Hapus File Ini Agar PC tidak Loading

Laptop, komputer, PC (personal computer), apapun itu namanya yang jelas jika sudah loading pasti bikin kesel. Ya termasuk saya ini, kadang pc yang digunakan saya pun suka loading. Mungkin temen-temen juga mengalami hal yang sama seperti saya, Nah sebagai solusinya penulis akan buatkan sebuah artikel yang akan menyelesaikan masalah pc atau laptop yang suka loading. Jadi, artikel ini bukan untuk penulis melainkan siapa saja yang menginginkan agar pc atau komputernya tidak lagi loading, dan sebenarnya termasuk sebagai catatan pribadi sehingga penulis tidak lupa tutorial untuk mengatasinya.

Sebelum pada pokok bahasan, alangkah baiknya kita ketahui terlebih dahulu mengenai penyebab-penyebab terjadinya loading pada laptop. Nah, apa saja sih yang dapat menyebabkan laptop bisa loading? Berikut penjelasan singkatnya.

Berikut Penyebab PC menjadi Loading

1. Auto Update Windows

Kebanyakan laptop yang digunakan banyak orang saat ini, windows yang terpasang pada laptopya itu tidak original. Lagian cukup banyak biaya untuk memiliki os windows yang original itu, jika anda sultan sebaiknya beli produk original saja sehingga keasliannya bisa dirasakan.

Nah, windows yang digunakan terkadang terus minta update atau saat selesai melalui proses update/pembaruan sistem, justru beberapa sistem program pc malah jadi error seperti speaker tidak aktif, lama nyala, proses booting lambat, dan bahkan membuat proses kerja laptop menjadi berkurang atau menjadi super loading. Namun anda jangan khawatir karena masih ada cara menonaktifkan auto update windows yang sebelumnya sudah dibuatkan tutorialnya dan kamu bisa baca itu.

2. Kapasitas RAM Minim

Kapasitas Ram yang kecil sangat mempengaruhi kinerja laptop atau pc, terlebih lagi jiga pc banyak aplikasi yang terinstal tapi tidak sering digunakan, misalkan saja browser yang digunakan lebih dari satu yaitu google, baidu, comodo dragon, tor, bing, yahoo, dan lain-lain. Banyaknya aplikasi yang tidak terpakai ini tentu membuat RAM melakukan kerja lebih berat dan dampaknya laptop kamu menjadi loading.

Agar laptop tidak loading, kamu harus bisa meminimalisir semua aplikasi yang akan digunakan di pc kamu. Sebenarnya untuk browser google saja sudah lebih dari cukup tanpa harus menginstal lainnya. Terkecuali jika RAM yang dimiliki pc kamu cukup besar, disini kamu bebas mau instal apapun itu jenis aplikasinya dan pastinya laptop kamu tidak akan mengalami loading.

Kita memaklumi bahwa laptop yang standar harganya, RAM bawaan dari pabrik 2GB. Namun demikian kamu juga bisa memodifnya dengan menambahkan atau mengganti RAM yang lebih besar, akan tetapi sekarang ini banyak laptop maupun notbook RAM bawaannya sudah tertanam langsung dengan MB (MatherBoard). Ini menjadi persoalan kenapa kamu harus memilih laptop atau notbook yang ada slot RAM di matherboardnya, hal ini tidak lain agar bisa dimodif.

3. Banyak File Sampah

Mungkin kamu akan berpikir bahwa file sampah itu hanya ada di icon dekstop saja, ya ini anggapan penulis sebelum mengetahui lebih dalam. Ternyata ada folder sistem yang di dalamnya terdapat file sampah dan ketika dihapus masuk ke icon sampah yang ada di dekstop laptop.

Kebanyakan file sampah yang tidak terurus dan menumpuk tentu akan membuat pc atau laptop menjadi loading, terlebih lagi file-file yang tidak terpakai itu disimpan dalam sistem atau masuk kedalam bagian HDD (Hard Disk).

Solusi lain yang menjadi utama adalh kamu bisa menambahkan jumlah HDD dalam kapasitas cukup besar sehingga kamu bisa leluasa menyimpan file bahkan sampai tidak dihapus pun tentu laptop atau pc tidak akan mengalami loading. Namun, ini membutuhkan biaya yang cukup besar dan hanya orang-orang tertentu saja yang bisa mengupgrad pcnya menjadi lebih baik dengan cara mengganti HDD yang lebih besar.

Berikut Cara Menghapus File Samapah Tersembunyi

  1. Buka jendela RUN dengan cara menekan Windows+R atau bisa melalui Start kemudian tulis RUN.
  2. Setelah itu, tuliskan %temp% pada bagian Open dan pilih OK.
  3. Terakhir, hapus semua file yang ada di dalamnya dengan menekan tombol Ctrl+A kemudian Delete. Jika ada file yang tidak bisa dihapus, skip saja. Kemudian tunggu hingga proses penghapusan selesai. Selama proses berlangsung jika terdapat banyak file, bisanya memerlukan waktu beberapa menit.

Perlu diingat: Setelah selesai, selanjutnya hapus file yang ada di dalam icon sampah (biasanya ada di tampilan depan dekstop PC) dan apabila semua file yang ada didalam sampah sudah terhapus. Barulah untuk melakukan restart ulang pada komputer atau pc anda.

Demikianlah postingan cara melakukan penghapusan file sampah yang tersembunyi. Selamat mencoba dan semoga berhasil, terima kasih sudah berkunjung di blog kami.