alangkah baiknya untuk dikurangi secara bertahap.

Video penjelasan artikel terkait oleh dr. Ardiansjah Dara Sjahruddin

Itulah beberapa informasi seputar makanan yang dilarang untuk ibu hamil, Semoga artikel postingan ini dapat bermanfaat dan baca juga artikel lainnya hanya di blog MOM AND BABY.

MUNGKIN KAMU SUKA ARTIKEL INI

Comment Policy: Silahkan tulis komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum
Buka Komentar