Keutamaan Sholawat Nariyah Berikut Cara Mengamalkannya

Keutamaan sholawat nariyah,keutamaan bacaan sholawat,cara mengamalkan sholawat nariyah,fadhilah sholawat nariyah

Keutamaan Sholawat Nariyah - Keutamaan dalam membaca shalawat dijelaskan didalam kitab al-qaulu badiah bahwa nabi Shalallahu Alaihi Wassalama bersabda, Barangsiapa yang mengalami kesulitan dalam mencapai sesuatu yang diinginkan maka hendaknya memperbanyak membaca sholawat kepadaku. Karena bacaan sholawat dapat menghilangkan berbagai macam kecsulitan dan bisa menghilangkan berbagai macam kesusahan.

Oleh karena itu, kita sebagai kaum muslimin agar dapat memperbanyak membaca sholawat kepada nabi Shalallahu Alaihi Wassalama. Terutama dalam mengamalkan sholawat nariyah yang disusun oleh Syaikh Ahmad at-Tazi al-Maghribi.

Kemudian mengenai keutamaan dalam membaca sholawat nariyah itu sendiri dijelaskan didalam kitab khozinatul asror bahwa sholawat ini jika dibaca sebanyak 4444 kali dapat terijabahnya hajat secepat api melalap kayu kering.

Berikut Beberapa Fadhilah Lain dan Cara Mengamalkan Sholawat Nariyah

Fadhilah membaca sholawat nariyah

  • Syaikh Muhammad at-Tanusi mengatakan bahwa barangsiapa yang mendawamkan bacaan sholawat nariyah dengan jumlah bilangan 11 kali setiap hari, maka Allah Subhanahu Wataala akan kasih rezeki seakan-akan turun dari langit dan keluar dari bumi.
  • Imam ad-Dainuri r.a., mengatakan bahwa barangsiapa yang mendawamkan bacaan sholawat nariyah disetiap selesai shalat fardhu dengan jumlah bilangan 11 kali, maka rezekinya tidak akan terputus, mendapatkan derajat yang luhur, dan kekuasaan akan kekayaan.
  • Barangsiapa yang mendawamkan bacaan sholawat nariyah setiap hari sebanyak 100 kali, maka keinginannya akan Allah panjatkan melebihi apa yang diharapkan oleh orang yang mengamalkannya.
  • Barangsiapa yang mendawamkan bacaan sholawat nariyah setiap hari sebanyak 313 kali (sebanyak bilangan para Rasul), maka akan menghasilkan segala sesuatu yang diharapkan.
  • Imam al-Qurthubi r.a., mengatakan bahwa barangsiapa yang menginginkan sesuatu hal yang sangat penting atau hajat yang besar atau menginginkan menolak suatu musibah maka hendaknya memohon kepada Allah, bertawashul dengan nabi SAW., dan membaca sholawat nariyah sebanyak 4444 kali, maka sesungguhnya Allah subhanahu wataala akan memberikan pertolongan kepada orang tersebut sesuai dengan apa yang diharapkan.

Cara mengamalkan sholawat nariyah

  • Membaca surah fathihah dikhususkan untuk nabi Shalallahu Alaihi Wassalama sebanyak 3 kali
  • Membaca surah fathihah dikhususkan untuk para shahabat nabi SAW sebanyak 1 kali
  • Membaca surah fathihah dikhususkan untuk para auliya sebanyak 1 kali
  • Membaca surah fathihah dikhususkan untuk Syaikh Abdul Qadir al-Jailani sebanyak 1 kali
  • Membaca surah fathihah sebanyak 1 kali dikhususkan untuk ulama yang memfadhilahkan sholawat nariyah di atas.
  • Kemudian membaca sholawat nariyah/ munfarijah.

Teks Sholawat Nariyah

أللّهُمَّ صَلِّ صَلَاةً كَامِلَةً وَسَلِّمْ سَلَامًا تَامًّا عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدِ الّذِي تَنْحَلُّ بِهِ الْعُقَدُ وَتَنْفَرِجُ بِهِ الْكُرَبُ وَتُقْضَى بِهِ الْحَوَائِجُ وَتُنَالُ بِهِ الرَّغَائِبُ وَحُسْنُ الْخَوَاتِمِ وَيُسْتَسْقَى الْغَمَامُ بِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ فِيْ كُلِّ لَمْحَةٍ وَنَفَسٍ بِعَدَدِ كُلِّ مَعْلُوْمٍ لَكَ

"Ya Allah, limpahkanlah shalawat yang sempurna dan curahkanlah salam kesejahteraan yang penuh kepada junjungan kami Nabi Muhammad, yang dengan sebab beliau semua kesulitan dapat terpecahkan, semua kesusahan dapat dilenyapkan, semua keperluan dapat terpenuhi, dan semua yang didambakan serta husnul khatimah dapat diraih, dan berkat dirinya yang mulia hujanpun turun, dan semoga terlimpahkan kepada keluarganya serta para sahabatnya, di setiap detik dan hembusan nafas sebanyak bilangan semua yang diketahui oleh Engkau"

Video Penjelasan Fadhilah Amalan Sholawat Nariyah

  • Lihat Video Sumber di Atas

Sumber Referensi:

  1. Kitab khozinatul asror
  2. Kitab al qaulu badiah halaman 434

Posting Komentar untuk "Keutamaan Sholawat Nariyah Berikut Cara Mengamalkannya"