Doa Selesai Wudhu, Berikut dengan Penjelasannya

Membaca doa setelah selesai berwudhu hukumnya adalah sunnah. Artinya jika dikerjakan akan mendapat pahala dan jika ditinggalkan tidak mendapat siksa atau tidak dapat pahala.

Selain itu, membaca doa setelah selesai wudhu ini merupakan amalan yang dianjurkan untuk dibaca, sebab ada keterangan hadits muslim bahwa Rasulullah SAW., bersabda: Barang siapa yang berwudhu dan kemudian ia membaca doa selesai wudhu, maka Allah akan membukakan delapan pintu surga dan orang tersebut dapat masuk melalui pintu mana saja yang ia inginkan.

Berikut Doa Ketika Selesai Berwudhu

Di bawah ini adalah tulisan doa setelah selesai wudhu yang diambil dari sumber kitab Fathul Muin karya Syekh Zainuddin bin Abdul Aziz al-Malibari, semoga anda dapat mengamalkannya.

اَشْهَدُ اَنْ لٰا اِلٰهَ اِلَّا اللهُ وَحْدَهٗ لَا شَرِيْكَ لَهٗ وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهٗ وَرَسُوْلُهٗ ـ اللّٰهُمَّ اجْعَلْنِى مِنَ التَّوَابِيْنَ وَاجْعَلْنِى مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ ـ سُبْحَانَكَ اللّٰهُمَّ وَبِحَمْدِكَ اَشْهَدُ اَنْ لٰا اِلٰهَ اِلَّا اَنْتَ اَسْتَغْفِرُكَ وَاَتُوْبُ اِلَيْكَ ـ وصلى الله على سيدنا محمد وعلى اله وصحبه وسلم. (فتح المعين)

Text Image Arabic

Dijelaskan pula didalam kita Fathul Muin, bahwa sebelum membaca doa setelah selesai wudhu di atas disunnahkan menghadap ke arah kiblat sambil mengangkatkan kedua telapak tangan dan memandang atau melihat ke atas. Kemudian saat selesai membaca doa tersebut, disunnahkan untuk membaca surah al-Qadr sebanyak tiga kali tanpa mengangkat kedua telapak tangan.

Demikianlah artikel mengenai tulisan doa ketika selesai berwudhu, semoga postingan singkat ini dapat bermanfaat dan anda dapat mengamalkannya. Terima kasih telah berkunjung di blog Islam Center.

Posting Komentar untuk "Doa Selesai Wudhu, Berikut dengan Penjelasannya"