Keutamaan Malam Nisfu Syaban Berikut Amalannya

Deskripsi gambar yang relevan

Keutamaan Malam Nisfu Syaban - Bulan Syaban adalah bulan yang terletak diantara dua bulan mulia yaitu Rajab dan Ramadhan. Namun tidak banyak kaum muslimin yang mengetahui akan keutamaan pada bulan Syaban.

Keutamaan Bulan Sya'ban

Rasulullah shalallahu alaihi wassalama bersabda dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Usamah bin Zaid bahwa nabi SAW menjelaskan bahwa bulan syaban merupakan bulan dinaikannya berbagai amalan kepada Allah subhanahu wataala.


Oleh karena itu, Rasulullah shalallahu alaihi wassalama sangat menyukai amalan berpuasa pada bulan Syaban. Karena pada saat itu semua amalan dinaikkan kepada Allah subhanahu wataala.

Bahkan istrinya baginda nabi SAW., (Aisyah radhiyallahu Anha) mengatakan bahwa Aku tidak pernah melihat Rasulullah shalallahu alaihi wassalama berpuasa sunnah yang banyaknya melebihi puasa sunnah di bulan syaban. Demikianlah keterangkan yang terdapat di dalam kitab shahih Muslim.

Keutamaan Malam Nisfu Sya'ban

Terlebih lagi pada bulan syaban ini terdapat malam nisfu syaban yang mana di dalamnya terdapat banyak keutamaan-keutamaan yang dapat dikerjakan oleh setiap diri muslim.

Salah satu keutamaan malam nisfu syaban itu sendiri disebutkan dalam sebuah hadits bahwa Allah subhanahu wataala turun ke langit dunia pada malam nisfu syaban untuk mengampuni dosa seorang hamba yang memohon ampunan kepada-Nya.

Sebagaimana yang telah dikatakan oleh Imam Taqiyuddin as-Subki bahwa malam nisfu Syaban itu dapat menghapuskan dosa selama satu tahun lamanya.

Jadi, dapat dikatakan bahwa malam nisfu syaban yang ada di dalam bulan Syaban merupakan bulan diampuninya segala dosa kecuali orang yang musyrik dan orang yang sedang bermusuhan.

Keutamaan malam nisfu Syaban lainnya adalah diterima dan dipanjatkannya semua doa oleh Allah subhanahu wataala. Maka dari itu siapa yang memohon ampunan kepada-Nya, maka Dia akan mengampuni segala dosa-dosanya

Kemudian jika ada seorang hamba yang meminta kepada-Nya, maka Dia akan memanjatkannya atau mengabulkan semua keinginan dari seorang hamba-Nya.

Oleh karena itu, mari kita perbanyak amalan shalih kita dengan memperbanyak mengerjakan amalan-amalan sunnah dan jangan sia-siakan kesempatan ini. Karena kita belum pasti akan berjumpa lagi dengan malam nisfu syaban pada tahun yang akan datang.

Berikut Beberapa Amalan yang Dapat Dilakukan pada Malam Nisfu Syaban

  1. Membaca doa nisfu syaban
  2. Doa yang dibaca pada saat malam nisfu syaban

    Keutamaan Malam Nisfu Syaban
  3. Memperbanyak istighfar
  4. Memperbayak bacaan istighfar merupakan amalan yang bisa anda lakukan, karena kita tahu bahwa hidup kita ini dipenuhi dengan dosa dan kesalahan, maka tidak ada jalan lagi kecuali dengan memohon ampunan kepada Allah subhanahu wataala dengan cara membaca bacaan istighfar. Bacaan istighfar ini banyak tuntunannya, bahkan didalam majmu syarif juga ada yang mengkhususkan dibaca pada bulan syaban.

    Mungkin tidak semua orang hafal bacaan sayidul istighfar, ya mungkin terlalu panjang dan jika menghapal langsung tidak bisa karena faktor usia. Nah, salah satu amalan yang bisa anda baca mungkin bacaan istighfar lainnya yang bisa anda hapal.

  5. Melakukan puasa sunnah
  6. Niat puasa di bulan syaban

    Keutamaan Malam Nisfu Syaban
  7. Memperbanyak membaca shalawat nabi Shalallahu Alaihi Wassalama
  8. Shalat sunnah malam
  9. Melaksanakan shalat sunnah pada malam hari seperti shalat hajat dan shalat tahajud merupakan bagian dari amalan sunnah yang dapat dikerjakan oleh kaum muslimin di bulan syaban.

    Bukan hanya itu, shalat lainnya juga seperti shalat witir yang mana dapat dikerjakan sebelum atau sesudah tidur. Anda bisa melaksanakannya dan bisa mengamalkannya di malam nisfu syaban atau di bulan lainnya. Perlu anda ketahui bahwa didalam kitab Fathul muin di sebutkan bahwa terdapat tiga amalan yang dapat dicintai oleh baginda nabi SAW, salah satunya mendawamkan shalat witir dimalam hari.

  10. Melaksanakan shalat sunnah di awal bulan syaban
  11. Niat shalat sunnah nisfu syaban

    Keutamaan Malam Nisfu Syaban

    Perlu anda ketahui bahwa terdapat sebuah keterangan didalam kitab fiqih, Fathul Mu'in Bab shalat atau bagian yang membahas shalat dijelaskan bahwa shalat sunnah malam nisfu syaban adalah bid'ah dan hadits yang membahas shalat tersebut adalah dhaif atau lemah. Namun, kembali lagi kepada anda sendiri mau tetap melaksanakan shalat tersebut atau tidak, maka silahkan saja. Yang jelas saya sudah menyampaikan sesuai apa yang ada didalam kitab Fathul Mu'in.

  12. Melaksanakan shalat sunnah tasbih
  13. Melaksanakan shalat sunnah di malam nisfu syaban
  14. Membaca surah yasin sebanyak 3 kali balikan setelah shalat fardhu maghrib
  15. Adapun untuk cara melakukannya, yaitu dengan melakukan shalat sunnah nisfu syaban sebanyak dua rakaat. Setelah itu, membaca surah yasin sebanyak tiga kali balikan dengan niat mengharapkan barakah membaca surah yasin pada saat sebelum membaca.

    Disarankan untuk pembacaan yasin ke-1, meminta kepada Allah karunia umur yang panjang dan minta taufiq untuk melakukan ibadah.

    Kemudian untuk bacaan yasin ke-2, meminta kepada Allah untuk dijauhkan dari balahi (dari musibah, dari wabah penyakit, dan agar diluaskan rezeki).

    Dan terakhir sebelum membaca surah yasin yang ke-3, diharapkan untuk meminta kepada Allah agar dicukupkan kebutuhan hidup dan minta diwafatkan dalam kondisi khusnul khatimah.

Berikut Video Tentang Keutamaan Malam Nisfu Syaban

Posting Komentar untuk "Keutamaan Malam Nisfu Syaban Berikut Amalannya"