Hikmah Mendoakan Orang Tua yang Sudah Meninggal

Hikmah mendoakan orang tua yang sudah meninggal, hikmah dibalik kematian seseorang, hikmah mendoakan orang yang meninggal dunia, doa untuk orang tua

Hikmah mendoakan orang tua yang sudah meninggal - Setiap yang bernyawa pasti akan menghadapi kematian dan kematian itu pasti akan terjadi juga tidak ada yang mengetahuinya kecuali Allah subhanahu wataala yang Maha Mengetahui segala sesuatu.

Termasuk diri saya pribadi, tidak ada yang bisa menjamin kapan waktu kematian itu akan terjadi dan dimana kita akan mati, dan lain sebagainya. Oleh karena itu kita harus banyak berdoa kepada-Nya.

Yaitu dengan cara meminta agar kelak ketika kita meninggal dalam kondisi baik, yaitu dalam kondisi membawa iman dalam artian tidak sedang kufur kepada Allah subhanahu wataala.

Berikut Hikmah Dibalik Kematian dan Hikmah Mendoakan Orang Tua yang Sudah Meninggal

Tidak banyak seseorang mengetahui hikmah dibali kematian, sebagian besar hanya menangisi si mayit karena merasa kehilangan segala-galanya, padahal dibalik peristiwa itu kita bisa berpikir bahwa kita pun akan mengalami hal yang sama.

Yang semestinya direnungkan adalah apakah nanti kelak ketika meninggal kita sedang taat kepada Allah (dalam kondisi baik) atau sebaliknya?, dari sinilah yang semestinya kita pikirkan bahwa jangan sampai kita meninggalkan segala kewajiban kita sebagai seorang hamba Allah.

Maka, apa yang disampaikan oleh baginda Rasulullah shalallahu alahi wassalama, harus benar-benar diserap dengan baik, yakni mengenai perbanyaklah beribadah kepada Allah seolah-olah besok kita akan mati atau sebentar lagi akan meninggal.

Dengan demikian tentulah kita tidak akan terlalu sibuk mengurusi kepentingan duniawi dan juga tidak meletakkan duniawi didalam hati, karena merupakan bagian dari pangkalnya dosa besar, yaitu cinta harta dunia, padahal yang kita bawa kelak saat meninggal adalah amal perbuatan kita.

Kalau dibilang, termasuk catatan postingan ini, ketika saya meninggal tentu saja saya akan meninggalkan catatan ini, dan saya hanya berharap semoga saja catatan ini menjadi penyadar bagi siapa saja bahwa kita akan meninggal.

Hikmah Mendoakan Orang Tua yang Sudah Meninggal

Ketika kelak kita meninggalkan segala sesuatu yang menjadi milik kita, baik dari mulai barang berharga, keluarga, anak, dan kerabat sodara lainnya, apakah mereka akan mendoakan kita sesudah kita meninggal?

Tidak ada yang tahu, tergantu anda sendiri apakah anda selagi hidup didunia sebagai orang baik atau tidak, jika anda baik tentu semua kebaikan anda akan dikenang oleh banyak orang.

Dan sudah tentu, banyak orang yang mendoakan anda ketika anda meninggal dunia, bukan hanya itu mungkin saja anak anda sendiri mendoakan anda dengan hati yang tulus sehingga kesalahaan anda terangkat oleh doa-doa yang dibacakan sodara keluarga anda.

Selagi kita hidup didunia fana ini, setidaknya kita rajin mendoakan orang-orang yang ada disekitar kita, baik tetangga, teman, sodara seiman lainnya.

Kalau sempat, nasehati dan didik keluarga anda dengan didikan yang baik yaitu dengan cara mengajak beribadah bersama untuk mendekatkan diri kepada Allah subhanahu wataala, karena tidak ada sesuatupun yang akan dibawa mati kecuali ladang amal kita di dunia.

Cara Mengirimkan Doa untuk Orang yang Sudah Meninggal

Cara mengirimkan doa untuk orang yang sudah meninggal tentu kita bisa dengan mengucapkan semoga segala amalannya diterima oleh Allah, namun itu saja tidaklah cukup maka perlu kita membaca fatihah dan shalawat kepada baginda Nabi SAW,

Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Membaca surat al-Fatihah sebanyak 3 kali, dikhusus untuk baginda Nabi SAW, keluarganya, dan para sahabatnya.
  2. Membaca surat al-Fatihah sebanyak 1 kali, dikhususkan untuk tuan Syaikh Abdul Qadir al-Jailani r.a.,
  3. Terakhir membaca surat al-Fatihah, al-Ikhlas, al-Falaq, dan an-Nas dikhususkan untuk almarhum.
  4. Terakhir membaca doa sesuai dengan yang kita pahami, baik itu dengan bahasa arab maupun bahasa lainnya, karena sesungguhnya Allah Maha Mengetahui maksud hati kita.

Manfaat Mendo'akan Orang Tua yang Sudah Meninggal

Manfaat mendo'akan orang tua yang sudah meninggal tentu banyak sekali terutama bagi orang yang meninggalnya itu sendiri, maka dia akan mendapat ampunan atau maghfirah dari Allah yang Maha Penyayang.

Manfaatnya bukan hanya untuk almarhum saja, melainkan pihak yang mendo'akan pun, insya Allah mendapatkan pahala dari Allah subhanahu wataala, dan hal ini menjadi ladang amal kita atau disebut juga tabungan amal kita, kelak jika kita meninggal.

Berikut video penjelasan hikmah mendoakan orang yang sudah meninggal

  • Sudah tidak ada Content Video

Demikianlah postingan artikel mengenai hikmah mendoakan orang tua yang sudah meninggal, semoga saja artikel ini dapat memberikan manfaat dan sekaligus menjadi ladang amal saya.

Posting Komentar untuk "Hikmah Mendoakan Orang Tua yang Sudah Meninggal"